Kode Bank Mandiri Syariah dan Cara Transfer ke Bank 2021

Diposting pada

Bank Mandiri sebagai salah satu bank yang ada di Indonesia juga memiliki daftar kode bank Mandiri Syariah. Bank Mandiri memang menyediakan layanan berbasis syariah untuk nasabah yang tertarik dengan sistem keuangan tersebut.

Fungsi kode bank cukup penting, biasanya kode ini digunakan untuk keperluan pengiriman uang antar bank melalui mesin ATM, bisa juga melakukan pengiriman dana dan mutasi dengan SMS atau internet banking. Kode bank akan membuat tiap transaksi bisa dibedakan dengan transaksi yang lain.

Kode bank mandiri syariah memiliki tiga digit angka yang digunakan secara khusus dan berlaku umum. Anda hanya membutuhkan kode bank untuk transfer antar rekening berbeda bank. Jika Anda mengirimkan dana dengan jenis bank yang sama, umumnya kode bank ditiadakan karena tidak memiliki urgensi yang besar.

Berikut ini merupakan kode bank Mandiri Syariah yang harus Anda ketahui, terutama jika Anda adalah nasabahnya. Pengguna bank Mandiri Syariah biasanya tertarik untuk menggunakan berbagai layanan yang disediakan karena terhindar dari riba.

Kode Bank Mandiri Syariah

Kode Bank Mandiri Syariah

Sama seperti kode bank lainnya, meskipun Mandiri Syariah merupakan bank yang baru berkembang, namun ia tetap memiliki tiga digit angka sebagaimana bank konvensional pada umumnya. Kode dari bank ini adalah 451, dan bisa Anda gunakan untuk melakukan transfer ke berbagai bank.

Beberapa bank yang dapat Anda kirimkan dana transfer dari rekening Mandiri Syariah milik Anda adalah BRI, BCA, Mandiri, Mandiri Syariah, BNI, atau bank syariah lainnya. Kode bank Mandiri Syariah tersebut akan disisipkan dalam nomor rekening agar proses transaksi bisa didata secara rinci.

Jika Anda tidak memasukkan kode bank dengan benar, maka transaksi tidak dapat dilakukan. Karena itu, ketika hendak melakukan transfer dana baik dari ATM, internet atau SMS banking, maka Anda tidak boleh lupa menyelipkan kode bank tersebut.

Teknis mengirimkan dana via ATM atau transfer ATM tidak sulit untuk dilakukan. Berikut ini adalah tutorial yang bisa Anda gunakan untuk mengirimkan dana ke rekening Mandiri Syariah atau rekening dari jenis bank lain, sebab merupakan cara yang umum dipakai.

Postingan Terkait

Cara Transfer ke Mandiri Syariah

Untuk Anda yang belum mengetahui teknis melakukan kirim uang atau transfer ke Mandiri Syariah, berikut adalah beberapa tahapan yang diakukan. Meskipun Anda menggunakan bank lain dan hendak mengirimkan dana ke rekening Mandiri Syariah, Anda tetap wajib menggunakan kode bank Mandiri Syariah dengan benar.

Identifikasi akan sulit dilakukan jika transfer dana dilakukan tanpa kode bank, Anda bisa melihat daftar kode bank di internet atau menggunakan fitur yang tersedia mesin ATM atau layanan banking.

Untuk pengiriman dana menggunakan mesin ATM, setelah melihat daftar kode bank Mandiri Syariah yang tersedia, Anda hanya bisa memasukannya secara manual. Berikut ini adalah tutorial atau cara transfer ke Mandiri Syariah dengan benar jika Anda hendak mengirimkan uang melalui ATM.

  • Cari mesin ATM di dekat Anda, sesuaikan dengan jenis bank yang Anda gunakan.
  • Masukkan kartu ke mesin ATM dengan benar, jika terbalik akan menyebabkan ATM tertelan. Jangan paksakan kartu untuk masuk ke dalam mesin ATM, karena kartu akan tersedot secara otomatis jika dimasukkan dengan benar. Apabila tidak mengetahui cara memasukkan kartu, periksa dengan seksama contoh yang ada di mesin ATM.
  • Pilih bahasa yang hendak digunakan untuk proses transaksi nantinya. Mesin ATM biasanya memiliki dua pilihan bahasa, Inggris dan Indonesia. Agar mudah dipahami dalam mencari daftar kode bank Mandiri Syariah dan proses transfer, gunakan “Bahasa Indonesia“.
  • Masukkan kode pin yang Anda miliki, enam digit kode pin dimasukkan sebelum proses transaksi dilakukan untuk mengidentifikasi memang pemilik sah ATM yang melakukan transaksi. Masukkan dengan benar, karena jika salah sebanyak 3 kali, maka kartu ATM akan terblokir.
  • Dalam waktu singkat, layar ATM akan memunculkan beberapa pilihan menu yang bisa dipilih nasabah. Menu transfer biasanya akan langsung muncul di dalam pilihan menu yang ada, namun jika tidak ada pilih menu “Transaksi Lainnya” dan pilih menu “Transfer“.
  • Kode Bank Mandiri Syariah belum dimasukkan dalam tahap ini, Anda harus memilih terlebih dahulu jenis transfer yang hendak dilakukan. Jika antar bank daring, pilih menu “Antar Bank Online“.
  • Pada bagian ini, Anda akan diminta memasukkan kode bank dan diikuti dengan nomor rekening tujuan. Kode yang perlu Anda masukkan adalah 451, dengan contoh format 45183094798. Anda bisa mengetahui nomor kode lain sekiranya memang butuh transaksi lanjutan di menu “Daftar Kode Bank” pada bagian pojok monitor.
  • Setelah selesai memasukkan kode bank mandiri syariah dan nomor rekening, lanjutkan dengan memasukkan jumlah uang yang hendak Anda kirimkan ke rekening Mandiri Syariah tujuan, jika sudah selesai pilih menu “Benar“.
  • Monitor akan menampilkan informasi mengenai proses transaksi yang hendak dilakukan. Anda akan menemukan nama pemilik rekening tujuan, nomor rekening, bank tujuan, serta nominal yang hendak ditransfer. Jika sudah benar, lanjutkan dengan memilih menu “Ya“.
  • Tunggu hingga struk selesai dicetak oleh mesin ATM.
  • Tinggalkan ATM, namun pastikan bahwa tidak ada barang yang tertinggal, baik kartu atau dompet Anda.

Kode bank Mandiri Syariah dan kode bank lain sudah tersedia di mesin ATM, akan tetapi masih banyak orang yang belum mengetahui dimana posisi dan bagaimana mencarinya. Dengan mengetahui langkah dan kode bank tersebut, diharapkan Anda dapat melakukan transfer dengan benar.

Meskipun tiap bank memiliki kode yang berbeda, namun proses pengiriman dana melalui transfer via ATM atau layanan banking dilakukan dengan cara yang sama. Anda tetap harus memasukkan kode bank rekening tujuan, meskipun bukan Mandiri Syariah dalam tiap transaksi transfer dilakukan.

FAQ (Frequently Asked Questions)

Apa kode angka yang digunakan untuk kode bank Mandiri Syariah?

  • Kode yang digunakan adalah 451.

Mengapa transfer dana yang dilakukan bisa gagal?

  • Kemungkinan Anda salah dalam input nomor rekening tujuan, bisa juga karena tidak mencantumkan kode bank Mandiri syariah atau kode bank lain di nomor rekening tujuan.

Bisakah transaksi dan transfer dilakukan tanpa kode bank?

  • Tidak bisa dilakukan, sebab kode bank digunakan untuk melakukan identifikasi jenis rekening yang dimasukkan. Jika kode bank tidak diinput atau dimasukkan, maka proses transaksi tidak bisa dilakukan.

Apakah kode bank Mandiri Syariah sama dengan Mandiri Konvensional?

  • Kode yang digunakan berbeda, sebab keduanya merupakan jenis bank yang berbeda pula. Untuk kode bank Mandiri konvensional, nomor kode bank yang dipakai adalah 008.

Postingan Terkait

Demikianlah informasi mengenai kode bank Mandiri Syariah dan cara transfer ke Mandiri Syariah. semoga informasi ini menambah pengetahuan Anda, terutama yang hendak melakukan transfer ke rekening Mandiri Syariah atau rekening yang lain. Karena setiap bank memiliki kode yang berbeda, maka setiap transaksi dapat dilakukan diidentifikasi dengan baik.