Letak Aki Vario 125 dan Cara Cek Kondisinya

Beranda / Otomotif / Letak Aki Vario 125 dan Cara Cek Kondisinya

Apakah anda sedang mencari dimana letak aki Vario 125? Cukup banyak pemilik motor Honda Vario 125 yang kebingungan mencari dimanakah aki motornya berada.

Hal tersebut karena memang letak aki pada motor Honda Vario 125 itu cukup berbeda dari motor Vario tipe lainnya. Oleh sebab itu, tidak heran jika pemilik motor tersebut kesulitan mencarinya.

Selain berada di tempat yang berbeda, cara melepas aki pada motor Honda Vario 125 itu juga cukup rumit. Jadi jika anda berencana untuk mengganti atau cek kondisi aki sendiri, anda harus berhati-hati agar tidak merusak sistem kelistrikan di motor anda.

Untuk anda yang memang sedang ingin mencoba mengganti aki motor Honda Vario 125 sendiri, anda bisa pelajari langkah-langkahnya di dalam artikel ini.

Berada Dimana Letak Aki Vario 125?

Letak Aki Vario 125

Sebelum bisa cek atau bahkan mengganti aki pada motor Honda Vario 125, maka pertama-tama anda harus mengetahui terlebih dahulu letak aki Vario 125.

Tidak seperti kebanyakan motor matic Honda keluaran terbaru, letak aki pada motor matic Honda keluaran lama itu tidak berada di bawah deck tengah.

Posisi aki pada motor matic Honda keluaran lama itu justru berada di bagian depan, tepatnya berada di bawah dudukan plat nomor bagian depan.

Karena posisinya cukup rumit, maka tidak heran jika proses penggantiannya tidak bisa semudah di motor matic keluaran terbaru.

Beragam Peralatan yang Anda Butuhkan Untuk Membongkar Aki Vario 125

Setelah mengetahui dimana letak aki Vario 125, anda perlu mempersiapkan beberapa macam alat untuk membongkar aki tersebut.

Berikut ini adalah beberapa macam alat yang harus anda persiapkan agar bisa mengambil aki motor Honda Vario 125:

  • Obeng plus

Obeng plus ini anda butuhkan untuk membuka baut pengunci cover plat nomor. Cover tersebut dikunci oleh 4 baut plus.

  • Obeng minus

Meskipun tidak ada baut minus, anda tetap harus menyiapkan obeng minus. Fungsi dari obeng minus ini nantinya adalah untuk mencongkel cover plat nomor.

Sebisa mungkin siapkan obeng minus yang memiliki gagang cukup panjang. Hal tersebut untuk mempermudah proses pencongkelan cover plat nomor nanti.

  • Kunci pas 10

Selain obeng plus dan juga minus, anda juga perlu menyiapkan kunci pas ukuran 10. Kunci pas ini anda butuhkan untuk membuka kabel yang menghubungkan aki dengan sistem kelistrikan motor Vario 125.

Langkah-Langkah Membongkar Aki Vario 125

Jika anda sudah menyiapkan semua alat, maka sekarang anda bisa mulai mempelajari tentang bagaimana cara untuk membongkar dan mengganti aki motor Honda Vario 125.

Berikut ini merupakan langkah-langkah yang perlu anda lakukan untuk bisa mengambil aki motor Honda Vario 125 tersebut:

  1. Pertama-tama, gunakan obeng plus untuk melepaskan 4 baut yang mengunci cover plat nomor bagian depan.
  2. Setelah baut covernya sudah anda lepas, berikutnya congkel cover plat nomor menggunakan obeng minus.
  3. Anda bisa mencongkel cover plat nomor tersebut dari bagian bawah (bagian yang meruncing di bagian bawah).
  4. Jika anda sudah berhasil mencongkel cover plat nomor sampai berbunyi klik, maka anda bisa mengangkat cover tersebut.
  5. Setelah anda berhasil membuka cover plat nomor, maka anda bisa melihat dengan jelas letak aki Vario 125.
  6. Sebelum membuka mur aki, anda sebaiknya lepas terlebih dahulu sekring aki.
  7. Buka terlebih dahulu mur yang mengunci aki dengan menggunakan kunci pas berukuran 10.
  8. Jika 2 mur sudah terbuka, maka berikutnya anda bisa mengangkat aki keluar dari boxnya.
  9. Berikutnya, anda bisa cek kondisi aki serta membersihkan bodynya.
  10. Jika aki tersebut memang masih cukup bagus, maka anda bisa memasangnya kembali.
  11. Namun jika aki tersebut memang sudah tidak layak pakai, anda bisa menggantinya dengan aki yang baru.

Jika anda sudah memasang kembali aki ke tempat semula, maka yang perlu anda lakukan adalah memasang kembali murnya. Setelah itu, pasang kembali cover dari plat nomor Honda Vario 125.

Cara Cek Kondisi Aki Motor

Setelah anda mengetahui letak aki Vario 125 dan membongkarnya, maka hal berikutnya yang harus anda lakukan adalah melakukan pengecekan pada aki tersebut.

Masalahnya, bagaimana cara untuk cek kondisi aki itu? Jika anda masih belum paham mengenai bagaimana cara cek kondisi aki, maka anda bisa ikuti panduan berikut ini:

  • Menggunakan bantuan kabel serabut kecil

Cara untuk cek kondisi aki yang pertama adalah dengan menggunakan bantuan kabel serabut kecil. Caranya adalah dengan menghubungkan kutub positif dan negatif dari aki.

Jika saat anda menghubungkan kutub positif dan negatif aki dengan kabel itu mengeluarkan percikan api, maka itu artinya aki masih dalam kondisi bagus.

Namun jika yang keluar adalah percikan api yang cukup kecil, maka itu artinya tegangan aki sudah menurun drastis. Dan bila tidak muncul percikan, itu artinya aki sudah mati total.

  • Menggunakan bantuan bohlam depan motor

Selain menggunakan bantuan kabel serabut kecil, anda juga bisa cek kondisi aki motor Honda Vario 125 dengan menggunakan bantuan bohlam lampu depan motor.

Anda bisa menghubungkan kutub positif dan negatif aki dengan kutub positif dan negatif bohlam. Jika bohlam lampu menyala terang, maka itu artinya tegangan aki masih sangat bagus.

Namun jika bohlam lampu menyala redup, itu artinya aki motor Honda Vario 125 yang anda miliki harus anda charge ulang.

Dan jika bohlam lampu depan sama sekali tidak menyala, maka itu artinya tegangan aki motor Honda Vario 125 yang anda miliki sudah habis.

Jika setelah anda cek ternyata aki sudah tidak memiliki tegangan, maka anda bisa mereparasinya ataupun menggantinya dengan yang baru.

Dan jika anda memang ingin menggantinya dengan yang baru, pastikan untuk membeli aki yang sama tipenya dengan yang terpasang di motor anda. Hal tersebut karena jika anda membeli tipe aki yang berbeda, kemungkinan tidak bisa terpasang di motor Honda Vario 125.

Kapan Anda Harus Mengganti Aki Motor Matic?

Lalu sebenarnya seberapa sering anda harus mengganti aki motor Honda Vario 125 itu? Jika menurut saran dari pabrikan, anda memang wajib harus mengganti aki motor setelah 1 sampai maksimal 2 tahun penggunaan.

Hal tersebut karena usia aki memang maksimal hanya berada di 2 tahun saja. Setelah 2 tahun, biasanya aki sudah tidak bisa menyimpan tegangan seperti semula lagi.

Dan jika anda tidak mengganti aki selama 2 tahun lebih, maka kemungkinan besar anda tidak akan bisa menggunakan beberapa fitur motor seperti double starter. Hal tersebut karena double starter membutuhkan tegangan aki yang cukup besar.

Bagaimana? Setelah mengetahui dimana letak aki Vario 125, apakah anda sudah cek kondisi aki motor anda? Apakah anda juga perlu mengganti aki motor anda?