Membersihkan Filter Udara Mobil, Bagaimana Caranya?

Beranda / Otomotif / Membersihkan Filter Udara Mobil, Bagaimana Caranya?

Selain rutin mengganti oli mesin dan juga transmisi, anda juga harus rutin membersihkan filter udara mobil. Jika tidak anda bersihkan, filter udara yang kotor juga bisa menghambat kinerja mesin mobil.

Masalahnya, masih ada banyak pemilik mobil yang belum paham mengenai bagaimana caranya membersihkan filter mobilnya. Dan bukan hanya itu saja, mereka juga masih belum mengetahui mengenai kapan anda harus mulai membersihkan bagian tersebut.

Apakah anda juga masih belum paham mengenai bagaimana caranya membersihkan filter mobil? Jika anda masih belum paham, anda bisa pelajari mengenai caranya serta kapan waktu yang paling tepat untuk melakukannya di dalam artikel ini.

Berbagai Manfaat Membersihkan Filter Udara Mobil

Jika anda perhatikan, memang komponen filter udara itu kurang begitu mendapatkan perhatian. Kenapa? Karena memang banyak orang menganggap bahwa komponen ini bukanlah komponen inti.

Padahal, filter udara adalah salah satu komponen inti yang bisa mempengaruhi kinerja mesin mobil anda. Oleh sebab itu, anda sangat disarankan untuk rutin membersihkannya.

Lalu apa saja manfaat rutin membersihkan filter udara mobil? Berikut ini adalah beberapa manfaatnya:

1. Memastikan mesin mobil anda mendapatkan cukup suplai oksigen

Selain bahan bakar yang berkualitas dan sesuai jenis mesin, mobil bisa bekerja dengan optimal jika mendapatkan suplai oksigen yang cukup.

Komponen yang memberikan suplai oksigen pada mesin mobil adalah filter udara. Ketika filter udara kotor, maka suplai oksigen ke dalam mesin mobil tidak akan maksimal.

Jika hal tersebut terjadi, biasanya mesin mobil tidak akan bisa bekerja secara optimal. Dan gejalanya biasanya mobil terasa tersendat-sendat ketika anda gas.

2. Hemat penggunaan bahan bakar

Selain bisa memastikan mesin mobil anda mendapatkan cukup suplai oksigen, membersihkan filter udara mobil secara berkala juga bisa membantu menghemat bahan bakar.

Sebagian dari anda mungkin saja masih belum paham kenapa filter udara yang bersih bisa menghemat bahan bakar.

Ketika suplai oksigen di dalam mesin mobil anda maksimal, maka pembakaran di dalam mesin akan terjadi secara maksimal juga. Dengan begitu, maka bahan bakar tidak akan terbuang sia-sia.

3. Meningkatkan keawetan mesin mobil

Meskipun banyak yang menganggap remeh filter mobil, ternyata komponen satu ini juga sangat berdampak langsung pada keawetan mesin mobil anda.

Jika komponen ini sering dibiarkan kotor, maka cepat atau lambat mesin mobil bisa mengalami kerusakan.

Kenapa? Hal tersebut karena ketika filter mobil terlalu kotor, maka mesin akan bekerja keras tanpa mendapatkan suplai oksigen yang memadai.

Selain itu, ketika filter udara kotor, maka kotoran lama kelamaan juga akan masuk ke dalam ruang bakar. Dan hal tersebut sangat fatal akibatnya.

Jika anda tidak segera membersihkan filter udara di mobil anda, maka lama kelamaan silinder mesin mobil anda bisa mengalami kerusakan karena kotoran yang masuk ke dalamnya.

Kapan Harus Membersihkan Filter Udara Mobil?

Sekarang anda sudah mengetahui betapa bermanfaatnya membersihkan filter udara mobil. Lalu masalahnya, kapan anda harus melakukan hal tersebut?

Jika anda rutin melakukan service di bengkel resmi, sebenarnya anda sudah tidak perlu lagi memikirkan masalah membersihkan filter mobil anda.

Hal tersebut karena setiap kali anda melakukan service di bengkel resmi, pembersihan bagian filter udara mobil sudah menjadi salah satu hal yang dikerjakan oleh montir.

Namun jika anda tidak rutin melakukan service, maka anda bisa membersihkan filter udara mobil setiap kali anda mengganti oli mesin.

Kapan Anda Harus Mengganti Filter Udara Mobil?

Lalu apakah anda harus selalu membersihkan filter udara mobil? Anda tidak harus selalu membersihkan filter mobil. Jika sudah terlalu kotor, anda harus mengganti filter mobil tersebut.

Lalu kapan anda harus mengganti filter mobil yang anda miliki? Pada umumnya, filter mobil harus anda ganti setiap 15.000 sampai maksimal 20.000 kilometer.

Ciri-Ciri Filter Udara Mobil yang Sudah Harus Diganti

Selain melihat dari kilometer penggunaannya, ada beberapa ciri-ciri yang bisa anda rasakan jika filter udara mobil anda sudah waktunya untuk diganti. Berikut ini adalah beberapa ciri filter udara mobil sudah waktunya untuk anda ganti:

1. Akselerasi mobil sudah berkurang drastis

Ciri yang pertama adalah akselerasi mobil sudah berkurang drastis. Hal ini biasanya terjadi karena filter udara sudah terlalu kotor.

Bila anda merasakan gejala ini, pertama-tama anda bisa mencoba membersihkan filter udara mobil terlebih dahulu.

Namun jika tidak ada perubahan pada akselerasinya setelah anda bersihkan, maka anda bisa mengganti filter udara dengan yang baru.

2. Mulai keluar asap dari knalpot mobil

Ciri berikutnya jika filter udara anda perlu untuk anda ganti adalah mulai keluar asap dari knalpot mobil.

Hal ini menjadi pertanda bahwa udara yang masuk ke dalam mesin mobil adalah udara yang kotor. Jika tidak segera anda ganti, maka kemungkinan mesin mobil anda akan mengalami kerusakan.

3. Bahan bakar makin boros

Ciri terakhir jika anda sudah waktunya mengganti filter udara mobil adalah ketika konsumsi bahan bakarnya makin boros.

Hal ini menjadi pertanda jika proses pembakaran di dalam mesin mobil anda sudah tidak maksimal lagi. Salah satu penyebabnya adalah karena filter udara yang sudah tidak optimal menyaring udara.

Cara Membersihkan Filter Udara Mobil Sesuai Bahannya

Membersihkan Filter Udara Mobil

Meskipun terlihat mudah, ternyata membersihkan filter udara mobil itu juga tidak bisa anda lakukan secara sembarangan.

Anda harus membersihkan filter udara dengan cara yang sesuai dengan bahan filternya. Jika anda menggunakan cara yang salah, maka kemungkinan besar filter yang seharusnya masih bisa anda pakai justru harus anda ganti dengan yang baru.

Lalu bagaimanakah cara untuk membersihkan filter mobil dengan benar? Berikut adalah cara untuk membersihkan filter sesuai dengan jenis bahannya:

1. Filter yang terbuat dari karton

Jika mobil anda menggunakan filter yang terbuat dari bahan karton, ada baiknya jangan membersihkan filter tersebut menggunakan air ataupun oli.

Untuk membersihkan filter berbahan karton, anda hanya perlu menggunakan angin bertekanan tinggi saja.

2. Filter yang terbuat dari spon

Bila mobil anda menggunakan filter udara berbahan spon, maka anda bisa membersihkannya dengan menggunakan air.

Namun hati-hati, filter udara yang berbahan spon ini biasanya sering menyimpan air. Oleh sebab itu, pastikan untuk mengeringkan filter tersebut sebelum memasangnya kembali di box filter mobil anda.

3. Filter yang terbuat dari kain

Jika mobil anda menggunakan filter yang terbuat dari kain, maka anda bisa membersihkannya dengan menggunakan air ataupun oli khusus untuk pembersih filter udara.

Sama halnya seperti filter yang terbuat dari spon, pastikan untuk mengeringkan terlebih dahulu filter tersebut sebelum anda memasangnya kembali.

Bagaimana? Sekarang anda sudah paham bukan mengenai bagaimana cara membersihkan filter udara mobil yang benar itu?