Mengapa Suara Speaker Smartphone Android Menjadi Kecil? Ini Penyebabnya

Beranda / Tips & Trik / Mengapa Suara Speaker Smartphone Android Menjadi Kecil? Ini Penyebabnya

Sampai saat ini, masih ada beberapa masalah yang cukup sering terjadi di smartphone Android. Salah satu masalah di smartphone Android adalah suara speakernya yang tiba-tiba menjadi kecil. Lalu mengapa suara speaker smartphone Android menjadi kecil?

Terdapat cukup banyak alasan kenapa speaker smartphone Android yang awalnya normal kemudian mengeluarkan suara yang sangat kecil. Masalah tersebut juga ada yang bisa anda atasi dengan mudah dan ada juga yang harus anda bawa ke service center resmi.

Jika anda penasaran ingin mengetahui apa saja yang jadi penyebab speaker smartphone Android mengeluarkan suara yang sangat kecil, anda bisa pelajari hal tersebut di dalam artikel ini

Beragam Penyebab Suara Speaker Smartphone Menjadi Kecil

Mengapa Suara Speaker Smartphone Android Menjadi Kecil

Seperti yang sudah disebutkan, ada banyak sekali hal yang bisa menjadi penyebab mengapa suara speaker smartphone Android menjadi kecil. Berikut merupakan beberapa contoh penyebabnya:

  • Lubang speaker kotor

Hal pertama yang cukup sering menjadi penyebab suara speaker smartphone Android menjadi makin kecil adalah karena lubang speakernya kotor.

Ketika lubang speaker kotor, maka suara yang keluar dari speaker tidak akan bisa terdengar secara maksimal. Dan bukan hanya itu saja, lubang speaker yang kotor juga lama kelamaan bisa merusak speaker di smartphone Android yang anda miliki.

  • Speaker terkena air

Selain karena lubang speaker smartphone Android kotor, suara speaker yang makin lama makin mengecil juga bisa karena speaker smartphone terkena air.

Ketika speaker smartphone anda terkena air, maka speaker tidak akan bisa mengeluarkan suara secara maksimal. Dan bukan hanya itu saja, speaker smartphone juga bahkan bisa mati total karena konsleting.

  • Pengaturan speaker yang kurang tepat

Bukan hanya dari hardware saja, terkadang masalah suara speaker smartphone Android menjadi kecil juga bisa karena pengaturan suaranya.

Saat ini, anda bisa memisahkan pengaturan suara secara detail di dalam smartphone Android. Anda bisa mengatur kerasnya volume panggilan, notifikasi, dan juga volume audio untuk aplikasi tertentu.

Itulah mengapa terkadang banyak orang salah melakukan pengaturan sehingga speaker smartphone Android yang mereka miliki teras makin kecil.

Solusi Untuk Mengatasi Suara Speaker HP Makin Kecil

Setelah mengetahui apa saja penyebab mengapa suara speaker smartphone Android menjadi kecil, lalu apa solusi yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut?

Jika anda mengalami masalah speaker smartphone Android yang makin lama terasa makin kecil, anda bisa mengatasinya dengan melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Bersihkan area speaker smartphone

Untuk memastikan speaker smartphone anda bisa mengeluarkan suara secara maksimal, maka pastikan anda selalu membersihkan area speaker.

Dengan rutin membersihkan area speaker smartphone, maka anda bisa mengurangi kotoran yang menumpuk di area tersebut.

Jika tidak ada kotoran di area speaker, maka kemungkinan besar speaker smartphone Android anda tidak akan mengalami masalah lagi.

  • Keringkan speaker yang terkena air

Lalu bagaimana jika speaker smartphone Android yang anda miliki terkena air? Jika hal tersebut baru saja terjadi, maka matikan smartphone tersebut kemudian keringkan.

Pastikan untuk mengeringkan smartphone sebelum anda menghidupkannya kembali. Dengan begitu, maka risiko terjadinya konsleting akan makin kecil.

Namun jika memungkinkan, anda bisa bawa smartphone tersebut ke tempat service. Anda bisa meminta untuk membersihkan smartphone secara total dari air.

Dengan membawa smartphone ke tempat service, anda tidak hanya bisa mengembalikan speaker yang suaranya mengecil. Selain itu, anda juga bisa memastikan tidak terjadi konsleting pada smartphone anda.

  • Lakukan pengaturan di volume speaker

Selain membersihkan dan mengeringkan smartphone yang terkena air, hal berikutnya yang bisa anda lakukan untuk mengatasi suara speaker smartphone yang makin kecil adalah melakukan pengaturan ulang.

Anda bisa buka pengaturan audio di dalam smartphone Android. Selanjutnya, naikkan pengaturan audio untuk bagian panggilan, notifikasi, ataupun bagian volume media.

Cara Mengatasi Speaker Smartphone Android yang Rusak

Lalu bagaimana jika ternyata penyebab suara speaker smartphone Android menjadi kecil itu adalah karena speakernya sudah rusak?

Jika yang menjadi penyebabnya adalah kerusakan hardware, maka mau tidak mau anda harus mengeluarkan sedikit dana untuk mengatasi masalah tersebut.

Ada cukup banyak cara untuk mengatasi speaker smartphone Android yang menjadi kecil karena kerusakan hardware. Berikut ini adalah beberapa caranya:

  • Bawa ke tempat service

Cara yang pertama untuk mengatasi kerusakan pada speaker smartphone Android adalah dengan membawanya ke tempat service.

Anda bisa mengganti speaker yang rusak tersebut dengan yang baru. Hanya saja, biasanya biayanya cukup mahal. Hal tersebut karena penggantian speaker smartphone itu cukup berisiko.

Oleh sebab itu, anda harus menyiapkan dana terlebih dahulu jika ingin melakukan perbaikan di tempat service.

  • Gunakan speaker Bluetooth

Jika dana anda cukup terbatas, maka cara mengatasi suara speaker smartphone Android menjadi kecil yang paling cocok untuk anda lakukan adalah membeli speaker Bluetooth.

Dengan menggunakan speaker Bluetooth, anda bisa menggantikan fungsi dari speaker smartphone yang rusak. Dan menariknya, speaker Bluetooth saat ini juga sudah bisa anda dapatkan dengan harga yang sangat murah.

Selain itu, penggunaan speaker Bluetooth juga cukup mudah. Jadi anda tidak perlu keahlian khusus sama sekali untuk bisa menggunakannya.

Jadi bagaimana? Sekarang anda sudah paham bukan mengenai mengapa suara speaker smartphone Android menjadi kecil? Kalau smartphone anda sendiri suara speakernya menjadi kecil karena apa?