Modifikasi Panther Pick Up Ceper Kekinian

Beranda / Otomotif / Modifikasi Panther Pick Up Ceper Kekinian

Isuzu Panther adalah salah satu mobil yang terkenal tangguh. Namun selain tangguh, ternyata mobil satu ini juga cukup keren untuk anda modifikasi. Apalagi jika anda menggunakan tema modifikasi Panther pick up ceper.

Beberapa waktu lalu, tema modifikasi mobil pick up ceper memang sedang populer. Dan biasanya memang kebanyakan mobil yang dimodifikasi dengan tema tersebut adalah mobil Kijang.

Namun ternyata, mobil Panther juga sangat cocok untuk anda modifikasi dengan tema pick up ceper. Dan bukan hanya itu saja, proses modifikasinya juga cukup mudah dan murah.

Apakah anda tertarik ingin melakukan modifikasi Panther pick up ceper juga? Jika anda tertarik ingin melakukan modifikasi yang sama, anda bisa baca lebih lengkap mengenai hal tersebut di dalam artikel ini.

Kenapa Modifikasi Panther Pick Up Ceper Begitu Populer?

Sebelum membahas bagaimana cara melakukan modifikasi Panther pick up ceper, kemungkinan besar ada banyak dari anda yang tertarik ingin mengetahui kenapa aliran modifikasi tersebut begitu populer.

Ada banyak sekali alasan kenapa aliran modifikasi mobil pick up ceper itu begitu populer. Berikut ini adalah beberapa alasannya:

  • Proses modifikasinya mudah dan murah

Alasan yang pertama kenapa aliran modifikasi mobil pick up ceper itu sangat populer adalah karena prosesnya mudah dan juga murah.

Karena prosesnya mudah, maka semua bengkel mobil modifikasi sebenarnya bisa melakukannya. Selain itu, pemilik mobil juga tidak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak.

Hal tersebut karena untuk memodifikasi mobil pick up ceper itu tidak membutuhkan penggantian komponen yang terlalu banyak.

  • Tidak begitu mengurangi tingkat kenyamanan

Alasan selanjutnya kenapa aliran modifikasi pick up ceper itu begitu populer adalah karena modifikasi seperti ini memang tidak begitu mengurangi kenyamanan.

Justru banyak orang mengatakan bahwa modifikasi pick up dengan menurunkan ground clearance ini membuat mobil jadi lebih stabil. Hanya saja, memang kekurangannya terletak pada suspensi yang terasa sangat keras.

  • Cocok untuk anda kombinasikan dengan aliran modifikasi lain

Alasan berikutnya kenapa banyak orang ingin memodifikasi mobil pick upnya dengan tema ceper adalah karena aliran tersebut cocok untuk anda kombinasikan dengan aliran lain.

Sebagai contohnya, anda bisa membuat mobil Panther pick up menjadi lebih ceper. Selain itu, anda juga bisa menambahkan modifikasi audio pada mobil tersebut.

Kedua aliran modifikasi tersebut tidak akan saling bertabrakan. Hal tersebut karena mobil pick up ceper juga akan makin keren jika anda tambahkan dengan modifikasi audio.

Kenapa Memilih Panther Untuk Bahan Modifikasi?

Setelah mengetahui kenapa banyak orang tertarik melakukan modifikasi Panther pick up ceper, tentunya banyak dari anda yang penasaran juga kenapa orang memilih mobil Panther.

Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa mobil pick up Isuzu Panther saat ini sering dimodifikasi menjadi ceper:

  • Mesin paling bertenaga

Hal pertama yang menjadi alasan kenapa banyak orang memilih memodifikasi Isuzu Panther pick up menjadi lebih ceper adalah karena mesinnya paling bertenaga.

Perlu anda ketahui, setelah ground clearance diturunkan, mobil pick up biasanya akan membutuhkan tenaga lebih besar untuk bergerak.

Namun untungnya, hal tersebut tidak akan menjadi masalah bagi mobil Isuzu Panther. Hal tersebut karena Isuzu Panther sudah memiliki mesin yang sangat bertenaga.

  • Dimensi mobil Isuzu Panther paling tepat

Selain karena mesinnya sangat bertenaga, alasan berikutnya kenapa mobil Isuzu Panther menjadi pilihan untuk modifikasi aliran ceper adalah karena dimensinya paling tepat.

Jika anda bandingkan, dimensi mobil Isuzu Panther memang sedikit lebih panjang daripada mobil Toyota Kijang. Karena lebih panjang, maka mobil Panther akan jadi lebih bagus saat anda ubah menjadi pick up dan ceper.

  • Suspensi bawaan mobil Panther paling stabil

Alasan berikutnya kenapa mobil pick up Panther itu juga sering menjadi bahan modifikasi dengan aliran ceper adalah karena suspensi bawaan mobil sangat stabil.

Karena suspensinya sangat stabil, maka anda kemungkinan besar tidak perlu melakukan penggantian terlalu banyak pada bagian suspensi mobilnya.

Beragam Cara Membuat Panther Pick Up Ceper

Modifikasi Panther Pick Up Ceper

Seperti yang sudah disebutkan, aliran modifikasi Panther pick up ceper itu memang cukup mudah untuk anda realisasikan.

Ada banyak sekali cara yang bisa anda gunakan untuk membuat mobil Isuzu Panther pick up menjadi lebih ceper. Berikut adalah beberapa cara melakukan modifikasi tersebut:

1. Menggunakan lowering spring

Cara pertama yang bisa anda gunakan untuk membuat mobil Panther pick up menjadi lebih ceper adalah dengan menggunakan komponen bernama lowering spring.

Apa itu lowering spring? Maksud dari lowering spring ini adalah per suspensi yang ukurannya lebih pendek dari ukuran suspensi bawaan mobil.

Lowering spring ini biasanya tersedia untuk berbagai macam merek dan tipe mobil. Dan menariknya, proses instalasinya juga sangat mudah. Anda hanya perlu memasangnya di bagian suspensi mobil anda saja.

2. Menggunakan Coil Over

Jika anda memiliki dana lebih banyak, maka anda bisa memilih untuk menggunakan coilover daripada lowering spring.

Dalam membuat mobil Panther pick up, coilover ini jauh lebih baik daripada lowering spring. Kenapa? Hal tersebut karena coilover ini terdapat pengaturan untuk membuat suspensi menjadi lebih keras ataupun lebih empuk.

Jadi secara mudahnya, ketika anda membuat mobil Panther pick up menjadi lebih ceper dengan coilover, anda tidak akan terlalu mengorbankan kenyamanan saat mengendarainya di jalan yang tidak rata.

3. Menggunakan Air Suspension

Cara terakhir jika anda ingin melakukan modifikasi Panther pick up ceper adalah dengan menggunakan air suspension.

Berbeda dari coil over dan juga lowering spring, air suspension ini adalah jenis suspensi paling tinggi. Selain bisa anda gunakan untuk menurunkan ground clearance mobil, sebenarnya air suspension ini juga bisa anda gunakan untuk menaikkan ground clearance.

Jadi selain bisa membuat mobil Panther pick up terlihat ceper, anda juga bisa membuatnya terlihat lebih tinggi dengan memasang air suspension.

Namun sayangnya, air suspension ini cukup mahal harganya. Dan ada risiko komponennya mengalami kebocoran ketika anda pasang di mobil Panther yang terbilang cukup berat.

Ide Modifikasi Panther Pick Up Selain Menurunkan Ground Clearance

Selain melakukan modifikasi Panther pick up ceper, sebenarnya masih ada ide lain yang bisa anda gunakan untuk memodifikasi mobil Panther pick up. Salah satunya adalah mengubah tampilan mobil Panther pick up anda menjadi full off road.

Lalu apa saja yang perlu anda ubah jika ingin membuat mobil Panther pick up menjadi full off road? Berikut ini adalah beberapa hal yang harus anda ubah:

  • Velg dan ban

Hal pertama yang wajib harus anda ubah jika ingin membuat Panther pick up anda menjadi terlihat sebagai mobil off road adalah velg dan juga ban.

Untuk velg, anda bisa menggunakan velg dengan ukuran besar sepert 21 inch. Sedangkan untuk ban, anda lebih baik langsung menggunakan ban tipe off road.

  • Bull bar

Jika bagian velg dan ban sudah anda ganti, maka hal berikutnya yang perlu anda pasang di mobil Panther pick up agar terlihat makin siap untuk anda ajak off road adalah bull bar.

Anda bisa memasang bull bar di bagian depan dan juga bagian belakang untuk memberikan proteksi tambahan pada mobil anda.

  • Lift kit

Seperti halnya jika anda ingin melakukan modifikasi Panther pick up ceper, anda juga perlu melakukan penggantian suspensi jika ingin mengubah Panther pick up menjadi mobil off road.

Jenis suspensi yang bisa anda gunakan untuk membuat Panther pick up menjadi mobil off road adalah lift kit. Fungsi dari lift kit tersebut adalah menambah ground clearance dari mobil anda.

Dan menariknya, penggunaan lift kit ini juga bisa membuat mobil Panther pick up yang anda miliki menggunakan jenis suspensi independent.

Jadi bagaimana? Setelah membaca artikel ini, apakah anda masih tertarik melakukan modifikasi Panther pick up ceper? Ataukah anda justru ingin membuat Panther pick up tersebut menjadi siap untuk anda ajak off road?