Motor Cafe Racer Murah Resmi di Indonesia

Beranda / Otomotif / Motor Cafe Racer Murah Resmi di Indonesia

Saat ini di Indonesia sedang banyak orang yang tertarik dengan motor-motor dengan desain kuno. Salah satu motor yang jadi incaran adalah motor café racer. Karena banyaknya peminat, mulai ada pabrikan motor yang meluncurkan motor cafe racer murah.

Dengan adanya pabrikan motor yang memproduksi motor dengan desain café racer murah, maka anda sudah tidak perlu repot-repot lagi memodifikasi motor biasa untuk menjadi motor café racer.

Lalu apa sajakah contoh motor cafe racer murah asli pabrikan itu? Jika anda ingin mengetahui apa saja motor dengan desain café racer yang resmi dari pabrikan di Indonesia, anda bisa baca informasi tersebut di dalam artikel ini.

Apa Itu Motor Café Racer?

Sebelum membahas mengenai apa saja contoh motor cafe racer murah buatan pabrikan yang bisa anda beli di Indonesia, pertama-tama anda harus mengetahui terlebih dahulu mengenai apa itu café racer.

Selama ini, banyak orang menganggap bahwa café racer, scrambler, dan juga Jap style adalah motor yang sama. Padahal, ketiga tipe motor tersebut tidak sama.

Lalu apa itu café racer? Café racer merupakan desain motor yang mengikuti tren motor di tahun 1960. Desain café racer ini awalnya muncul di berbagai kota di negara Inggris.

Mayoritas orang saat itu sedang tertarik dengan desain motoGP. Oleh sebab itu, di tahun 1960 banyak orang yang memodifikasi motornya dengan desain seperti motoGP.

Apa Ciri-Ciri Motor Café Racer?

Meskipun terlihat mirip, ternyata café racer itu tidak sama dengan motor scrambler, jap style, ataupun motor dengan desain kuno lainnya.

Jika anda perhatikan, motor dengan desain café racer itu memiliki bentuk yang cukup unik. Lalu apa saja ciri-ciri dari motor dengan desain café racer itu? Berikut ini adalah beberapa cirinya:

  • Memiliki buritan seperti ekor tawon

Ciri yang pertama dari motor café racer itu adalah di bagian buritannya memiliki bentuk seperti ekor tawon. Desain buritan dari motor café racer ini memang ada fungsinya.

Pada motoGP tahun 1960, desain buritan seperti ini dibuat untuk tujuan meningkatkan aerodinamis dari motor. Oleh sebab itu, banyak orang juga menerapkan hal yang sama pada motor-motor dengan desain café racer.

  • Memiliki fairing berbentuk membulat

Selain memiliki buritan yang membulat seperti ekor tawon, motor dengan desain café racer itu juga memiliki fairing yang bentuknya membulat.

Sama seperti bagian buritanya, alasan utama kenapa fairing pada motor café racer itu membulat adalah untuk meningkatkan aerodinamis dari motor tersebut.

  • Menggunakan stang jenis underyoke

Ciri berikutnya dari motor café racer adalah menggunakan stang jenis underyoke. Apa itu stang underyoke? Maksud dari stang underyoke itu adalah stang yang terpasang tepat di bawah fork bagian depan.

Fungsi dari stang ini adalah untuk membuat posisi berkendara motor café racer ini lebih membungkuk. Dengan memiliki posisi berkendara seperti itu, maka aerodinamis di motor café racer akan meningkat.

  • Tangki memanjang dan sejajar dengan buritan

Ciri yang berikutnya dari motor café racer adalah pada tangkinya. Tangki motor café racer itu biasanya memanjang. Dan biasanya tangkinya sejajar dengan buritan.

Desain tangki seperti ini memang mengikuti motor motoGP pada tahun 1960. Hal tersebut karena tangki motoGP tahun 1960 memang memiliki kapasitas yang cukup besar.

Selain itu semua, ciri lain dari motor café racer itu biasanya juga sudah menggunakan footstep tipe underbone. Dengan footstep tipe underbone tersebut, pengendara bisa makin meningkatkan aerodinamis motor saat dikendarai.

Rekomendasi Motor Café Racer Murah Resmi di Indonesia

Motor Cafe Racer Murah

Apakah anda juga tertarik ingin memiliki motor dengan desain café racer? Daripada memodifikasi motor biasa untuk menjadi motor café racer, sebenarnya anda sudah bisa membeli motor café racer asli bawaan pabrikan.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi motor cafe racer murah yang sudah resmi dijual di pasar Indonesia:

  1. Benelli Motobi 152

Rekomendasi motor café racer pertama yang sudah bisa langsung anda beli dari pabrikan adalah Benelli Motobo 152.

Motor ini memang tidak sepenuhnya memiliki bentuk seperti café racer. Namun jika anda perhatikan, mayoritas desainnya memang mengadopsi desain motor café racer.

Keunggulan:

  • Merupakan motor buatan Italia.
  • Kapasitas mesin 150cc.
  • Sudah menggunakan sistem pengkabutan injeksi.
  • Merupakan salah satu motor café racer buatan pabrikan yang sudah lolos uji emisi Euro 3.

Jika anda perhatikan, memang motor Benelli Motobi 125 ini terlihat seperti motor mahal, apalagi motor ini merupakan motor buatan Italia.

Namun sebenarnya, motor ini bisa anda dapatkan di Indonesia dengan harga Rp 18.000.000 saja. Oleh sebab itu, Benelli Motobi 152 adalah rekomendasi motor cafe racer murah pertama.

  1. Kawasaki W175

Selain Benelli Motobi 152, masih ada satu lagi motor café racer murah yang bisa anda dapatkan di Indonesia. Nama motor kedua tersebut adalah Kawasaki W175.

Memang benar, Kawasaki W175 ini tidak dibuat sepenuhnya dengan desain café racer. Kawasaki W175 ini lebih tepatnya memiliki desain motor klasik.

Namun meskipun tidak 100% memiliki bentuk café racer, setidaknya anda hanya perlu melakukan sedikit ubahan untuk membuatnya menjadi 100% café racer.

Keunggulan:

  • Hanya membutuhkan sedikit ubahan saja untuk membuatnya menjadi 100% motor café racer.
  • Memiliki mesin dengan kapasitas 175cc.
  • Masih menggunakan sistem pengkabutan karburator seperti motor-motor keluaran lama.

Lalu berapakah harga dari Kawasaki W175 tersebut? Jika anda bandingkan dengan Benelli Motobi 152, harga Kawasaki W175 ini memang jauh lebih mahal.

Kawasaki W175 ini bisa anda dapatkan dengan kisaran harga mulai Rp 29.000.000 sampai maksimal di angka Rp 31.000.000.

  1. Cleveland Misfit

Selain Benelli Motobi 152 dan juga Kawasaki W175, masih ada motor cafe racer murah berikutnya yang bernama Cleveland Misfit.

Motor Cleveland Misfit ini adalah motor buatan Amerika Serikat. Karena merupakan buatan Amerika Serikat, maka sudah pasti karakteristik mesin yang dibawa setara dengan mesin Harley Davidson.

Keunggulan:

  • Sudah menggunakan sistem pengkabutan injeksi.
  • Memiliki mesin dengan kapasitas 250 cc.
  • Sudah menggunakan shockbreaker tipe USD di bagian depan.

Sayangnya, harga dari Cleveland Misfit ini terbilang lebih mahal daripada 2 rekomendasi motor cafe racer murah sebelumnya. Motor ini bisa anda dapatkan di Indonesia dengan kisaran harga Rp 56.000.000.

Dan yang lebih disayangkan lagi, dengan harga 56 jutaan Rupiah, anda masih mendapatkan motor dengan konfigurasi 1 silinder saja.

Selain 3 rekomendasi motor cafe racer murah tersebut, sebenarnya masih ada satu lagi rekomendasi motor café racer yang sempurna. Hanya saja, harga dari motor tersebut sudah tidak masuk kategori murah lagi.

Motor café racer yang tergolong sempurna tersebut adalah Royal Enfield Continental GT. Motor tersebut memiliki desain yang benar-benar layak disebut sebagai motor café racer.

Hanya saja, harga dari motor Royal Enfield Continental GT tersebut sangat jauh dari motor cafe racer murah sebelumnya. Royal Enfield Continental GT dibanderol dengan harga 172 jutaan Rupiah.