Motor Matic Tangguh Segala Medan dari Berbagai Merek

Beranda / Otomotif / Motor Matic Tangguh Segala Medan dari Berbagai Merek

Motor matic memang adalah jenis motor paling banyak peminatnya saat ini. Namun sayangnya, banyak orang mengeluhkan soal daya tahan motor matic yang lemah. Lalu apakah ada motor matic tangguh segala medan?

Jika melihat dari konstruksinya, memang motor matic ini memiliki ketahanan yang lebih rendah dari motor bebek ataupun motor sport.

Namun demikian, sebenarnya masih banyak cara untuk bisa meningkatkan daya tahan sebuah motor matic itu. Dan bukan hanya itu, sebenarnya juga masih ada banyak tipe motor matic yang memiliki daya tahan lebih daripada motor matic lainnya.

Jika anda ingin mengetahui bagaimana cara meningkatkan daya tahan motor matic dan apa saja pilihan motor matic yang tangguh, anda bisa pelajari lebih lanjut di artikel ini.

Berbagai Macam Penyebab Kerusakan pada Motor Matic

Memang benar, motor matic itu memiliki lebih banyak faktor yang bisa menyebabkan kerusakan. Berikut ini adalah beberapa faktor yang paling sering menjadi penyebab kerusakan pada motor matic:

1. Blok mesin pecah

Faktor pertama yang paling sering menjadi penyebab kerusakan pada motor matic adalah karena blok mesin pecah.

Hal ini sebenarnya cukup umum terjadi pada motor matic. Hal tersebut karena blok mesin motor matic memang juga sekaligus berperan sebagai swing arm. Oleh sebab itu, tidak heran jika blok mesin motor matic lebih mudah pecah.

2. Crankshaft tidak center

Faktor berikutnya yang juga sering menjadi penyebab kerusakan pada motor matic adalah karena crankshaft tidak center.

Hal ini biasanya terjadi karena kesalahan saat penggantian roller ataupun V-belt. Saat melakukan penggantian, crankshaft sebenarnya tidak boleh dipukul.

Namun sayangnya, banyak sekali bengkel yang masih menggunakan teknik pemukulan untuk membuka baut crankshaft. Sebagai dampaknya, lama kelamaan crankshaft akan bengkok dan tidak center lagi.

3. Mesin mudah overheat

Hal berikutnya yang juga sering menjadi faktor kerusakan pada motor matic adalah mesin lebih cepat overheat atau kepanasan.

Hal ini bisa terjadi karena banyak faktor. Salah satu faktornya adalah karena oli yang anda gunakan tidak sesuai standard. Selain itu, bisa jadi anda tidak rutin melakukan penggantian oli.

4. Ban belakang susah berputar

Faktor berikutnya yang juga sering menjadi penyebab kerusakan pada motor matic adalah ban belakang susah berputar.

Hal ini biasanya terjadi karena adanya kerusakan pada bagian transmisi. Ban belakang yang susah berputar ini bisa jadi karena transmisi mulai rontok.

Berbagai Macam Cara Meningkatkan Ketahanan Motor Matic

Jika anda bandingkan dengan motor bebek ataupun motor sport, motor matic itu memang memiliki daya tahan yang lebih rendah.

Namun bukan berarti motor matic tangguh segala medan itu tidak ada. Jika anda melakukan perawatan yang benar, sebenarnya motor matic bisa saja setangguh motor bebek ataupun motor sport.

Lalu seperti apa saja perawatan yang perlu anda lakukan agar motor matic tangguh segala medan? Berikut adalah beberapa perawatan yang perlu anda lakukan untuk meningkatkan daya tahan motor matic:

1. Rutin service

Hal pertama yang perlu anda lakukan untuk meningkatkan daya tahan motor matic itu adalah dengan rutin service.

Dan bukan hanya itu saja, sebaiknya service di bengkel yang benar-benar berkualitas. Anda tidak harus service di bengkel resmi, yang terpenting carilah bengkel yang benar-benar berkualitas.

2. Rutin ganti oli

Selain service untuk memastikan mesin dalam kondisi bersih, anda juga wajib harus rutin mengganti oli. Anda tidak hanya perlu mengganti oli mesin saja. Untuk menjaga daya tahan motor matic, anda juga wajib rutin mengganti oli transmisi.

Dengan rutin mengganti oli mesin dan juga oli transmisi, anda bisa memastikan bahwa bagian mesin dan transmisi motor matic terlumasi secara maksimal.

3. Rutin cek kondisi roller dan V-belt

Jika sudah ganti oli mesin dan oli transmisi, pastikan juga untuk rutin cek kondisi roller dan juga V-belt.

Kedua komponen tersebut adalah penentu motor matic bisa berjalan dengan lancar. Selain itu, cek sekaligus kondisi kampas kopling yang terpasang di bagian transmisi.

Pastikan tidak ada debu di lonceng kopling sehingga kampas kopling bisa mencengkram lonceng dengan baik.

Selain itu semua, pastikan untuk tidak melewati polisi tidur dengan kecepatan tinggi. Kenapa? Hal tersebut karena swing arm motor matic menjadi satu dengan blok mesin.

Jika anda sering melewati polisi tidur dengan kecepatan tinggi menggunakan motor matic, maka cepat atau lambat blok mesin anda akan pecah.

Rekomendasi Motor Matic Tangguh Segala Medan

Motor Matic Tangguh Segala Medan

Meskipun memang sebenarnya semua motor matic itu tangguh untuk segala medan jika anda rawat dengan benar, namun memang ada beberapa rekomendasi motor matic yang memiliki daya tahan lebih dari yang lain.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi motor matic tangguh segala medan dari berbagai merek:

1. Yamaha X-Ride

Untuk anda yang berjiwa petualang, Yamaha X-Ride adalah motor matic yang cocok untuk anda miliki.

Selain memiliki desain yang siap untuk anda ajak melewati berbagai macam jenis medan, motor ini juga memiliki daya tahan yang cukup bagus.

Kelebihan:

  • Sudah menggunakan desain motor trail sebagai motor matic.
  • Memiliki chassis yang jauh lebih tahan terhadap medan-medan terjal.
  • Sudah menggunakan mesin dengan kapasitas 125 cc.
  • Di bagian mesin juga sudah menggunakan teknologi Blue Core dari Yamaha.

Karena merupakan salah satu motor matic tangguh segala medan, maka sudah pasti harga jual dari motor matic satu ini lebih mahal.

Yamaha X-Ride terbaru bisa anda miliki dengan kisaran harga mulai dari 19 jutaan Rupiah saja.

2. Honda Vario

Vario menjadi salah satu varian motor matic tangguh segala medan keluaran Honda. Sejak awal kemunculannya, Vario memang sudah duduk di posisi motor matic kelas yang tangguh.

Selain tangguh, kapasitas bagasi dari Honda Vario juga sangat luas jika anda bandingkan dengan motor matic sekelasnya.

Kelebihan:

  • Sudah menggunakan banyak teknologi terbaru seperti panel speedometer digital.
  • Varian terbaru sudah menggunakan teknologi mesin terbaru dengan kapasitas 160 cc.
  • Sudah dibekali dengan radiator sehingga mesin menjadi jauh lebih dingin.
  • Sudah menggunakan lampu jenis LED.

Jika anda mencari motor matic yang tangguh dan juga sporty, maka Honda Vario adalah pilihan yang tepat untuk anda.

Bukan hanya itu saja, harga Honda Vario ini juga terbilang masih sangat terjangkau. Anda bisa mendapatkan motor ini dengan kisaran harga 17 jutaan Rupiah saja.

3. Suzuki Nex 2

Jika berbicara mengenai motor matic tangguh segala medan, maka Suzuki Nex 2 pasti masuk menjadi salah satu pilihannya.

Sejak dulu, motor keluaran Suzuki memang terkenal sangat tangguh. Oleh sebab itu, tidak heran jika Suzuki Nex 2 ini menjadi salah satu motor matic paling awet mesinnya.

Kelebihan:

  • Sudah menggunakan teknologi Suzuki Eco Performance yang bisa mengiritkan konsumsi bahan bakar tanpa mengurangi performa.
  • Memiliki dimensi yang mungil sehingga cocok untuk anda gunakan di kondisi jalanan macet.
  • Menggunakan mesin dengan kapasitas 115 cc.

Untuk anda yang tertarik ingin memiliki Suzuki Nex 2, maka anda bisa membelinya dengan kisaran harga 16 jutaan Rupiah saja.

Itulah berbagai macam rekomendasi motor matic tangguh segala medan yang masih bisa anda dapatkan di dealer resmi.

Namun sekali lagi, semua motor matic yang direkomendasikan tersebut tetap membutuhkan perawatan yang benar untuk bisa bertahan anda gunakan di segala medan.