Oli Untuk Satria FU Karbu Keluaran 2016 Kebawah

Beranda / Otomotif / Oli Untuk Satria FU Karbu Keluaran 2016 Kebawah

Jika berbicara mengenai Satria FU, maka hal pertama yang paling banyak dipertanyakan adalah soal oli apa yang paling cocok, apalagi jika anda memiliki Satria FU yang masih versi karburator. Oli untuk Satria FU karbu memang berbeda dari yang sudah menggunakan injeksi.

Hal tersebut karena di bagian mesin, Satria FU karburator dan injeksi itu ada banyak perbedaannya. Oleh sebab itu, oli yang anda gunakan juga tidak sama.

Lalu apa saja rekomendasi oli yang cocok untuk anda gunakan di Satria FU yang masih menggunakan karburator? Untuk mengetahui apa saja rekomendasinya, anda bisa baca lebih lengkapnya di dalam artikel ini.

Apa Perbedaan Satria F150 Karbu Dengan Injeksi?

Sebelum membahas mengenai berbagai macam rekomendasi oli untuk Satria FU karbu, mungkin masih banyak dari anda yang penasaran dengan apa saja perbedaan antara Satria FU versi karburator dengan injeksi.

Meskipun terlihat sama, sebenarnya ada banyak sekali perbedaan pada mesin Satria FU versi karburator dengan versi injeksi. Berikut ini adalah beberapa perbedaannya:

  • Ukuran cam chain

Hal pertama yang membedakan antara mesin Satria FU versi karbu dengan injeksi ada pada bagian cam chain. Menurut banyak mekanik, cam chain pada Satria FU versi injeksi itu jauh lebih tebal daripada versi karburator.

Oleh sebab itu, Satria FU versi injeksi sudah tidak memiliki masalah pada cam chain yang berisik seperti pada Satria FU versi karburator.

  • Sudah menggunakan radiator

Selain ketebalan cam chain, Satria FU versi karburator dan injeksi juga berbeda dari ada tidaknya radiator. Jika anda perhatikan, Satria FU versi karburator hanya memiliki oil cooler saja.

Sedangkan di Satria FU versi injeksi sudah memiliki radiator. Dengan adanya radiator, maka sudah pasti performa mesin Satria FU injeksi jauh lebih baik.

  • Piston lebih menonjol

Perbedaan berikutnya antara Satria FU versi kaburator dan juga injeksi juga terdapat di bagian pistonnya. Jika anda membuka head silinder Satria FU versi injeksi, maka anda bisa melihat bahwa pistonnya jauh lebih menonjol.

Dengan memiliki piston yang lebih menonjol, maka kompresi motor Satria FU versi injeksi jelas jauh lebih tinggi daripada versi karburator.

  • Kapasitas mesin lebih besar

Hal berikutnya yang membuat oli untuk Satria FU karbu dan versi injeksi itu berbeda adalah karena kapasitas mesinnya juga berbeda.

Jika anda perhatikan, kapasitas oli mesin Satria FU versi karburator itu hanya 1 liter saja. Sedangkan untuk Satria FU versi injeksi membutuhkan oli mesin dengan kapasitas 1,3 liter.

  • Penambahan bearing di bagian kopling

Perbedaan yang terakhir pada mesin Satria FU versi karbu dengan injeksi adalah pada penambahan bearing di bagian kopling. Dengan adanya bearing, maka kopling Satria FU versi injeksi jauh lebih ringan daripada versi karburator.

Rekomendasi Oli Mesin Untuk Satria FU Keluaran Lama

Oli Untuk Satria FU Karbu

Setelah mengetahui apa saja perbedaan antara Satria FU versi karbu dengan injeksi, sekarang anda pasti sudah mengetahui bukan kenapa oli mesin yang dibutuhkan juga berbeda?

Bagi anda yang memiliki Satria FU versi karbu, anda bisa memilih salah satu dari beberapa rekomendasi oli untuk Satria FU karbu berikut ini:

1. Castrol Power 1

Rekomendasi oli untuk Satria FU karbu yang pertama adalah produk dari Castrol yaitu Castrol Power 1. Oli yang pertama ini adalah tipe full sintetik dengan kekentalan 10W-40.

Keunggulan:

  • Oli yang paling cocok untuk motor-motor yang usianya sudah lebih dari 5 tahun.
  • Memiliki kekentalan yang cukup tinggi sehingga bisa mengurangi gesekan di komponen mesin yang sudah mulai mengalami keausan.
  • Tahan dengan suhu tinggi sehingga tingkat kekentalannya tidak akan berubah.

Selain semua hal tersebut, salah satu keunggulan dari Castrol Power 1 ini adalah memiliki takaran 1 liter per kemasannya.

Oleh sebab itu, oli ini benar-benar cocok untuk anda gunakan di motor Satria FU versi karbu yang hanya membutuhkan oli mesin sebanyak 1 liter saja.

Untuk harganya sendiri, Castrol Power 1 ini juga masih cukup terjangkau yaitu hanya Rp 55.000 sampai maksimal Rp 60.000 saja.

2. Shell AX7

Selain Castrol Power 1, ada juga oli Shell AX7. Oli dari Shell ini sebenarnya juga tidak terlalu jauh berbeda dari Castrol Power 1. Oleh sebab itu, oli ini juga masih sangat cocok untuk anda gunakan di motor Satria FU versi karbu.

Keunggulan:

  • Harganya termasuk terjangkau jika anda bandingkan dengan Castrol Power 1.
  • Memiliki tingkat kekentalan yang tidak jauh berbeda dari Castrol Power 1.
  • Merupakan oli yang cocok jika anda lebih suka akselerasi daripada top speed.

Seperti yang sudah disebutkan, harga Shell AX7 memang jauh lebih murah daripada Castrol Power 1. Oli ini bisa anda dapatkan dengan kisaran harga Rp 45.000 sampai Rp 50.000 saja. Dan yang pasti, Shell AX7 ini juga tersedia dalam ukuran 1 liter untuk satu kemasannya.

3. Motul Ester 5100

Jika anda ingin menggunakan oli yang lebih bagus untuk motor Satria FU versi karburator, maka anda bisa memilih Motul Ester 5100.

Harga dari oli satu ini memang sangat mahal jika anda bandingkan dengan oli lainnya. Namun demikian, hal tersebut sebanding dengan kualitasnya.

Keunggulan:

  • Terbukti bisa meredam getaran mesin secara maksimal.
  • Oli ini juga terbilang bisa menjaga suhu mesin agar tidak terlalu panas.
  • Sangat cocok untuk anda yang suka motor dengan tarikan awal yang ringan.

Lalu berapakah harga dari oli untuk Satria FU karbu satu ini? Motul Ester 5100 ini bisa anda dapatkan dengan kisaran harga Rp 150.000.

4. SGO 4T

Jika anda ingin menggunakan oli yang harganya cukup murah namun kualitasnya masih terjamin untuk Satria FU versi karbu, maka anda bisa mencoba menggunakan SGO 4T.

Oli resmi dari Suzuki ini sudah pasti sangat cocok untuk anda gunakan di motor Satria FU versi karbu. Hal tersebut karena oli ini sudah sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan oleh mesin Satria FU versi lama.

Keunggulan:

  • Merupakan oli standard yang paling aman untuk motor Suzuki.
  • Harga terbilang paling murah dari berbagai macam merek oli lainnya.
  • Sangat mudah untuk anda dapatkan, terutama di bengkel resmi Suzuki.

Seperti yang sudah disebutkan, oli SGO 4T ini bisa anda dapatkan dengan kisaran harga Rp 40.000 sampai Rp 45.000 saja.

5. Shell Advance Ultra

Jika motor Satria FU versi karburator yang anda miliki sudah mulai terasa kasar mesinnya, maka anda bisa mencoba menggunakan oli Shell Advance Ultra.

Bila anda bandingkan dengan AX7, oli Shell Advance Ultra ini sedikit lebih baik. Hal tersebut karena oli ini sudah full sintetik.

Keunggulan:

  • Bisa meningkatkan performa mesin secara instan.
  • Melindungi komponen mesin dari gesekan.
  • Meningkatkan cengkraman plat dan kampas kopling.

Lalu berapakah harga dari oli Shell Advance Ultra ini? Anda bisa mendapatkan oli ini dengan kisaran harga mulai dari Rp 90.000 sampai maksimal Rp 100.000.

Bagaimana? Masih ada banyak sekali bukan rekomendasi oli untuk Satria FU karbu itu? Kalau anda sendiri, biasanya anda menggunakan oli merek apa?