Pembuat Free Fire dan Sejarah Game FF

Diposting pada

Selama ini memang orang menganggap bahwa Garena adalah pembuat Free Fire. Padahal, Garena sebenarnya bukanlah yang membuat game tersebut. Garena sebenarnya hanyalah berperan sebagai publisher game Free Fire saja.

Namun sayangnya, sampai saat ini hampir semua orang sudah terlanjur menganggap bahwa Garena adalah yang juga menjadi pembuat dari game tersebut.

Lalu siapakah yang membuat game tersebut? Bagaimana juga sejarah dari terciptanya game battle royal mobile pesaing dari PUBG Mobile tersebut?

Untuk anda yang penasaran ingin mengetahui mengenai siapa sebenarnya pencipta dari game Free Fire tersebut, anda bisa baca penjelasan lebih lengkap mengenai pembuat game FF di artikel ini.

Apa Perbedaan Publisher dan Pembuat dari Game Free Fire?

Sebelum menjabarkan panjang lebar mengenai siapa pembuat Free Fire, pertama-tama anda harus mengetahui terlebih dahulu apa perbedaan dari publisher dan juga developer atau pembuat.

Selama ini, banyak orang menganggap bahwa keduanya adalah sama. Padahal keduanya memiliki peranan yang berbeda-beda.

Publisher adalah perusahaan yang fokusnya pada bagian finansial dan juga bagian pemasaran. Jadi publisher ini sama sekali tidak ada sangkut pautnya dengan hal pengembangan aplikasi maupun game.

Tugas dari publisher biasanya hanyalah mendanai ataupun memasarkan aplikasi ataupun game. Sedangkan tugas membuat aplikasi ataupun game itu ada pada developer.

Seperti halnya publisher, sebuah game ataupun aplikasi itu juga bisa saja memiliki 2 pembuat. Hal tersebut bisa terjadi karena antara satu developer dengan developer yang lain menjalin kerjasama untuk mengerjakan satu aplikasi atau game.

Siapa Pembuat Free Fire yang Sebenarnya?

Pembuat Free Fire

Setelah mengetahui apa perbedaan dari developer dan juga publisher, tentunya sekarang anda sudah makin paham bukan bahwa Garena ini bukanlah pembuat Free Fire.

Lalu siapakah pembuat dari game fenomenal tersebut? Free Fire ini sebenarnya adalah buatan dari sebuah studio game asal Vietnam yang bernama Eleven Dots E Studio.

Game battle royal mobile ini pertama kali meluncur secara online pada tahun 2017 lalu untuk beberapa negara di Asia Tenggara. Namun demikian, peluncuran game Free Fire ini tidak secara resmi.

Hal tersebut karena game Free Fire masih dalam status beta. Jadi pada tahun 2017, mayoritas pemain game Free Fire itu memang adalah beta tester yang bertugas untuk memberikan masukan jika menemukan kekurangan pada game tersebut.

Saat dalam masa beta tersebut, pembuat dari game FF ini memang sudah bekerjasama dengan Garena selaku publishernya. Dan Garena sendiri juga tidak terburu-buru untuk meluncurkan game FF tersebut secara resmi.

Garena baru meluncurkan game FF secara resmi di Playstore pada tahun 2018. Karena cukup sabar menunggu masa beta, maka tidak heran jika Garena menuai kesuksesan dalam memasarkan game battle royal satu ini.

Dan menariknya lagi, sampai saat ini Garena juga tidak berhenti bekerjasama dengan Eleven Dots E Studio dalam memberikan pengembangan-pengembangan baru di dalam game Free Fire.

Apa Engine yang Pembuat Free Fire Gunakan?

Sebagian besar dari anda yang paham mengenai dunia pembuatan aplikasi dan game, pastinya anda bertanya-tanya juga mengenai engine apa yang pembuat Free Fire gunakan.

Sebenarnya Eleven Dots E Studio sudah mencoba cukup banyak engine untuk membuat game battle royalnya. Namun setelah mencoba berbagai macam jenis engine, developer tersebut akhirnya lebih memilih menggunakan Unity.

Lalu apa alasan pembuat Free Fire tersebut memilih menggunakan engine Unity untuk menciptakan game battle royalnya? Berikut ini adalah beberapa alasannya:

1. Game terlihat lebih realistis

Alasan pertama kenapa Eleven Dots E Studio memilih menggunakan engine Unity untuk membuat game Free Fire ini adalah karena engine tersebut bisa membuat game menjadi terlihat realistis.

Dengan menggunakan engine tersebut, gerakan animasi dari karakter di game Free Fire benar-benar sangat bagus, apalagi jika anda memainkan versi Max dari game Free Fire.

2. Kompatibilitas dengan banyak perangkat

Bukan hanya sekedar mampu membuat game yang sangat realistis, alasan lain kenapa developer memilih menggunakan engine Unity untuk membuat game Free Fire adalah karena kompatibilitasnya.

Sampai saat ini, Unity engine memang menjadi salah satu engine game yang memiliki kompatibilitas dengan banyak perangkat.

Oleh sebab itu, tidak heran jika game Free Fire bisa anda mainkan secara lancar mulai dengan menggunakan smartphone berspesifikasi rendah hingga yang memiliki spesifikasi sangat tinggi.

3. Game menjadi lebih stabil

Selain game menjadi terlihat lebih realistis dan bisa anda mainkan di berbagai macam smartphone, penggunaan engine Unity untuk membuat game Free Fire ini juga membuat game tersebut sangat stabil untuk anda mainkan.

Hal tersebut karena engine Unity memang cukup sederhana dan tidak begitu kompleks.

Oleh sebab itu, performa game Free Fire tidak mengalami perbedaan yang terlalu jauh ketika anda mainkan menggunakan smartphone spesifikasi rendah dan tinggi.

Berbagai Macam Alasan Kenapa Free Fire Populer di Asia

Setelah mengetahui siapa pembuat Free Fire dan apa engine yang mereka gunakan untuk membuat game tersebut, tentunya anda juga penasaran bukan mengenai kenapa game tersebut bisa begitu populer di Asia?

Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa game Free Fire itu bisa sangat populer di Asia:

1. Bisa anda mainkan di semua jenis smartphone

Alasan pertama kenapa game Free Fire ini begitu populer di Asia adalah karena Free Fire merupakan game battle royal yang bisa anda mainkan di semua jenis smartphone.

Anda bisa memainkan game tersebut secara lancar di smartphone dengan spesifikasi tinggi maupun rendah.

Selain itu, anda juga bisa memainkan game ini menggunakan smartphone Android maupun iPhone.

2. Publishernya asli dari benua Asia

Tidak dapat anda pungkiri lagi, salah satu alasan kenapa game Free Fire ini begitu populer di Asia juga karena publishernya berasal dari Asia.

Garena adalah publisher game mobile yang berasal dari negara Singapura. Karena berasal dari benua Asia, maka tidak heran jika game ini bisa menjadi game battle royal nomor 1 di Asia.

3. Pembuat Free Fire juga dari benua Asia

Alasan berikutnya kenapa game Free Fire bisa begitu populer di benua Asia juga karena pembuat Free Fire ini juga berasal dari negara di benua Asia.

Karena pembuatnya juga berasal dari benua Asia, maka sudah pasti mereka paham betul dengan apa yang orang-orang Asia paling sukai.

4. Terus menerus mendapatkan pembaruan fitur

Alasan selanjutnya kenapa game Free Fire masih memiliki pemain yang jumlahnya cukup banyak hingga saat ini adalah karena developer dan publishernya masih terus memberikan pembaruan.

Sampai saat ini, baik Garena maupun Eleven Dots E Studio masih terus meluncurkan fitur-fitur baru, dan bahkan versi baru untuk game Free Fire.

Dengan rutin memberikan pembaruan, maka pemain tidak akan pernah merasa bosan dengan game ini.

Bagaimana? Sekarang anda sudah paham bukan dengan siapa pembuat Free Fire itu? Apakah sebelum ini anda sudah mengetahui siapa pembuat dari game tersebut?