Pendaftaran KIP Kuliah Gratis, Bagaimana Prosedurnya?

Diposting pada

Pemerintah Indonesia ingin meningkatkan bantuan di bidang pendidikan dengan membuat program pendaftaran KIP kuliah gratis. Hanya saja, masih banyak orang yang belum paham mengenai seperti apa program tersebut.

Karena banyak yang belum paham mengenai program tersebut, maka tidak heran jika sampai saat ini masih banyak yang belum bisa memanfaatkan program tersebut secara maksimal.

Bagaimana dengan anda? Apakah anda sudah paham mengenai pendaftaran KIP kuliah gratis? Jika anda masih belum paham mengenai program tersebut, maka anda bisa mempelajari program tersebut di dalam artikel ini.

Apa Itu KIP Kuliah Gratis?

Sebagian besar dari anda mungkin saja belum mengetahui tentang apa itu KIP kuliah gratis. Padahal, program ini sudah dimulai beberapa tahun lalu.

Maksud dari program KIP kuliah gratis ini adalah sebuah program beasiswa pendidikan yang diberikan oleh pemerintah kepada siswa lulusan SMA yang cukup berprestasi namun memiliki keterbatasan dalam hal ekonomi.

Pendaftaran KIP Kuliah Gratis

Dengan adanya program KIP kuliah gratis ini, pemerintah Indonesia sangat berharap makin banyak putra putri bangsa yang cerdas mendapatkan kesempatan pendidikan yang sama meskipun mereka terbatas dalam hal ekonomi.

Namun demikian, memang tidak semua perguruan tinggi bisa menerima program KIP kuliah gratis ini. Hingga saat ini, hanya perguruan tinggi yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Agama saja yang mendukung program tersebut.

Sampai saat ini, perguruan tinggi kedinasan serta perguruan tinggi yang berada di bawah Kementerian Kesehatan juga belum ikut mendukung program ini.

Apa Saja yang Bisa Anda Dapatkan dari Program KIP Kuliah Gratis?

Jika anda melakukan pendaftaran KIP kuliah gratis dan disetujui, maka anda akan mendapatkan cukup banyak manfaat dari program tersebut.

Lalu apa sajakah yang bisa anda dapatkan jika berhasil menjadi salah satu penerima program KIP tersebut? Berikut adalah beberapa hal yang bisa anda dapatkan:

  • Biaya kuliah

Hal pertama yang sudah pasti akan anda dapatkan ketika menjadi salah satu penerima KIP adalah biaya kuliah dari awal hingga lulus.

Untuk biaya kuliah ini tidak akan diberikan kepada penerima KIP. Biaya kuliah ini akan langsung masuk ke dalam rekening perguruan tinggi atas nama penerima KIP.

Namun demikian, biaya kuliah ini tidak akan anda dapatkan secara terus menerus. Anda hanya akan mendapatkan biaya kuliah ini sesuai dengan 4 tahun saja.

Jadi jika anda sampai tidak bisa menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi dalam waktu 4 tahun, maka anda mau tidak mau harus membayar sendiri sisa biaya kuliahnya.

  • Biaya hidup

Selain bisa mendapatkan bantuan biaya kuliah hingga lulus selama 4 tahun, anda yang berhasil lolos pendaftaran KIP juga akan mendapatkan biaya hidup setiap bulan.

Untuk besaran biaya hidup yang bisa anda dapatkan tergantung dari kebutuhan hidup di tempat perguruan tinggi yang menerima anda.

Dan sama halnya seperti biaya kuliah, biaya hidup ini hanya akan anda dapatkan dalam kurun waktu 4 tahun saja. Setelah 4 tahun, anda tidak akan mendapatkan bantuan biaya hidup lagi.

  • Biaya pengelolaan

Selain biaya kuliah dan juga biaya hidup, anda yang berhasil lolos pendaftaran KIP ini juga sekaligus akan mendapatkan biaya pengelolaan.

Biaya pengelolaan ini merupakan biaya yang akan digunakan untuk menutupi semua kebutuhan pelajar yang berdomisili beda provinsi dengan perguruan tingginya.

Apa Saja Syarat Untuk Pendaftaran KIP Kuliah Gratis?

Apakah anda tertarik untuk mencoba mendaftar untuk menjadi penerima KIP? Jika anda tertarik, anda bisa pelajari terlebih dahulu beberapa syarat untuk pendaftaran KIP kuliah gratis berikut ini:

  1. Lulusan SMA ataupun sederajat yang maksimal sudah lulus sekolah 2 tahun lalu.
  2. Sudah memiliki NISN, NPSN, NIK yang tervalidasi.
  3. Memiliki prestasi akademik yang bagus dan keterbatasan dalam hal ekonomi (bukti harus terlampir).
  4. Sudah lulus ujian masuk pada PTN ataupun PTS yang memiliki akreditasi A atau B.
  5. Sama sekali belum pernah menjadi penerima KIP kuliah gratis ataupun Bidik Misi di tahun-tahun sebelumnya.

Siapa Sajakah yang Berhak Menerima KIP Kuliah Gratis Ini?

Program pendaftaran KIP kuliah gratis ini memang bisa untuk siapa saja. Namun demikian, ada beberapa kriteria yang lebih diutamakan untuk mendapatkan bantuan satu ini.

Berikut adalah beberapa kriteria yang lebih utama untuk mendapatkan KIP kuliah gratis:

  • Mereka yang sudah menjadi pemegang KIP SMA dan sederajat.
  • Menjadi pemegang KKS/PKH/BPNT.
  • Berasal dari panti asuhan.
  • Masuk ke dalam DTKS dengan keterangan desil <4.
  • Pendapatan kotor kedua orang tua kurang lebih sebesar Rp 4.000.000 atau perorangan sebesar Rp 750.000.

Catatan:

Untuk bisa menjadi penerima program KIP kuliah gratis, anda tidak harus memenuhi semua kriteria tersebut. Memiliki salah satu kriteria saja sudah membuat anda berhak menjadi salah satu penerima KIP kuliah gratis.

Langkah-Langkah Pendaftaran KIP Kuliah Gratis Secara Mandiri

Bagi anda yang ingin mendapatkan KIP kuliah gratis, anda bisa mencoba mendaftar. Berikut ini adalah langkah-langkah pendaftarannya:

  1. Pertama-tama, lakukan pendaftaran secara mandiri melalui website http://kip-kuliah.kemdikbud.go.id.
  2. Masukkan data-data penting seperti NIK, NISN, NPSN, dan juga alamat email aktif.
  3. Setelah itu, sistem akan melakukan validasi terlebih dahulu ke semua nomor tersebut.
  4. Bila proses validasinya sudah selesai, maka anda akan mendapatkan nomor pendaftaran beserta dengan kode akses melalui alamat email yang anda gunakan saat mendaftar.
  5. Selanjutnya, anda hanya perlu masuk kembali ke website http://kip-kuliah.kemdikbud.go.id dan memasukkan nomor pendaftaran beserta dengan kode akses yang anda terima.
  6. Terakhir, anda bisa memilih PTN maupun PTS dan mengikuti tes sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.

Bila anda lolos tes masuk, maka anda akan mendapatkan pemberitahuan kembali melalui alamat email yang masukkan saat melakukan pendaftaran KIP kuliah gratis di awal.