Penyebab Filter IG Tidak Didukung di Perangkat Anda

Diposting pada

Pernahkah anda mengunduh filter Instagram dan muncul peringatan perangkat tidak mendukung filter tersebut? Jika anda mengalami hal tersebut, pastinya anda bertanya-tanya mengenai penyebab filter IG tidak didukung di perangkat anda.

Ternyata memang tidak semua jenis filter Instagram bisa anda gunakan. Ada banyak sekali faktor yang bisa membuat filter Instagram tidak bisa berjalan di dalam smartphone anda.

Sebagian faktor bisa anda atasi, dan sebagian lagi benar-benar sudah diluar kemampuan anda untuk mengatasinya.

Jika anda tertarik ingin mengetahui apa saja faktor penyebab filter IG tidak didukung di perangkat, anda bisa simak penjelasannya di dalam artikel ini.

Faktor Penyebab Smartphone Tidak Mendukung Filter Instagram Anda

Penyebab Filter IG Tidak Didukung di Perangkat

Jika anda mencoba download filter Instagram dan muncul peringatan bahwa perangkat anda tidak mendukung penggunaan filter tersebut, maka berikut ini adalah beberapa faktor yang jadi penyebabnya:

  1. Versi aplikasi Instagram sudah terlalu lama

Berbicara soal aplikasi di smartphone, versi dari aplikasi tersebut akan terus mendapatkan pembaruan.

Ketika mendapatkan pembaruan, anda memang tidak harus langsung memasang pembaruan tersebut. Anda masih bisa menggunakan aplikasi versi lama.

Namun imbasnya, biasanya akan ada beberapa fitur yang tidak bisa anda gunakan. Salah satu contohnya adalah seperti pada aplikasi Instagram.

Jika versi aplikasi Instagram anda sudah terlalu lama, biasanya fitur filter di dalamnya tidak akan bisa berjalan optimal. Oleh sebab itu, tidak heran jika ada beberapa filter yang tidak bisa anda gunakan.

  1. Spesifikasi smartphone tidak mumpuni

Selain karena masalah versi aplikasinya, terkadang penyebab filter IG tidak didukung di perangkat anda juga bisa terjadi karena spesifikasi smartphone anda tidak mumpuni.

Saat ini cukup banyak filter Instagram yang membutuhkan spesifikasi smartphone yang cukup tinggi, terutama untuk bagian grafis.

Oleh sebab itu, jika smartphone anda termasuk kelas entry level, maka kemungkinan akan ada banyak filter yang tidak bisa anda gunakan.

Hal ini dilakukan oleh Instagram agar setiap pengguna bisa menggunakan berbagai fitur di Instagram dengan lancar.

  1. Memori smartphone sudah terlalu penuh

Penyebab filter Instagram tidak bisa anda gunakan di dalam smartphone lainnya adalah karena memori smartphone anda terlalu penuh.

Untuk bisa menggunakan filter Instagram, mau tidak mau anda harus mengunduh filenya terlebih dahulu. Oleh sebab itu, jika memori internal smartphone anda sudah terlalu penuh, maka file filter Instagram tersebut tidak akan bisa tersimpan.

Dan karena tidak bisa tersimpan di dalam memori smartphone anda, maka secara otomatis filter tersebut tidak akan bisa berjalan secara optimal.

  1. Adanya pembatasan regional untuk menggunakan filter Instagram

Faktor lain yang juga menjadi salah satu penyebab filter IG tidak didukung di perangkat adalah karena adanya pembatasan regional dari Instagram sendiri.

Cukup banyak jenis filter yang memang hanya bisa digunakan di beberapa negara saja. Hal ini biasanya karena fitur yang ada di dalam filter tersebut juga baru tersedia di beberapa negara saja.

Jika penyebabnya adalah karena pembatasan regional ini, maka anda sudah tidak bisa berbuat banyak. Karena yang menyebabkan filter Instagram tidak bisa anda gunakan adalah sistem dari Instagram sendiri.

Solusi Untuk Bisa Menggunakan Filter IG yang Tidak Didukung Perangkat

Setelah mengetahui apa saja faktor penyebab filter IG tidak didukung di perangkat, sekarang anda bisa mempelajari bagaimana solusi agar anda bisa menggunakan filter Instagram tersebut.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk membuat filter Instagram bisa anda jalankan di smartphone anda:

  • Pastikan untuk menggunakan versi Instagram terbaru

Hal pertama yang wajib rutin anda lakukan agar tetap bisa menggunakan filter Instagram adalah cek versi aplikasi Instagram yang saat ini anda gunakan. Pastikan aplikasi Instagram yang anda gunakan adalah versi yang paling baru.

Jika anda tidak mau repot, anda bisa mengaktifkan fitur auto update untuk aplikasi Instagram yang terpasang di dalam smartphone anda.

  • Pastikan memori internal smartphone tidak penuh

Selain selalu memperbarui versi dari aplikasi Instagram anda, hal berikutnya yang juga wajib anda lakukan agar bisa menggunakan filter Instagram adalah memastikan memori internal smartphone tidak terlalu penuh.

Jika memang ada banyak file yang tersimpan di dalam smartphone anda, maka anda bisa back up data-data tersebut di laptop maupun PC. Selain itu, anda juga bisa backup data tersebut di Google Drive.

Dengan begitu, maka memori internal di smartphone anda tidak akan terlalu penuh. Dan jika memori internal smartphone anda kosong, anda bisa dengan bebas download filter Instagram yang anda sukai.

  • Pilih filter Instagram yang tidak terlalu berat

Solusi berikutnya agar anda tidak mengalami masalah perangkat tidak mendukung untuk menjalankan filter IG adalah pilih filter Instagram yang tidak terlalu berat.

Jika anda memilih menggunakan filter Instagram yang terlalu berat, maka ada kemungkinan perangkat anda mungkin tidak bisa menjalankan filter tersebut.

Hanya saja, jika smartphone anda termasuk kelas flagship, maka anda bebas mencoba menggunakan filter Instagram jenis apapun.

Hal tersebut karena mayoritas smartphone kelas flagship itu sudah bisa menjalankan filter Instagram apapun. Hanya saja, smartphone tersebut tetap tidak bisa menjalankan filter yang dibatasi regional penggunaannya.

Sekarang sudah cukup paham bukan apa saja penyebab filter IG tidak didukung di perangkat? Kalau anda sendiri, solusi apa yang pernah anda coba agar bisa menggunakan filter Instagram di dalam smartphone anda?