Peran Asuransi Dalam Perekonomian di Indonesia

Beranda / Asuransi / Peran Asuransi Dalam Perekonomian di Indonesia

Meskipun belum semua orang di Indonesia itu merupakan pemegang polis asuransi, namun ternyata peran asuransi dalam perekonomian Indonesia itu sudah cukup besar.

Dengan adanya asuransi, ada cukup banyak sektor yang terbantu di dalam perekonomian Indonesia. Sayangnya, belum banyak orang mengetahui mengenai fakta tersebut.

Kebanyakan orang masih beranggapan bahwa asuransi hanya memberikan keuntungan bagi pemegang polis dan perusahaan asuransi sendiri. Padahal, faktanya tidak seperti itu.

Lalu seperti apakah peranan sebuah perusahaan asuransi itu di dalam perekonomian di Indonesia? Jika anda tertarik ingin mengetahui tentang peranan dari perusahaan asuransi tersebut, anda bisa baca penjelasannya di artikel ini.

Peran Asuransi Dalam Perekonomian Pemegang Polis

Peran Asuransi Dalam Perekonomian

Sebelum membahas mengenai apa saja peran asuransi dalam perekonomian di Indonesia, pertama-tama anda harus mengetahui terlebih dahulu apa peranan asuransi bagi perekonomian pemegang polisnya.

Berikut ini adalah dampak pada perekonomian orang yang memiliki polis asuransi:

1. Bisa mengalihkan risiko

Peranan pertama sebuah perusahaan asuransi bagi pemegang polis adalah sebagai pengambil alih risiko. Jadi ketika nasabah mengalami musibah, maka semua risiko tersebut akan diambil alih oleh perusahaan asuransi.

Dengan begitu, maka nasabah yang mengalami musibah tidak akan terlalu terdampak kondisi perekonominannya pasca mengalami musibah.

2. Memberikan perlindungan sekaligus manfaat investasi

Selain bisa mengambil alih seluruh atau sebagian risiko dari musibah yang dialami oleh nasabahnya, peranan perusahaan asuransi berikutnya adalah bisa memberikan perlindungan sekaligus manfaat investasi.

Hal ini bisa anda dapatkan jika anda mengambil polis asuransi yang memiliki manfaat investasi. Jadi selain mendapatkan perlindungan, dana yang selama ini anda bayarkan untuk premi asuransi bisa anda tarik sekaligus dengan nilai investasinya.

Peran Asuransi Dalam Perekonomian Perusahaan Asuransi Sendiri

Selain memberikan dampak langsung pada perekonomian pemegang polis asuransi, peran asuransi dalam perekonomian juga terjadi pada perusahaan asuransi itu sendiri.

Sebagai contohnya, saat ini ada banyak sekali perusahaan asuransi yang mengasuransikan perusahaannya sendiri ke perusahaan asuransi lainnya. Hal ini mereka lakukan untuk mendapatkan beberapa keuntungan berikut ini:

1. Mengurangi risiko yang harus diambil alih dari nasabah

Dengan mengasuransikan lagi perusahaan asuransi pada perusahaan lain, maka secara otomatis sebuah perusahaan asuransi tersebut sudah bisa mengurangi risiko yang harus mereka ambil alih dari nasabahnya.

Jadi ketika ada nasabah yang mengalami musibah, maka perusahaan asuransi tidak harus membayar pertanggungannya sendirian.

2. Mendapatkan selisih dari pertanggungan perusahaan asuransi lain

Selain bisa mengurangi risiko yang harus perusahaan asuransi tanggung, mengasuransikan kembali sebuah perusahaan asuransi itu juga bisa memberikan keuntungan.

Hal tersebut karena terkadang perusahaan asuransi bisa mendapatkan selisih dari pertanggungan perusahaan yang mau melakukan reasuransi.

Dengan begitu, maka perusahaan asuransi bisa mendapatkan keuntungan diluar dari menggunakan dana nasabah untuk investasi.

Peran Asuransi Dalam Perekonomian dan Investasi

Selain berperan sangat besar bagi perekonomian nasabah dan juga perusahaan asuransi itu sendiri, sebuah perusahaan asuransi itu juga sebenarnya sangat berperan besar pada perekonomian dan juga investasi di Indonesia.

Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa sebuah perusahaan asuransi bisa berperan sangat besar dalam perekonomian dan investasi:

1. Mayoritas dana asuransi itu masuk ke berbagai instrumen investasi

Alasan pertama kenapa peran asuransi dalam perekonomian Indonesia itu sangat besar adalah karena mayoritas dana asuransi itu masuk di berbagai instrumen investasi.

Selain masuk ke dalam pembelian saham perusahaan, dana asuransi itu juga masuk ke dalam investasi seperti utang negara dan juga obligasi.

Oleh sebab itu, secara tidak langsung sebenarnya perusahaan asuransi itu sudah sangat membantu perekonomian negara Indonesia.

2. Banyak proyek pembangunan yang juga masuk ke dalam perlindungan asuransi

Alasan berikutnya kenapa peran asuransi dalam perekonomian Indonesia itu sangat besar adalah karena cukup banyak proyek pembangunan yang menggunakan perlindungan asuransi.

Hal ini karena setiap proyek pembangunan pasti akan memiliki risiko yang sangat besar. Oleh sebab itu, biasanya pengembang akan memasukkan proyek tersebut ke dalam sebuah asuransi untuk mengurangi risiko.

Beragam Peran Asuransi Dalam Dunia Bisnis di Indonesia

Tidak hanya sekedar berperan aktif dalam perekonomian nasabah dan juga perusahaan asuransi itu sendiri, setiap perusahaan asuransi yang legal di Indonesia juga memiliki peran yang cukup besar di dalam dunia bisnis.

Berikut ini adalah beberapa peranan asuransi di dalam dunia bisnis Indonesia:

1. Memberikan perlindungan risiko bagi perusahaan

Sama halnya seperti asuransi individu, perusahaan asuransi juga akan memberikan perlindungan risiko bagi perusahaan.

Jadi ketika sebuah perusahan mengalami musibah yang menyebabkan kerugian material, maka kerugian tersebut akan sepenuhnya menjadi tanggung jawab perusahaan asuransi.

Dengan begitu, maka perusahaan tidak akan mengalami kerugian ekonomi yang dapat berdampak pada kinerja perusahaan.

2. Mengganti kerugian perusahaan

Peranan lainnya dari perusahaan asuransi bagi dunia bisnis di Indonesia adalah bisa memberikan penggantian kerugian bagi perusahaan yang mengalami kerugian.

Sebagai contohnya, jika sebuah perusahaan mengalami kerugian akibat kebakaran, maka perusahaan asuransi akan memberikan penggantian senilai dengan kerugian yang perusahaan alami.

Dengan begitu, maka perusahaan yang mengalami musibah akan tetap bisa beroperasi.

3. Menjadi investor di sebuah perusahaan

Selain berperan aktif sebagai penanggung kerugian, perusahaan asuransi juga berperan aktif sebagai penunjang perekonomian di sebuah perusahaan.

Hal tersebut karena mayoritas perusahaan asuransi menggunakan dana nasabah yang dikelolanya untuk berinvestasi di berbagai perusahaan yang menguntungkan di Indonesia.

Peran Asuransi Selain Dalam Dunia Perekonomian

Selain berperan aktif dalam perekonomian di Indonesia, perusahaan asuransi juga sebenarnya memiliki peranan di banyak bidang. Berikut ini adalah berbagai bidang yang juga terdapat peranan dari perusahaan asuransi:

1. Bidang kesehatan

Selain berperan di bidang perekonomian, perusahaan asuransi juga sangat berperan aktif di bidang kesehatan.

Hal tersebut bisa anda lihat langsung dari pemberian manfaat seperti rawat inap, medical check up, dan sampai pembedahan untuk berbagai macam penyakit kronis.

2. Bidang transportasi

Sebagai tambahan, perusahaan asuransi sebenarnya juga berperan aktif di bidang transportasi Indonesia. Hal tersebut karena banyak sekali perusahaan asuransi yang memberikan perlindungan kecelakaan pada kendaraan pribadi maupun dinas.

Selain itu, ada banyak juga perusahaan asuransi yang memberikan penggantian ketika kendaraan nasabah mengalami kerusakan karena kecelakaan tunggal ataupun dengan orang lain.

3. Bidang properti

Bidang lain yang juga terdapat peranan dari perusahaan asuransi adalah bidang properti. Jika anda perhatikan, mulai dari developer hingga mereka yang membeli properti kebanyakan adalah nasabah dari sebuah perusahaan asuransi.

Mereka biasanya membeli polis asuransi untuk melindungi properti yang sedang mereka kerjakan atau sudah mereka miliki.

Jadi secara tidak langsung, perusahaan asuransi juga berperan aktif di dalam dunia properti di Indonesia.

Jadi bagaimana? Cukup luas bukan sebenarnya peran asuransi dalam perekonomian dan bahkan bidang lainnya itu?