Reksadana Terbaik di Indonesia Untuk Pemula

Diposting pada

Dengan makin meningkatkan popularitas investasi reksadana, jumlah manager investasi yang bisa anda pilih juga turut meningkat. Namun sayangnya, tidak semua manager investasi tersebut masuk kategori reksadana terbaik di Indonesia.

Oleh sebab itu, anda yang berminat untuk berinvestasi di reksadana harus lebih jeli lagi dalam memilih manager investasi.

Jika anda asal dalam memilih manager investasi, sudah dapat dipastikan anda tidak akan mendapatkan keuntungan, namun justru mengalami kerugian.

Lalu apa sajakah rekomendasi reksadana terbaik di Indonesia tersebut? Untuk anda yang ingin mengetahui beragam manager investasi reksadana yang terbaik, anda bisa baca rekomendasinya di artikel ini.

Kenapa Anda Harus Memilih Reksadana Terbaik di Indonesia?

Reksadana Terbaik di Indonesia

Sebagian besar dari anda mungkin masih bertanya-tanya mengapa harus memilih reksadana terbaik di Indonesia.

Bagi anda yang masih pemula, memang anda belum mengetahui apa saja kerugian yang harus anda tanggung jika sampai salah memilih manager investasi.

Berikut ini adalah beberapa alasan kuat kenapa anda harus benar-benar teliti dalam memilih manager investasi reksadana:

1. MI Reksadana terbaik memudahkan dalam proses berinvestasi

Alasan pertama kenapa anda wajib memilih manager investasi terbaik adalah supaya bisa memudahkan anda dalam proses investasi.

Perlu anda ketahui, salah satu alasan kenapa banyak orang tertarik berinvestasi reksadana itu adalah karena kemudahannya.

Namun jika anda tidak memilih manager investasi reksadana terbaik di Indonesia, maka anda kehilangan salah satu kelebihan dari investasi reksadana itu sendiri.

Postingan Terkait

2. Reksadana terbaik bisa memberikan ROI paling maksimal

Selain urusan kemudahan, memilih manager investasi reksadana yang terbaik juga akan sangat mempengaruhi ROI yang bisa anda dapatkan.

Dari sekian banyak orang yang berinvestasi di reksadana, sudah pasti salah satu tujuannya adalah untuk mendapatkan imbal balik.

Oleh sebab itu, pastikan untuk memilih manager investasi reksadana yang terbaik agar anda bisa mendapatkan imbal balik yang maksimal dari dana yang anda investasikan.

3. Reksadana terbaik di Indonesia bisa memperkecil risiko investasi

Meskipun reksadana bukanlah jenis investasi yang sangat berisiko, namun bukan berarti tidak ada risiko di dalam investasi tersebut.

Jika anda memilih jenis investasi reksadana tertentu, contohnya saja reksadana saham, maka investasi tersebut tetap cukup berisiko.

Oleh sebab itu, anda perlu memilih manager investasi reksadana terbaik di Indonesia. Kenapa? Karena manager investasi yang terbaik bisa memperkecil risiko anda dalam berinvestasi.

Panduan Memilih Reksadana Terbaik di Indonesia

Sekarang anda sudah mengetahui apa saja alasan kenapa anda harus memilih manager investasi reksadana terbaik di Indonesia.

Namun masalahnya, hal tersebut memang terkadang masih cukup sulit dilakukan oleh seorang pemula. Bagi pemula, memang hampir semua manager investasi reksadana itu terlihat bagus semua.

Bagi anda yang sampai saat ini masih kesulitan memilih mana manager investasi reksadana yang terbaik, maka anda bisa mengikuti panduan berikut ini:

1. Cek jumlah dana kelolanya

Untuk menentukan apakah sebuah manager investasi termasuk dalam manager investasi reksadana terbaik, hal pertama yang perlu anda cek adalah dari dana kelolanya.

Bila sebuah manager investasi mengelola dana yang cukup besar dan jumlahnya terus bertambah dari tahun ke tahun, maka kemungkinan besar manager investasi tersebut memang memiliki kinerja yang bagus.

Kenapa? Karena dana kelola menandakan seberapa besar kepercayaan investor pada manager investasi tersebut. Jika jumlahnya makin besar, maka ada banyak investor yang mempercayakan dana investasinya pada manager investasi tersebut.

2. Cek nilai NAB per unit

Bukan hanya dana kelolanya saja, pastikan juga untuk cek grafik dari nilai NAB per unit dari manager investasi reksadana.

Pastikan untuk memilih manager investasi reksadana yang nilai NAB per unitnya terus meningkat dari tahun ke tahun.

Kenapa? Karena peningkatan nilai NAB per unit dari tahun ke tahun ini merupakan indikasi bahwa kinerja manager investasi tersebut cukup bagus.

Dengan makin sering mendapatkan keuntungan, maka secara otomatis nilai NAB per unit dari sebuah manager investasi akan terus meningkat.

3. Cek berapa persentase profit

Sebenarnya dengan cek dana kelola dan juga nilai NAB per unit saja sudah cukup untuk menentukan mana manager investasi terbaik.

Namun untuk lebih melengkapi lagi, anda juga bisa cek berapa persentase profit dari sebuah manager investasi reksadana.

Anda bisa cek profitnya dalam waktu per bulan, per tahun, ataupn per 5 tahun. Jika mayoritas grafik profitnya meningkat, maka sudah pasti manager investasi tersebut termasuk salah satu manager reksadana terbaik.

Rekomendasi Manager Investasi Reksadana Terbaik di Indonesia

Bagi anda yang tidak mau repot-repot melakukan riset sendiri dalam menentukan mana manager investasi reksadana terbaik di Indonesia, anda bisa langsung coba cek beberapa rekomendasi manager investasi reksadana berikut ini:

1. Danareksa Investment Management

Jika anda berbicara mengenai manager investasi reksadana terbaik di Indonesia, maka DIM atau Dana Investment Management adalah salah satunya.

Manager investasi reksadana ini sudah berdiri dan mendapatkan ijin resmi dari OJK sejak tahun 1992. DIM berhasil bertahan dan makin berkembang di masa investasi reksadana belum populer di Indonesia.

Saat ini, DIM sudah mengelola dana investasi lebih dari 19 triliun Rupiah. Dan selain itu, DIM juga memiliki sekitar 30 macam jenis produk reksadana dengan imbal balik yang cukup mengesankan.

2. Schroder Investment Management Indonesia

Selain Danareksa Investment Management, masih ada satu lagi manager investasi reksadana legenda di Indonesia. Manager investasi tersebut adalah Schroder Investment Management Indonesia.

Manager investasi satu ini mulai aktif dan mendapatkan ijin dari OJK sejak tahun 1997. Saat ini, Schroder Investment Management Indonesia sudah mengelola dana investasi lebih dari 46 triliun Rupiah.

Schroder Investment Management Indonesia sendiri juga sudah memiliki sekitar 37 macam produk investasi reksadana dengan imbal balik yang menggiurkan.

Postingan Terkait

Bagaimana? Dari 2 manager investasi reksadana terbaik di Indonesia tersebut saja, setidaknya anda sudah memiliki sekitar 67 pilihan produk investasi reksadana bukan?