Reksadana Untuk Mahasiswa, Apa Saja Manfaatnya?

Diposting pada

Jika berbicara soal investasi reksadana, yang paling sering berinvestasi biasanya adalah karyawan maupun wirausahawan. Padahal, investasi reksadana untuk mahasiswa itu juga menguntungkan.

Namun sayangnya, belum banyak mahasiswa yang melek dengan investasi. Padahal jika seorang mahasiswa bisa mulai disiplin berinvestasi sejak usia dini, maka mereka bisa mendapatkan imbal balik yang lebih besar.

Selain bisa mendapatkan imbal balik yang sangat besar, sebenarnya disiplin berinvestasi reksadana untuk mahasiswa juga bisa memberikan banyak manfaat lain.

Lalu apa sajakah manfaat dari berinvestasi reksadana untuk mahasiswa itu? Jika anda ingin mengetahui mengenai hal tersebut, anda bisa baca penjelasan lengkap mengenai hal tersebut di artikel ini.

Beragam Manfaat Berinvestasi Reksadana Untuk Mahasiswa

Reksadana Untuk Mahasiswa

Seperti yang sudah disebutkan, berinvestasi reksadana untuk mahasiswa itu memang ada banyak manfaatnya.

Lalu apa manfaatnya? Berikut ini merupakan beberapa manfaat yang bisa dirasakan langsung oleh mahasiswa yang mau mencoba berinvestasi reksadana:

1. Berinvestasi reksadana untuk mahasiswa bisa mengajarkan lebih hemat

Manfaat pertama dari berinvestasi reksadana untuk mahasiswa adalah bisa mengajarkan untuk lebih berhemat.

Dengan mulai berinvestasi saat menjadi mahasiswa, tentunya anda bisa mengontrol diri agar tidak menghambur-hamburkan uang untuk tujuan yang tidak penting.

2. Mengetahui pentingnya memiliki investasi sejak usia dini

Ketika anda bisa berinvestasi reksadana sejak duduk di bangku kuliah, maka itu artinya secara tidak langsung anda sudah belajar mengenai pentingnya memiliki investasi.

Jadi ketika anda sudah bekerja nanti, maka anda sudah bisa langsung meningkatkan anggaran untuk investasi setiap bulannya.

Postingan Terkait

3. Meningkatkan semangat untuk mendapatkan penghasilan lebih banyak

Manfaat lain dari berinvestasi reksadana untuk mahasiswa adalah agar anda bisa lebih bersemangat untuk mendapatkan penghasilan lebih banyak lagi.

Kenapa anda harus mendapatkan penghasilan lebih banyak lagi? Hal tersebut agar anda bisa menambah anggaran investasi setiap bulannya.

4. Belajar mengatur penggunaan uang

Manfaat berikutnya dari berinvestasi untuk mahasiswa adalah agar anda bisa belajar mengatur penggunaan uang.

Ketika anda sudah berkomitmen untuk berinvestasi reksadana, maka anda harus mengalokasikan dana setiap bulan untuk membayar pembelian investasi reksadana.

Secara tidak langsung, anda sudah belajar mengatur penggunaan uang agar anda bisa terus berinvestasi setiap bulannya.

Tips Agar Bisa Disiplin Investasi Reksadana Untuk Mahasiswa

Meskipun memang ada banyak manfaat yang bisa anda dapatkan dari berinvestasi reksadana saat masih menjadi mahasiswa, hal tersebut sebenarnya juga tidak mudah untuk anda lakukan.

Ada banyak sekali kendala agar anda bisa terus disiplin dalam berinvestasi reksadana selama masih menjadi mahasiswa.

Lalu bagaimanakah caranya agar bisa terus disiplin berinvestasi reksadana? Berikut ini adalah beberapa tips agar bisa terus disiplin investasi bagi mahasiswa:

1. Bergabung dengan komunitas yang satu visi dan misi

Bila anda ingin bisa terus menjaga kedisiplinan diri dalam berinvestasi reksadana selama masih menjadi mahasiswa, maka pastikan untuk bergabung di komunitas yang satu visi dan misi.

Jika anda bergabung dengan komunitas yang tepat, anda tidak hanya bisa menjaga kedisiplinan diri dalam berinvestasi. Namun kemungkinan nilai investasi andapun akan terus meningkat.

2. Belajar lebih efisien dalam mengelola uang

Salah satu alasan kenapa anda bisa tidak disiplin dalam berinvestasi saat menjadi mahasiswa adalah karena belum cukup efisien dalam mengelola keuangan.

Oleh sebab itu, untuk bisa terus menjaga kedisiplinan berinvestasi selama menjadi mahasiswa, pastikan untuk belajar mengelola uang dengan lebih efisien lagi.

Kurangi sebanyak mungkin kegiatan yang hanya menghamburkan uang dan alokasikan dana tersebut untuk berinvestasi.

3. Buat tujuan investasi yang jelas dan terukur

Kenapa banyak orang cukup sering gagal menjaga kedisiplinan dalam berinvestasi? Sebenarnya hal tersebut karena kebanyakan orang tidak membuat tujuan investasi.

Dan jikalaupun membuat, kebanyakan orang membuat tujuan investasi yang tidak jelas dan juga tidak terukur.

Oleh sebab itu, jika ingin bisa tetap disiplin dalam berinvestasi, buatlah tujuan investasi yang jelas serta terukur terlebih dahulu sebelum mulai melakukan investasi.

4. Mulai cari penghasilan tambahan

Tips lain agar bisa tetap disiplin berinvestasi selama menjadi mahasiswa adalah mulailah mencari penghasilan tambahan.

Kenapa anda harus mencari penghasilan tambahan, karena dengan memiliki penghasilan tambahan, maka anda akan memiliki lebih banyak uang untuk dikelola.

Dengan begitu, anda tetap bisa berinvestasi serta tetap bisa menjalankan hobi anda selama masa kuliah.

Namun sekali lagi, anda sebaiknya mulai mencari penghasilan tambahan jika dirasa tidak mengganggu kegiatan belajar di kampus.

Jika memang mencari penghasilan tambahan justru mengganggu kegiatan belajar di kampus, lebih baik urungkan niatan untuk mencari penghasilan tambahan.

Kenapa? Karena tetap tujuan utama anda adalah untuk menimba ilmu terlebih dahulu di kampus.

Tips Memilih Jenis Investasi Reksadana Untuk Mahasiswa

Setelah mengetahui apa saja manfaatnya dan juga bagaimana agar bisa terus konsisten untuk berinvestasi reksadana, selanjutnya apa jenis reksadana yang paling cocok untuk mahasiswa?

Untuk memilih jenis reksadana yang cocok bagi mahasiswa, anda bisa ikuti beberapa tips berikut ini:

1. Untuk tujuan jangka panjang

Jika tujuan investasi reksadana anda memang adalah untuk jangka panjang, maka anda bisa memilih mengalokasikan dana investasi pada reksadana saham atau minimal campuran.

Kenapa? Karena imbal balik dari 2 jenis investasi tersebut cukup besar untuk jangka waktu panjang.

Dan lagi, selama masih menjadi mahasiswa, anda kemungkinan tidak akan mempermasalahkan soal risiko dalam investasi.

2. Untuk tujuan jangka pendek

Namun jika tujuan investasi reksadana anda cukup pendek, maka lebih baik pilih reksadana pasar uang ataupun pendapatan tetap.

Jika untuk jangka pendek, 2 jenis investasi reksadana tersebut jauh lebih menguntungkan daripada jenis saham dan campuran.

Postingan Terkait

Bagaimana? Sekarang sudah cukup paham bukan mengenai manfaat berinvestasi reksadana untuk mahasiswa? Lalu kapan anda akan mulai berinvestasi reksadana?