Syarat Home Credit dan Cara Pengajuan Kredit 2021

Diposting pada

Syarat Home Credit – Home Credit merupakan salah satu perusahaan pembiayaan di Indonesia yang menyediakan layanan pembayaran bagi mereka yang melakukan transaksi pembelian barang. Transaksi ini bisa dilakukan pada toko offline maupun online. Pembelian yang dilakukan pun beragam, mulai peralatan rumah tangga hingga perangkat elektronik.

Dalam fungsinya sebagai sarana pembayaran, Home Credit sebenarnya bekerja layaknya sebuah kartu kredit. Hanya saja, layanan Home Credit digunakan tanpa adanya kartu yang dipegang oleh penggunanya. Fitur inilah yang cukup membantu bagi para pengguna yang tidak memiliki kartu kredit.

Kemudahan yang ditawarkan oleh perusahaan ini menjadikannya pilihan bagi banyak orang. Selain itu, syarat Home Credit yang mudah juga membuat banyak orang memilih untuk membeli barang dengan layanan kredit dari perusahaan ini. Dokumen yang diperlukan hanyalah KTP Elektronik, slip gaji, rekening koran dari rekening pribadi, serta satu dokumen pendukung lainnya.

Pembayaran dengan Home Credit juga sudah dapat dilakukan di berbagai platform e-commerce di Indonesia. Jadi, Anda bisa melakukan transaksi online tanpa harus membayar terlebih dahulu jika sudah terdaftar di Home Credit.

Jika anda berniat untuk mendaftar layanan pembiayaan dari Home Credit, artikel ini akan membahas beberapa syarat Home Credit agar proses pendaftaran anda menjadi lebih mudah.

Cara Pengajuan dan Syarat Home Credit

Syarat Home Credit

Syarat Home Credit

  1. Hanya tersedia bagi Warga Negara Indonesia.
  2. Sudah memiliki KTP Elektronik.
  3. Berusia minimal 21 tahun bagi calon pengguna yang belum menikah.
  4. Berusia minimal 19 tahun bagi calon pengguna yang sudah menikah.
  5. Memiliki pekerjaan serta penghasilan tetap.
  6. Berdomisili di area yang merupakan daerah layanan Home Credit.

Nah, jika dibandingkan dengan perusahaan pembiayaan lainnya, maka dapat dilihat bahwa syarat Home Credit lebih mudah untuk dipenuhi. Hal yang paling penting adalah kepemilikan KTP serta adanya pekerjaan dan penghasilan tetap. Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah melengkapi dokumen di bawah ini.

Dokumen yang Harus Dilengkapi

  1. KTP Elektronik yang merupakan syarat utama.
  2. Dokumen pendukung seperti NPWP, BPJS, SIM, Paspor, Kartu Keluarga, ataupun Struk Pembayaran Listrik.

Kedua dokumen tersebut harus memiliki data pribadi yang sama dan akan mendukung proses verifikasi data menjadi lebih cepat. Jika kedua syarat mudah itu sudah dimiliki, maka Anda pun dengan mudah bisa mulai mendaftar layanan Home Credit. Nantinya, keputusan diterima atau tidaknya data Anda untuk mendapatkan limit Home Credit akan ditentukan oleh pihak Home Credit.

Cara Pengajuan Home Credit

  1. Kunjungi toko yang merupakan mitra Home Credit yang ada disekitar alamat domisili Anda. Toko-toko ini biasanya akan menampilkan logo Home Credit pada bagian depan toko mereka. Anda juga dapat menanyakan pihak perusahaan toko mana saja yang sudah menerima pembayaran Home Credit.
  2. Pilih barang yang hendak Anda beli. Usahakan untuk membeli barang yang bisa menghasilkan penghasilan lagi bagi anda agar anda terbantu untuk membayar cicilannya.
  3. Periksa barang tersebut dan perhatikan harga yang ditawarkan. Jika anda memang berniat untuk membelinya, sampaikan kepada pegawai toko bahwa anda ingin mencicil barang tersebut dengan menggunakan Home Credit. Pihak toko akan memberitahukan anda nominal uang muka serta besaran cicilan dan periode cicilan Home Credit. Detail transaksi seperti ini juga bisa Anda lihat pada aplikasi di bagian simulasi Home Credit.
  4. Jika jumlah nominal uang muka dan cicilan yang ditawarkan sudah sesuai dengan simulasi yang ada, maka serahkan dokumen pribadi Anda agar pihak toko dapat memulai proses pengajuan kredit. Tetap perhatikan dokumen anda selama proses pengajuan agar data-data Anda tidak disalahgunakan oleh pihak lain.
  5. Proses pengajuan biasanya akan memakan waktu sekitar 30 menit. Jika dokumen Anda sudah sesuai dan pengajuan anda diterima, maka barang yang Anda beli sudah bisa Anda bawa pulang.
  6. Pihak sales juga akan memberitahukan anda mengenai informasi cicilan serta perjanjian pembiayaan. Syarat Home Credit ini dibutuhkan agar Anda mengerti seberapa besar nominal yang harus dibayarkan setiap bulannya.
  7. Bawa pulang barang yang anda beli setelah menyerahkan uang muka sesuai dengan nominal yang sudah ditentukan. Selanjutnya, Anda tinggal membuat rencana finansial untuk membayar kembali cicilan barang anda.

Pengajuan Home Credit memang terbilang lebih mudah dibandingkan dengan perusahaan pembiayaan sejenis. Ini karena perusahaan tidak melakukan survey terlebih dahulu terhadap calon penggunanya. Selain itu, proses yang cepat juga memungkinkan Anda untuk membawa pulang barang impian hanya dalam beberapa menit saja. Tentunya semua kemudahan tersebut bisa didapatkan jika syarat dokumen sudah dipenuhi.

Lalu, jika tidak adanya survey dari proses pembiayaan Home Credit, bagaimana pihak perusahaan menentukan kelayakan pengguna? Proses yang digunakan dalam hal ini adalah BI checking, dimana data pengguna akan dicek dengan riwayat BI checking. Jika riwayat baik, maka proses pembiayaan akan diberikan oleh perusahaan.

Pengalaman dari pengguna lain mengatakan bahwa proses pengajuan pembiayaan hanya memakan waktu sekitar 30 menit, asal syarat dokumen bisa dipenuhi secara komplit. Jangka waktu dan besaran cicilan juga bisa ditentukan sesuai dengan kemampuan bayar penggunanya. Bunga Home Credit juga tergolong rendah jika dibandingkan dengan layanan pembiayaan lain.

Jadi, Anda tidak perlu ragu untuk menggunakan layanan Home Credit jika memang membutuhkannya dan merasa mampu untuk membayar kembali cicilannya. Penuhi saja syarat Home Credit yang dibutuhkan, dan Anda langsung bisa menikmati barang impian Anda.