Syarat Membuat Kartu Kredit BCA dan Prosedur Pembuatan 2021

Diposting pada

Ketika menggunakan layanan bank, tentu Anda akan disarankan untuk menggunakan kartu kredit. Untuk Bank BCA, syarat membuat kartu kredit BCA tidak begitu sulit, Anda sebagai nasabah bisa melengkapinya dengan mudah.

Kartu kredit berbeda dengan debit, jenis kartu ini digunakan untuk bertransaksi dalam bentuk cicilan. Jadi, nasabah bisa lebih mudah dalam bertransaksi dengan pemakaian kartu kredit dibandingkan dengan debit.

Pemakaian kartu kredit sudah umum dipakai di Indonesia, tidak hanya bank BCA saja yang menyediakannya, bank lain juga menyediakan layanan tersebut. Menggunakan kartu kredit memiliki banyak keuntungan, namun sebelum membuatnya Anda perlu tahu syarat membuat kartu kredit BCA,

Cara dan Syarat Membuat Kartu Kredit BCA

Syarat Kartu Kredit BCA

Berikut adalah beberapa tahapan yang perlu Anda lakukan jika hendak membuat kartu kredit, khususnya bank BCA. Lakukan dengan benar sesuai prosedur agar tidak menyulitkan Anda di kemudian hari.

Namun sebelum itu, ada baiknya mengetahui jenis keuntungan yang akan didapatkan dengan pemakaian kartu kredit BCA ini, diantaranya adalah:

1. Real Time Online Payment

Apabila Anda menggunakan layanan BCA mobile atau Klik BCA pada kartu kredit yang Anda miliki, secara otomatis limit saldo yang dimiliki akan bertambah. Meski Anda melakukan transaksi tersebut di hari kantor sedang libur.

Selain syarat membuat kartu kredit BCA, ketika menggunakan kartu kredit Anda juga tidak dikenai dengan biaya admin. Dengan begitu Anda bisa lebih mudah melakukan berbagai transaksi tanpa khawatir mengenai biaya admin bulanan.

2. Bebas Biaya Iuran Tahunan

Berikutnya adalah keuntungan bahwa Anda tidak perlu melakukan biaya iuran tahunan. Seperti yang diketahui, biasanya penggunaan kartu kredit akan dibarengi dengan biaya untuk melakukan iuran tahunan. Berbeda dengan bank BCA, mereka membebaskan nasabah atas kewajiban tersebut.

Namun ada syarat yang harus dipenuhi oleh pihak nasabah untuk mendapatkan layanan tersebut, yakni menggunakan kartu kredit sebanyak 30 persen setiap bulannya. Jika kurang, tentunya Anda tidak bisa memanfaatkan fitur layanan tersebut.

3. Pelayanan Asuransi

Ketika hendak membuat kartu kredit, syarat kartu kredit BCA dan prosesnya tidak begitu sulit. Bahkan dalam proses pembuatanya, Anda akan mendapatkan penjelasan dari CS bahwa Anda sudah mendapatkan pelayanan asuransi.

Asuransi yang didapatkan adalah perlindungan kecelakaan dengan jumlah dan nilai yang disesuaikan dengan jenis kartu kredit. Jadi untuk jenis kartu kredit tertentu, nilainya lebih besar dibandingkan dengan jenis yang lain.

4. Jaringan yang Luas

Di Indonesia Bank BCA merupakan bank yang besar dan memberikan kemudahan dalam bertransaksi di merchant dan cabangnya. Terdapat sekitar 6500 merchan yang bekerja sama dengan bank ini, serta 1200 kantor cabang yang memberikan pelayanan kepada nasabah.

Dengan banyaknya cabang tersebut, maka proses pembuatan kartu kredit, berikut dengan berbagai transaksi dapat dilakukan dengan mudah. Beberapa pilihan layanan lain, seperti penggunaan ATM, aplikasi Klik BCA hingga BCA mobile juga bisa Anda gunakan.

5. BCA Kredit Life

Syarat membuat kartu kredit BCA yang mudah membuat banyak orang tertarik untuk menggunakannya. Anda juga akan mendapatkan keuntungan berupa premi 0,4 persen dari saldo tagihan yang Anda miliki. Penggunaan premi tersebut diatur dalam BCA Kredit Life.

Apabila Anda menggunakan layanan tersebut, maka Anda bisa mendapatkan perlindungan atas tagihan yang dibebankan kepada Anda apabila sedang berada dalam masalah finansial. Misalnya, kematian anggota keluarga atau Anda sedang sakit, keuntungan premi 0,4 persen yang Anda miliki akan digunakan untuk membayarnya.

Jenis-Jenis Kartu Kredit BCA

Jenis-Jenis Kartu Kredit BCA

Ada beberapa jenis kartu kredit yang bisa dipilih oleh nasabah Bank BCA. Setiap kartu kredit bisa disesuaikan dengan pendapatan bulanan ataupun kebutuhan yang Anda miliki, diantara jenis kartu kredit tersebut adalah:

1. BCA Card

Untuk jenis BCA Card, terbagi kembali dalam beberapa jenis, yakni:

  • BCA Everyday Card yang memiliki biaya tahun sebesar 125 ribu rupiah, limit karu yang Anda miliki adalah 3 juta rupiah.
  • BCA Card Platinum, merupakan kartu kredit dengan syarat kartu kredit BCA yang mudah. Ia juga memiliki biaya tahunan sebesar 25 ribu rupiah dengan limit kartu kredit sebesar 20 juta rupiah.
  • BCA Card Indomaret, merupakan kartu kredit khusus dengan limit kartu 3 juta rupiah dan biaya tahuan 125 ribu rupiah.

2. BCA Mastercard

Untuk BCA Mastercard, ia juga dibagi dalam beberapa pilihan, diantaranya adalah:

  • BCA Mastercard Platinum, yang memiliki biaya tahunan 450 ribu rupiah dan limit sebesar 20 juta rupiah.
  • Selanjutnya adalah BCA Mastercard Black, yang bebas biasa tahunan dengan limit penggunaan 20 juta rupiah.
  • BCA Mastercard Matahari, dengan biaya tahunan 125 ribu dan syarat kartu kredit BCA yang ringkas. Limit yang bisa digunakan nasabah adalah 3 juta rupiah.

3. BCA Visa Card

Terbagi pula dalam beberapa jenis, yakni:

  • BCA Visa Batman, yang biaya tahunannya 125 ribu rupiah dengan limit 3 juta rupiah.
  • BCA Visa Black, dengan biaya tahunan 450 ribu rupiah dan limit 20 juta rupiah.
  • BCA Visa Platinum, dengan biaya tahunan 450 ribu rupiah dan limit pemakaian 20 juta rupiah.
  • BCA Singapore Airlines KrisFlyer Visa Siganture, biaya tahunan yang dibebankan adalah 500 ribu, dengan limit 20 juta rupiah.
  • BCA Singapore Airlines PPS Club Visa Infiniter, biaya tahunan yang dibebankan adalah 1 juta rupiah dengan limit kartu 49 juta rupiah.

Syarat Membuat Kartu Kredit BCA

Syarat Membuat Kartu Kredit BCA

Berikut ini adalah syarat membuat kartu kredit BCA untuk nasabahnya, dengan rincian:

  • Dokumen fotokopi untuk KTP dan NPWP.
  • Fotokopi buku rekening yang dimiliki selama 3 bulan terakhir.
  • Slip gaji yang dimiliki atau surat penghasilan dari perusahaan tempat bekerja.
  • Memenuhi batas usia minimal, yakni 21 tahun atau telah menikah. Sedangkan batasan maksimal umurnya adalah 65 tahun.
  • Batas usia kartu tambahan yang diperbolehkan adalah 17 tahun, dengan tidak ada batas maksimal umur.
  • Pendapatan minimum bulanannya adalah 3 juta rupiah, dengan syarat kartu kredit BCA dapat dibuktikan melalui surat slip gaji, bukti setoran pajak atau mutasi gaji di rekening BCA atau bank lain.

Untuk Anda yang bekerja sebagai ibu rumah tangga, professional, maupun WNA,  tetap bisa membuat kartu kredit di Bank BCA, namun terdapat dokumen tambahan yang harus Anda lengkapi. Inilah syarat membuat kartu kredit BCA untuk nasabah dengan pekerjaan khusus.

Persyaratan Dokumen Khusus

Karyawan

  • Kartu identitas, bisa berupa paspor atau KTP.
  • Fotocopi keterangan penghasilan per bulan, baik berupa slip gaji atau surat keterangan penghasilan dari perusahaan tempat Anda bekerja. Anda juga diperbolehkan menggunakan SPT Pajak.

Pengusaha, Pensiunan atau Ibu Rumah Tangga

  • Kartu identitas yang dimiliki, baik berupa paspor maupun KTP.
  • Fotokopi rekening koran, bisa juga buku tabungan 3 bulan terakhir atau SPT Pajak. Bisa juga menggunakan rekening koran atau billyet deposito yang mungkin dimiliki nasabah.
  • Syarat kartu kredit BCA selanjutnya adalah fotokopi akta pendirian perusahaan yang dimiliki.

Professional

  • Kartu identitas yang dimiliki, bisa berupa KTP atau paspor, pastikan masih berlaku.
  • Fotokopi keterangan izin untuk paktek, SPT Pajak atau rekening selama 3 bulan terakhir.

WNA (Warga Negara Asing)

  • Kartu identitas yang dimiliki, baik berupa paspor maupun KTP.
  • Syarat membuat kartu kredit BCA untuk WNA selanjutnya adalah fotokopi KITAS yang masih aktif.
  • Fotokopi keterangan pendapatan yang dimiliki, bisa juga menggunakan slip gaji atau keterangan penghasilan dari perusahaan atau SPT Pajak.

Ada kemungkinan syarat tersebut berubah apabila ada ketetapan khusus. Anda bisa mengetahuinya lebih lanjut dengan menghubungi HAL BCA di 1500888 atau mengunjungi website berikut ini www.bca.co.id/id/Syarat-dan-Ketentuan/kartu-kredit.

Prosedur Pembuatan Kartu Kredit BCA

Syarat Buat Kartu Kredit BCA

Ada dua cara untuk membuat kartu kredit di BCA, yakni dengan cara daring atau dengan datang langsung ke kantor cabang. Agar lebih mudah, sebaiknya Anda menggunakan cara kedua karena akan dibantu langsung oleh CS BCA.

Sebelum membuat kartu kredit ini, ada baiknya Anda sudah melengkapi syarat buat kartu kredit BCA yang telah dijelaskan sebelumnya. Dengan begitu, setiba Anda di kantor cabang, Anda sudah membawa dokumen yang diperlukan.

  1. Datang ke kantor cabang sambil membawa semua syarat yang dibutuhkan untuk membuat kartu kredit.
  2. Ambil nomor antrian dan tunggu, jika sudah terpanggil silahkan datang ke CS dan katakan hendak membuat kartu kredit.
  3. CS akan menjelaskan mengenai kartu kredit BCA dan syarat membuat kartu kredit BCA dan jenis-jenis kartu kredit yang bisa Anda pilih.
  4. CS akan memberikan formulir untuk diisi, isikan sesuai data yang dimiliki dan pilih kartu kredit yang diinginkan.
  5. Jika sudah, lengkapi dokumen yang diminta, dengan rincian dokumen sebagai berikut:
    • Usia minimal 21 tahun, dibuktikan dengan fotokopi KTP.
    • Mencantumkan slip gaji, serta fotokopi rekening 3 bulan terakhir.
    • Melampirkan NPWP yang dimiliki.
    • Memiliki rekening BCA dan tidak termasuk dalam nasabah yang di blacklist oleh Bank Indonesia.
    • Tidak termasuk sebagai nasabah yang di blacklist oleh Asosiasi Kartu Kredit Indonesia.
  6. Jika semua syarat buat kartu kredit BCA telah terpenuhi, Anda bisa memproses pembuatan kartu kredit tersebut. Dari proses pengajuan hingga penyelesaian pembuatan kartu, waktu yang dibutuhkan sekitar satu minggu hari kerja.

Demikianlah syarat membuat kartu kredit BCA, keuntungan yang didapatkan serta jenis yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Dengan informasi tersebut, sebagai nasabah BCA semoga Anda bisa menambah pengetahuan terkait dengan proses pembuatan kartu kredit, sehingga tidak kesulitan jika hendak membuatnya dalam waktu dekat.