Cara Membuat Jaringan 4G Sendiri untuk Telkomsel, XL dan Indosat

Cara Membuat Jaringan 4G Sendiri untuk Telkomsel, XL dan Indosat

Sinyal 4G memberikan jaringan yang kuat sehingga banyak yang ingin menggunakannya. Ada beberapa cara membuat jaringan 4G sendiri yang mudah untuk dilakukan.

Cara membuat jaringan 4G sendiri diperlukan apabila Anda ingin mendapatkan sinyal yang baik dan cepat. Sayangnya tidak semua wilayah memadai jaringan tersebut. Sinyal 4G hanya bisa ditemui di perkotaan atau tempat dengan padat penduduk. Banyak keunggulan yang bisa didapatkan dengan menggunakan 4G sehingga banyak orang ingin menggunakannya.

Cara Membuat Jaringan 4G Sendiri untuk Telkomsel


Bagi wilayah yang tidak mendapatkan sinyal 4G, terpaksa menggunakan sinyal 3G atau H+. Apabila dipaksakan menggunakan 4G, maka jaringan akan melambat dan susah untuk mendapatkan jaringan tersebut. Hal ini berlaku pada semua kartu penyedia jaringan di Indonesia. Namun, hal ini bisa diatasi dengan menerapkan cara upgrade jaringan 4G dengan mudah.

Indonesia memiliki kartu penyedia jaringan seperti Telkomsel, Indosat, XL, dan Tri. Cara setiap kartu penyedia jaringan berbeda. Berikut contoh cara-cara yang bisa dilakukan pada Telkomsel.

1. Dapatkan PIN pada SIM Card lama

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendapatkan PIN dari SIM card lama. Caranya dilakukan dengan membuka dial phone. Hubungi *888*46#, lalu OK atau telepon. Pada pop up selanjutnya pilih opsi Dapatkan Token/PIN. Selanjutnya, masukkan nomor dari kartu upgrade 4G Anda yang akan digunakan.

Konfirmasi nomor yang telah Anda masukkan dengan memilih Ya. Cara membuat jaringan 4G sendiri pada langkah selanjutnya adalah mencatat PIN yang muncul. Anda bisa langsung copy-paste atau mencatat di kertas lain.

2. Upgrade ke SIM Card baru

Ganti nomor Anda dengan kartu upgrade 4G. Jangan lupa untuk registrasi kartu tersebut sebelum dapat digunakan. Registrasi kartu dengan mengirim SMS ke 4444. Masuk ke dial phone dan tuliskan *888*46#. Klik OK atau call untuk masuk dalam menu pengaturan nomor.

Pada pop up selanjutnya dalam cara membuat jaringan 4G sendiri, pilih opsi untuk Uprade kartu 4G. Setelah memilih opsi tersebut, akan muncul konfirmasi berupa persetujuan untuk menonaktifkan nomor kartu sebelumnya. Pop up tersebut akan menginformasikan bahwa pulsa dan data akan nonaktif. Pilih opsi Ya untuk melanjutkan.

Anda akan dimintai data mengenai kartu yang Anda gunakan sebelumnya. Masukkan nomor lama yang telah Anda nonaktifkan. Bersamaan dengan itu, masukkan PIN yang sebelumnya telah Anda peroleh dan catat. Konfirmasi permintaan Anda dengan memilih opsi Ya.

3. Permintaan selesai

Dengan memilih opsi Ya, artinya Anda telah setuju dengan semua yang ada. Permintaan Anda untuk upgrade ke 4G akan mulai diproses. Apabila proses telah selesai, penyedia jaringan akan mengirimkan notifikasi melalui SMS ke nomor baru. SMS yang masuk menandakan bahwa upgrade 4G Anda telah berhasil.

4. Mengubah pengaturan

Setelah sinyal 4G dapat diakses, langkah dalam cara membuat jaringan 4G sendiri selanjutnya adalah mencobanya. Sinyal 4G dapat dicoba dengan mengubah pengaturan. Masuklah ke menu Pengaturan, lalu pilih Network. Pilih opsi 4G/LTE dengan centang atau mengubah mode yang ada. Pengaturan setiap HP bisa berbeda sehingga Anda dapat menyesuaikan sendiri.

Cara Membuat Jaringan 4G Sendiri untuk XL


Apabila cara sebelumnya khusus untuk Telkomsel, maka cara berikut ini merupakan cara yang dapat diterapkan untuk XL. Berikut uraian langkah-langkah dalam upgrade jaringan 4G.

1. Mencabut SIM Card lama

Langkah yang digunakan dalam cara membuat jaringan 4G sendiri XL tidak jauh berbeda dengan Telkomsel. Cara yang pertama adalah mengakses *123*46# melalui dial phone yang terdapat di menu. Setelah masuk ke menu XL, lakukan sesuai instruksi yang ada. Selanjutnya Anda dapat langsung mencabut SIM Card lama.

2. Masukkan SIM Card baru

SIM Card lama dapat diganti dengan SIM Card baru. Biasanya akan muncul notifikasi untuk meminta Anda registrasi nomor baru. Jika tidak ada, Anda dapat mengirimkan registrasi melalui SMS dengan mengirim ke nomor 4444.

3. Akses *123*46#

Proses registrasi telah selesai dilakukan. Langkah selanjutnya adalah mengakses kembali *123*46#. Tetap ikuti instruksi yang tersedia. Anda akan diminta mengisi identitas pribadi. Isilah sesuai dengan identitas asli Anda. Cara membuat jaringan 4G sendiri ini dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja.

4. Restart HP

Langkah terakhir setelah proses pengubahan kartu dan registrasi selesai, restartlah HP Anda. Restart HP berfungsi untuk mengaplikasikan perubahan yang sebelumnya dilakukan. Saat sudah menyala lagi, artu 4G Anda telah dapat digunakan untuk berkegiatan sehari-hari.

Cara Membuat Jaringan 4G Sendiri untuk Indosat


Indosat juga memiliki cara khusus untuk mengubah jaringan 3G menjadi 4G. Perbedaan cara yang ada pada kartu Indosat adalah Anda harus pergi ke Gerai Indosat. Kartu 4G khusus untuk upgrade tidak diperjualbelikan secara bebas. Berikut cara untuk aktivasi kartu tersebut.

1. Mengirim SMS

Cara membuat jaringan 4G sendiri yang digunakan oleh Indosat bukanlah melalui dial phone, melainkan mengirim SMS. Untuk mengganti SIM Card lama dengan baru, kirimlah SMS berisi “GANTI” ke nomor 4949. Pengiriman SMS dilakukan ketika Anda masih menggunakan SIM Card lama. Operator akan membalas dengan PIN berupa 6 digit angka. Catat PIN ini di tempat lain.

2. Ganti dengan SIM Card baru

Cabut SIM Card lama dan ganti dengan SIM Card baru. Setelah HP aktif dengan SIM Card baru, dial *4949# lalu klik OK atau call. Tunggu beberapa saat. Pada pop up selanjutnya, masukkan PIN yang sebelumnya telah didapatkan.

3. Proses selesai

Setelah memasukkan PIN, operator akan memulai proses. Anda akan mendapatkan SMS notifikasi dalam 10-15 menit.

Cara Membuat Jaringan 4G Sendiri tanpa Mengubah SIM Card


Terdapat cara lain yang bisa Anda terapkan untuk mendapatkan jaringan 4G sendiri jika Anda tidak ingin menerapkan cara di atas. Berikut opsi lain yang bisa Anda coba agar bisa menggunakan jaringan 4G sendiri.

1. Menggunakan penguat sinyal

Banyak toko perangkat HP yang menyediakan penguat sinyal. Perangkat ini dapat digunakan untuk menguatkan sinyal apabila Anda menggunakan sinyal 4G di wilayah yang tidak menyediakan jaringan ini. Anda dapat meminta rekomendasi mengenai perangkat yang dapat digunakan. Beberapa toko menyediakan repeater atau antena untuk HP.

Cara membuat jaringan 4G sendiri ini juga dapat dilakukan dengan memasang aplikasi di HP. Aplikasi penguat sinyal dapat diperoleh melalui Google PlayStore. Ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk mendapatkan sinyal yang lebih kuat. Anda bisa mencoba salah satu alternatif yang ada.

2. Menggunakan modem WiFi

Cara membuat jaringan 4G sendiri lain yang dapat dilakukan adalah menggunakan modem. Jaringan yang digunakan oleh modem biasanya lebih kuat dibandingkan HP. Anda dapat menggunakan modem khusus untuk rumah atau memilih modem portabel yang dapat digunakan sewaktu-waktu.

Saat ini harga modem sangat terjangkau. Jika memilih modem untuk rumah, Anda dapat menghubungi Telkom atau penyedia jaringan internet melalui WiFi lainnya. Jika Anda memilih WiFi portabel, Anda dapat membeli perangkatnya sekaligus kartu penyedia jaringannya.

Cara membuat jaringan 4G sendiri tersebut dapat diterapkan sesuai dengan kartu yang digunakan. Anda juga bisa menggunakan cara yang tidak berhubungan dengan kartu penyedia jaringan. Pilihlah salah satu cara yang Anda anggap paling mudah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel