Asuransi Intra Asia, Jenis Produk dan Cara Klaim

Diposting pada

Asuransi Intra Asia bukanlah perusahaan baru. Perusahaan asuransi umum ini sudah berdiri sejak tahun 1988. Hanya saja, awalnya perusahaan tersebut tidak bernama Intra Asia.

Setelah beberapa kali berganti nama, akhirnya pada tahun 1999, perusahaan asuransi tersebut berganti nama menjadi Intra Asia.

Sebagai perusahaan asuransi umum, Intra Asia menyediakan beberapa macam jenis produk perlindungan seperti perlindungan untuk kendaraan bermotor, perlindungan rangka kapal, perlindungan perjalanan, dan masih banyak lagi.

Namun dari sekian banyak produk yang perusahaan miliki, yang paling banyak peminatnya adalah produk asuransi kendaraan bermotornya.

Lalu kenapa asuransi kendaraan bermotor perusahaan ini bisa lebih laris dari produk lainnya? Apa Keunggulannya? Bagi anda yang ingin mengetahui tentang hal tersebut, anda bisa cek selengkapnya di artikel ini.

Kenapa Asuransi Kendaraan Bermotor Intra Asia Laris Manis?

Asuransi Intra Asia

Sebenarnya ada cukup banyak perusahaan asuransi yang menawarkan produk perlindungan kendaraan bermotor. Salah satunya adalah Intra Asia ini.

Lalu kenapa produk perlindungan kendaraan bermotor dari Intra Asia ini begitu banyak peminatnya? Apa saja keunggulan produknya? Berikut ini adalah beberapa keunggulannya:

1. Jenis perlindungan asuransi kendaraan bermotor Intra Asia cukup lengkap

Keunggulan pertama yang membuat banyak orang tertarik untuk membeli polis asuransi kendaraan bermotor dari perusahaan ini adalah karena perlindungannya cukup lengkap.

Beberapa macam perlindungan yang bisa anda dapatkan adalah seperti berikut ini:

  • Sambaran petir
  • Kebakaran
  • Kecelakaan saat menyebrang dengan kapal feri
  • Tabrakan
  • Kerusakan akibat tindak kejahatan orang lain
  • Pencurian

Jadi dengan membeli satu polis asuransi saja, anda sudah bisa memberikan semua perlindungan tersebut pada kendaraan anda.

2. Masih menyediakan produk perlindungan perluasan

Jika anda masih merasa kurang puas dengan perlindungan yang bisa anda dapatkan dari polis asuransi utama, maka anda juga masih bisa membeli polis perlindungan perluasan.

Ada cukup banyak tambahan perlindungan yang bisa anda dapatkan dengan membeli polis perluasan tersebut. Beberapa perlindungan tambahannya adalah seperti:

  • Angin topan
  • Tsunami
  • Gempa bumi
  • Huru hara
  • Tuntutan dari pihak ketiga

Masih ada cukup banyak perlindungan tambahan yang bisa anda dapatkan. Yang disebutkan diatas hanyalah sebagian saja.

3. Premi polis asuransi Intra Asia yang cukup terjangkau

Hal lain yang juga membuat banyak orang tertarik untuk membeli polis asuransi kendaraan bermotor dari perusahaan ini adalah karena preminya.

Intra Asia memang terkenal mampu memberikan premi-premi yang sangat terjangkau bagi nasabahnya.

Untuk bisa mendapatkan polis asuransi All Risk, anda hanya perlu membayar premi sebesar 200 ribuan saja per bulan. Jika anda hanya memilih asuransi TLO, anda hanya perlu membayar premi sebesar 30 ribuan saja per bulannya.

Namun meskipun preminya sangat terjangkau, perlindungan yang anda dapatkan sudah sangat memadai, terutama jika anda memilih asuransi All Risk.

Jenis Produk Asuransi Kendaraan Bermotor Intra Asia

Setelah mengetahui apa saja keunggulan dari asuransi kendaraan bermotor dari Intra Asia, lalu apa sajakah produk perlindungannya?

Berikut ini adalah beberapa macam produk perlindungan kendaraan bermotor dari Intra Asia:

1. Asuransi Intra Asia Comprehensive (All Risk)

Produk perlindungan kendaraan bermotor pertama dari Intra Asia adalah Comprehensive atau All Risk.

Produk pertama ini bisa dikatakan sebagai produk perlindungan yang paling lengkap. Di dalamnya terdapat perlindungan untuk berbagai macam kondisi seperti:

  • Penggantian kerugian kerusakan akibat sambaran petir dan juga kebakaran.
  • Pertanggungan kerusakan yang terjadi ketika menyebrang menggunakan kapal feri.
  • Mendapatkan penggantian kerusakan yang terjadi akibat tabrakan, tergelincir, maupun benturan.
  • Juga akan memberikan pertanggungan kerusakan akibat kejahatan orang lain.

Selain itu semua, asuransi Comprehensive ini juga akan memberikan perlindungan dan penggantian akibat pencurian.

2. Asuransi Intra Asia Total Loss Only

Bagi anda yang tidak begitu membutuhkan perlindungan yang terlalu banyak, anda bisa memilih membeli polis asuransi Total Loss Only.

Total Loss Only hanya akan memberikan perlindungan pada kerusakan-kerusakan yang benar-benar parah saja. Biasanya hanya kerusakan sebesar 75% dari nilai kendaraan yang anda asuransikan yang akan mendapatkan penggantian.

Selain itu, Total Loss Only juga sudah memberikan perlindungan untuk kehilangan kendaraan bermotor karena pencurian.

3. Asuransi Perluasan

Khusus untuk anda yang masih merasa kurang mendapatkan perlindungan ketika membeli polis comprehensive ataupun TLO, anda bisa menambahkan asuransi perluasan.

Di dalam asuransi perluasan tersebut terdapat cukup banyak perlindungan tambahan yang tidak bisa anda dapatkan dari jenis comprehensive ataupun TLO.

Beberapa macam perlindungan tambahan yang bisa anda dapatkan dari asuransi perluasan ini adalah seperti:

  • Pertanggungan kerusakan yang terjadi akibat angin topan, tsunami, maupun gempa bumi.
  • Menanggung kerusakan akibat huru hara, sabotase, maupun terorisme.
  • Juga memberikan pertanggungan untuk tuntutan dari pihak ketiga.
  • Mendapatkan perlindungan seperti biaya kerugian bagi penumpang maupun pengemudi yang mengalami kecelakaan.

Cara Klaim Asuransi Intra Asia

Setelah mengetahui apa saja jenis polis asuransinya, lalu bagaimanakah cara klaim polis tersebut? Ada cukup banyak metode klaim yang bisa anda gunakan.

Berikut ini adalah beberapa metode klaim yang bisa anda gunakan di perusahaan Intra Asia:

1. Klaim reimbursement

Metode klaim pertama yang paling umum adalah dengan reimbursement. Anda membayar semua biaya dengan menggunakan uang anda terlebih dahulu.

Setelah itu, lakukan klaim dengan menyertakan dokumen polis asuransi plus dengan nota tagihan.

2. Klaim cashless

Metode klaim yang kedua adalah dengan cashless. Hal ini bisa anda lakukan jika anda masuk ke bengkel-bengkel yang bekerjasama dengan perusahaan Intra Asia.

Cara klaim cashless ini cukup mudah yaitu anda hanya perlu menyerahkan saja kartu asuransi kepada bengkel yang bersangkutan.

3. Klaim santunan

Metode klaim yang ketiga adalah klaim santunan. Klaim santunan ini biasanya untuk meminta pertanggungan saat mengalami kecelakaan.

Cara melakukan klaim santunan ini bisa anda lakukan melalui telepon ataupun email. Kirimkan semua dokumen polis asuransi beserta dengan kejadian kecelakaan pada perusahaan.

Bagaimana? Apakah anda juga tertarik untuk membeli polis asuransi Intra Asia juga setelah melihat keunggulan dan jenis produknya?