Asuransi Kebakaran Rumah, Ini Pengertian dan Jenisnya

Diposting pada

Dari sekian banyak jenis asuransi, asuransi kebakaran rumah juga menjadi salah satu jenis asuransi yang tidak begitu banyak peminatnya.

Mayoritas peminat asuransi tersebut hanyalah korporasi ataupun pengusaha saja. Padahal, asuransi kebakaran rumah juga sangat bermanfaat untuk individu.

Minimnya minat orang untuk membeli asuransi kebakaran ini kemungkinan besar terjadi karena belum paham mengenai apa manfaat dari asuransi tersebut.

Bagaimana dengan anda? Apakah anda sudah memiliki rumah dan belum membeli polis kebakaran rumah juga?

Bagi anda yang sampai saat ini belum memiliki polis kebakaran rumah, anda bisa baca terlebih dahulu pengertian dari polis tersebut beserta dengan jenisnya berikut ini.

Apa Maksud dari Asuransi Kebakaran Rumah?

Asuransi Kebakaran Rumah

Sebenarnya apa itu asuransi kebakaran? Maksud dari asuransi tersebut adalah produk yang memberikan perlindungan pada bangunan yang berupa rumah, kantor, ataupun gudang dari risiko kebakaran.

Jadi ketika bangunan yang anda berikan perlindungan sampai terbakar, maka perusahaan asuransi akan memberikan ganti rugi kepada anda.

Terkadang, perusahaan asuransi juga memberikan penggantian termasuk dengan harta benda yang tersimpan di dalam bangunan yang terbakar.

Namun demikian, perusahaan asuransi berhak menolak klaim jika ternyata penyebab kebakaran adalah pemegang polis sendiri.

Macam-Macam Risiko Kebakaran yang Terjamin di Dalam Asuransi

Memang asuransi kebakaran tidak memberikan jaminan penggantian untuk semua hal. Dari sekian banyak risiko penyebab kebakaran, hanya ada beberapa saja yang masuk dalam jaminan perusahaan asuransi.

Berikut adalah beberapa risiko penyebab kebakaran yang menjadi jaminan dari perusahaan asuransi:

1. Kebakaran yang terjadi karena hubungan arus pendek

Jenis penyebab kebakaran pertama yang masuk dalam jaminan perusahaan asuransi adalah hubungan arus pendek atau korsleting listrik.

Jadi jika kebakaran bangunan terjadi karena adanya korsleting listrik, maka semua kerugian tersebut akan masuk kedalam pertanggungan perusahaan asuransi.

2. Kebakaran karena sambaran petir

Selain karena hubungan arus pendek, perusahaan asuransi juga akan memberikan penggantian jika kebakaran terjadi karena sambaran petir.

3. Kebakaran karena kejatuhan pesawat terbang

Faktor lain penyebab kebakaran bangunan yang juga akan mendapatkan penggantian dari perusahaan asuransi adalah karena kejatuhan pesawat terbang.

Jadi jika sebuah rumah yang masuk sebagai obyek perlindungan mengalami kebakaran karena kejatuhan pesawat terbang, maka pemilik berhak mendapatkan penggantian dari perusahaan asuransinya.

Masih ada cukup banyak risiko kebakaran yang mendapatkan jaminan dari perusahaan asuransi. Namun dari sekian banyak, hanya 3 risiko itulah yang paling sering menjadi bahan klaim dari nasabah.

Macam-Macam Jenis Polis Asuransi Kebakaran Rumah

Asuransi kebakaran juga seperti halnya asuransi lain. Di dalam asuransi ini terdapat beberapa macam jenis polis yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan nasabah.

Lalu apa sajakah jenis polis asuransi kebakaran tersebut? Berikut ini adalah beberapa jenisnya:

1. Polis standard asuransi kebakaran Indonesia

Jenis polis yang pertama ini terbagi lagi menjadi 2 macam yaitu polis untuk kebakaran industri dan juga polis untuk kebakaran non industri.

Untuk polis kebakaran industri, perusahaan asuransi akan memberikan penggantian untuk semua kerusakan yang terjadi akibat kebakaran.

Sedangkan untuk non industri, perusahaan asuransi hanya akan memberikan penggantian kerusakan pada harta bergerak dan tidak bergerak di dalam bangunan yang mengalami kebakaran.

2. Polis perhitungan kembali

Jenis polis kebakaran yang kedua adalah polis perhitungan kembali. Asuransi yang menggunakan jenis polis ini akan memberikan penghitungan premi ulang ketika obyek yang terlindungi mengalami kebakaran.

Polis perhitungan kembali ini hanya bisa digunakan untuk memberikan perlindungan pada bangunan khusus seperti toko, gudang, perkebunan, pabrik, tanki untuk menyimpan minyak.

3. Polis mengambang

Jenis polis kebakaran yang ketiga ini sedikit berbeda dari kebanyakan polis asuransi kebakaran rumah.

Polis mengambang ini untuk memberikan perlindungan pada stok barang yang tidak berada di satu lokasi.

Namun demikian, polis mengambang ini tidak bisa memberikan perlindungan pada barang-barang yang berada di kota yang berbeda.

4. Polis asuransi kebakaran rumah penilaian

Jenis polis asuransi kebakaran yang berikutnya adalah polis penilaian. Maksud dari polis penilaian ini adalah pertanggungannya sesuai dengan nilai jual obyek.

Jadi misalkan sebuah rumah memiliki nilai 300 juta rupiah, maka polis asuransi kebakarannya juga maksimal bisa memberikan pertanggungan sebesar 300 juta Rupiah.

Macam-Macam Faktor Penentu Premi Asuransi Kebakaran Rumah

Seperti kebanyakan jenis asuransi, asuransi kebakaran rumah juga memiliki beberapa faktor yang menentukan besar premi dari setiap nasabah.

Berikut adalah beberapa macam faktor yang bisa menentukan besarnya premi dari asuransi kebakaran:

1. Penggunaan dari bangunan

Faktor pertama yang paling menentukan besarnya premi asuransi kebakaran adalah penggunaan bangunan tersebut.

Jika penggunaan bangunan memiliki risiko terbakar lebih besar, maka premi yang harus nasabah bayarkan juga makin besar.

Sebagai contohnya, premi asuransi kebakaran untuk rumah tangga jelas akan jauh lebih kecil nilainya jika anda bandingkan dengan bangunan yang terpakai untuk bengkel.

2. Jarak dengan bangunan lain

Faktor berikutnya yang juga mempengaruhi tinggi rendahnya premi asuransi kebakaran adalah jarak antara bangunan dengan bangunan lain.

Jika bangunan yang anda asuransi berdekatan dengan bangunan lain, maka premi yang harus anda bayarkan makin tinggi.

Kenapa? Karena makin dekat jarak bangunan yang anda miliki dengan bangunan lain akan meningkatkan risiko kebakaran.

3. Level konstruksi bangunan

Faktor terakhir yang menentukan berapa premi asuransi kebakaran adalah level dari konstruksi bangunan itu sendiri.

Semakin bagus level konstruksi bangunannya, maka premi akan makin kecil. Kenapa? Karena level konstruksi yang makin bagus akan memperkecil risiko terjadinya kebakaran.

Bagaimana? Sekarang sudah cukup paham mengenai asuransi kebakaran rumah? Lalu apakah anda tertarik untuk memilih salah satu jenis polisnya?