Asuransi Pendidikan BCA, Kelebihan dan Cara Klaimnya

Diposting pada

Biaya pendidikan memang makin tahun makin meningkat. Oleh sebab itu, anda tidak bisa hanya mengandalkan tabungan pendidikan saja. Selain rutin mengisi tabungan pendidikan, anda sebaiknya juga mulai mengambil polis asuransi pendidikan BCA.

Dengan memiliki tabungan pendidikan serta polis asuransi pendidikan BCA, maka kemungkinan anda akan jauh lebih mudah dalam mencukupi biaya pendidikan buah hati anda di beberapa tahun mendatang.

Masalahnya, sudah taukah anda mengenai apa itu asuransi pendidikan BCA? Sayangnya, memang belum banyak orang paham mengenai apa itu asuransi pendidikan.

Jika anda juga belum paham mengenai hal tersebut, tidak masalah. Anda bisa pelajari terlebih dahulu mengenai apa itu asuransi pendidikan BCA di dalam artikel ini.

Apa Itu Asuransi Pendidikan BCA?

Asuransi Pendidikan BCA

Selama ini, memang produk asuransi yang paling populer di masyarakat Indonesia adalah seperti asuransi kesehatan dan juga asuransi kendaraan bermotor saja.

Tidak banyak memang perusahaan yang menawarkan produk perlindungan pendidikan. BCA pun sebenarnya tidak menawarkan produk ini secara pribadi.

BCA bekerjasama dengan PT AIA Finansial untuk menghadirkan sebuah produk bernama Proteksi Edukasi Maksima. Proteksi Edukasi Maksima tersebut adalah nama produk asuransi pendidikan BCA.

Lalu apa sebenarnya asuransi pendidikan itu? Sebenarnya asuransi pendidikan itu adalah asuransi jiwa yang dapat memenuhi kebutuhan pendidikan jika tertanggung sampai meninggal dunia selama masa perlindungan.

Asuransi pendidikan bernama Proteksi Edukasi Maksima ini memiliki beberapa pilihan jangka waktu yaitu mulai dari 5 tahun hingga 15 tahun.

Dengan terus membayar premi, maka anda akan mendapatkan manfaat pendidikan sebesar 200% dari total uang pertanggungan saat anak tertanggung berusia 18 tahun hingga 21 tahun.

Kelebihan dari Asuransi Pendidikan BCA

Lalu apa sajakah kelebihan dari asuransi pendidikan BCA? Berikut ini merupakan beberapa kelebihan dari asuransi tersebut:

  • Sebagai nasabah, anda memiliki kesempatan untuk mempelajari polis selama 14 hari sebelum menyetujuinya.
  • Mendapatkan manfaat uang pertanggungan hingga 200% atas dana pendidikan.
  • Pembayaran premi sangat fleksibel yaitu bisa 5 tahunan, 10 tahunan, atau 15 tahunan.
  • Bebas pembayaran premi jika tertanggung meninggal dunia ataupun cacat.
  • Terdapat bonus tahunan serta bonus akhir polis.
  • Juga ada asuransi tambahan yang akan memberikan premi jika pemegang polis sampai meninggal dunia ataupun cacat.

Faktor Penentu Besar Premi Asuransi Pendidikan BCA

Sebelum membeli polis asuransi pendidikan BCA, kemungkinan besar sebagian besar dari anda pasti ingin mengetahui berapa besar premi yang harus anda bayarkan.

Ternyata, besaran premi asuransi pendidikan ini bukanlah model premi fix. Secara mudahnya, premi asuransi tersebut berbeda-beda sesuai dengan faktor-faktor penentunya.

Lalu apa sajakah faktor penentu besaran premi asuransi pendidikan tersebut? Berikut merupakan beberapa faktor yang bisa menentukan besarnya premi asuransi pendidikan:

1. Usia tertanggung

Faktor pertama yang akan sangat mempengaruhi besaran premi asuransi pendidikan adalah usia tertanggung.

Makin tua usia tertanggung, maka biasanya akan makin besar premi yang harus anda bayarkan. Kenapa? Karena makin tua usia seseorang, risikonya akan makin tinggi.

Oleh sebab itu, tidak heran jika mereka yang usianya sudah tua harus membayar premi yang lebih tinggi untuk bisa mendapatkan perlindungan.

2. Masa pembayaran premi asuransi pendidikan

Faktor berikutnya yang juga akan sangat mempengaruhi besarnya premi asuransi pendidikan adalah dari masa pembayaran premi itu sendiri.

Makin singkat jangka pembayaran preminya, maka akan makin besar nominal premi yang harus anda bayarkan.

Namun meskipun makin besar nilai premi yang harus anda bayarkan, kewajiban anda sebagai nasabah tertanggung juga akan jauh lebih cepat selesai.

3. Besarnya uang pertanggungan yang anda pilih

Faktor selanjutnya yang juga mempengaruhi besarnya premi dari asuransi pendidikan adalah besaran uang pertanggungan yang anda pilih.

Makin besar uang pertanggungan yang anda pilih, maka akan makin tinggi pula premi yang harus anda bayarkan.

Oleh sebab itu, lebih baik sesuaikan kebutuhan anda ketika memilih besaran uang pertanggungan. Sebisa mungkin jangan memilih uang pertanggungan yang terlalu besar agar premi yang harus anda bayarkan tidak terlalu mahal.

Cara Membeli Polis Asuransi Pendidikan BCA

Setelah mengetahui apa itu asuransi pendidikan, kemungkinan sudah ada beberapa dari anda yang ingin memilikinya untuk mempersiapkan biaya pendidikan anak-anak tercinta.

Lalu bagaimana cara membeli polis asuransi pendidikan tersebut? Berikut ini adalah beberapa cara membeli polis asuransi tersebut:

1. Membeli polis asuransi dari customer care

Cara membeli polis asuransi pendidikan yang pertama adalah melalui customer care dari PT AIA Finansial.

Anda bisa menghubungi pihak customer care tersebut melalui telepon (021) 1500980 ataupun (021) 30001980.

2. Membeli polis asuransi dari marketplace asuransi

Selain bisa anda beli langsung melalui customer care PT AIA Finansial, anda juga bisa membeli polis asuransi pendidikan ini melalui beberapa marketplace asuransi seperti Lifepal ataupun Qoala.

Cara Klaim Asuransi Pendidikan BCA

Sebelum anda membeli sebuah polis asuransi, tentunya anda juga ingin mengetahui bukan mengenai bagaimana cara melakukan klaim pada asuransi tersebut?

Berikut ini adalah cara melakukan klaim untuk asuransi pendidikan:

  1. Kontak customer care dari PT AIA Finansial di nomor (021) 1500980 ataupun (021) 30001980.
  2. Setelah itu, kirimkan dokumen klaim yang lengkap melalui email ataupun ke kantor cabang PT AIA Finansial ataupun BCA.
  3. Anda akan mendapatkan SMS yang menyatakan bahwa dokumen sudah mereka terima.
  4. Tunggu proses analisa klaim hingga selesai.
  5. Jika proses klaim sukses, maka pembayaran klaim tersebut akan masuk langsung di rekening bank tertanggung.

Bagaimana? Sekarang anda sudah cukup paham bukan mengenai apa itu asuransi pendidikan BCA? Kalau anda sendiri, kira-kira berminat untuk mengambil asuransi tersebut dengan jangka berapa tahun?