Cara Kirim Uang Lewat Alfamart dan Cara Mengambil Uangnya

Diposting pada

Jaman digital yang semakin canggih ini memungkinkan setiap orang untuk menggunakan teknologi digital untuk memudahkan aktivitas sehari-harinya. Contoh misalnya untuk mengirim uang kepada orang lain, sudah bisa dilakukan melalui ATM atau mobile banking. Lalu bagaimana jika tidak punya rekening bank dan ATM? Cara kirim uang lewat Alfamart bisa menjadi solusi.

Kalau biasanya Anda ke Alfamart untuk belanja, membayar tagihan listrik, internet dan tagihan bulanan lainnya ataupun untuk melakukan top up uang elektronik, kini Anda juga bisa mengirimkan sejumlah besar uang kepada orang lain.

Cara Kirim Uang Lewat Alfamart

Cara Kirim Uang Lewat Alfamart

Salah satu layanan yang diberikan alfamart adalah mengirim uang tanpa rekening. Anda pengguna layanan Alfamart mungkin juga baru tahu ada layanan ini. Oleh karena itu, sebelum menggunakan layanan ini, Anda harus tahu dulu bagaimana cara kirim uang lewat Alfamart tanpa ATM dan rekening ini. Berikut langkah-langkahnya.

Postingan Terkait

1. Siapkan Data Diri

Langkah pertama kirim uang lewat Alfamart, Anda hrus menyiapkan data diri lebih dulu. Data diri ini adalah persyaratan utama yang dibutuhkan untuk mengirim uang lewat Alfamart. Data diri yang dibutuhkan adalah KTP, SIM atau paspor yang masih aktif atau masih berlaku. Siapkan juga foto copyannya.

2. Datang ke Alfamart Terdekat

Jika sudah langkah selanjutnya untuk kirim uang lewat Alfamart adalah datang ke minimarket Alfamart terdekat dari lokasi Anda. Tidak akan sulit untuk menemukannya, karena minimarket ini sudah tersebar di berbagai penjuru di Indonesia.

Setelah sampai di Alfamart, sampaikan keperluan Anda pada kasir Alfamart. Setelah itu petugas kasir akan membantu proses pengiriman uang yang ingin Anda lakukan. Petugas kasir akan memberikan formulir untuk Anda isi. Isi formulir tersebut dengan data yang dibutuhkan dengan lengkap dan benar.

Jika sudah, berikan lagi formulir yang sudah Anda isi tadi kepada petugas kasir. Biasanya petugas kasir juga akan meminta data diri Anda berupa KTP, SIM atau paspor. Tunjukkan salah satunya jika diminta.

3. Berikan Jumlah Uang yang Akan Dikirimkan

Nah, ini adalah langkah paling penting dari cara kirim uang lewat Alfamart. Untuk mengirim uang lewat Alfamart, Anda harus langsung membawa jumlah uang yang akan dikirim tersebut. Setelah mengisi formulir yang disediakan oleh petugas kasir dan menyerahkan data diri Anda berikutnya Anda serahkan jumlah uang yang akan dikirimkan.

Yang lebih menguntungkan lagi, saat Anda mengirimkan uang lewat Alfamart ini, Anda bisa menggunakan uang pecahan apapun, bahkan receh sekalipun. Nah, untuk jumlah uang yang bisa dikirimkan adalah minimal Rp 10.000 dan maksimal Rp 5.000.000.

4. Pastikan Mendapat Kode MTCN

Setelah pengiriman sudah berhasil, pastikan Anda mendapatkan kode MTCN dari petugas kasir. Kode MTCN ini sendiri merupakan kode penerimaan uang yang harus diberikan kepada Anda sebagai pengirim setelah transaksi berhasil dilakukan. Jika sudah menerima kode MTCN, maka artinya langkah-langkah cara kirim uang lewat Alfamart sudah selesai. Kalau Anda tidak mendapatkan kode ini, Anda harus menanyakannya ke petugas kasir.

Fungsi kode MTCN ini nantinya adalah untuk mencairkan uang yang sudah Anda kirim. Saat mencairkan uang kiriman Anda di Alfamart terdekat, penerima harus menyerahkan kode tersebut. Karena itu jaga baik-baik kode MTCN yang Anda terima, jangan sampai hilang atau diketahui orang lain.

5. Berikan Kode MTCN Kepada Penerima

Anda hanya bisa memberikan kode MTCN pada orang yang bersangkutan yang akan menerima uang tersebut. Apabila yang bersangkutan penerima uang sudah menerima kode MTCN, maka ia bisa mencairkannya di Alfamart terdekat.

Kode MTCN ini memiliki masa berlaku, yaitu hanya 1 bulan. Jadi, usahakan penerima segera mencairkan uangnya sebelum masa berlaku kode habis. Apabila kode MTCN hilang, Anda bisa menghubungi customer service TrueMoney di nomor 08041000100 dengan menunjukkan bukti data-data yang valid.

Cara Mengambil Uang di Alfamart

Cara Mengambil Uang di Alfamart

Nah, setelah mengetahui bagaimana cara kirim uang lewat Alfamart, selanjutnya Anda juga harus tahu bagaimana cara mengambil uangnya. Langkah-langkah mengambil uang di Alfamart juga tidak jauh berbeda dengan langkah-langkah mengirimnya. Anda juga harus membawa dokumen persyaratan berupa KTP, SIM atau paspor. Cara mengambil uang di Aflamart cukup mudah, yaitu sebagai berikut.

1. Dapatkan Kode MTCN dari Pengirim Uang

Sebelumnya dalam penjelasan cara kirim uang lewat Alfamart, pengirim akan menerima kode MTTCN dari kasir Alfamart. Nah, Anda sebagai penerima Anda harus mendapatkan kode tersebut dari pengirim. Itulah kenapa pengirim tidak boleh sampai kehilangan atau memberikan kode tersebut pada orang lain. Kalau kode MTCN hilang, Anda bisa langsung menghubungi bantuan CS TrueMoney di nomor 08041000100 dan tunjukkan bukti data yang dibutuhkan.

2. Perlihatkan Kode MTCN ke Kasir Alfamart

Setelah mendapatkan kode MTCN, datang ke Alfamart terdekat dengan membawa KTP dan kode MTCN tersebut.  Katakan keperluan Anda ke kasir untuk mengambil uang serta serahkan kode MTCN beserta KTP Anda.

3. Isikan Formulir Pengambilan Uang

Langkah berikutnya ini juga sama dengan langkah dari cara kirim uang lewat Alfamart sebelumnya. Anda akan diminta untuk mengisi formulir pengambilan uang. Isikan formulir yang diberikan dengan data Anda yang sebenar-benarnya dan sesuai dengan KTP. Setelah formulir sudah terisi, kembalikan pada petugas kasir untuk diproses.

4. Terima Uang Anda

Terakhir, kasir akan memeriksa data pada formulir pengambilan uang yang sudah Anda isi beserta kode MTCN yang Anda berikan. Jika semua data sudah sesuai dan benar, kasir selanjutnya akan memberikan uang sejumlah nominal yang dikirimkan. Uang tersebut akan Anda terima secara utuh tanpa ada pengurangan untuk biaya administrasi lagi.

Layanan pengiriman uang lewat Alamart ini adalah solusi mengirim dan menerima uang yang mudah dan cepat, meskipun tidak memiliki rekening bank atau ATM. Jadi, masyarakat yang tidak mempunyai rekening di bank pun tetap bisa melakukan transaksi pengiriman dan menerima uang dengan cepat.

Nah, mudah bukan cara kirim uang lewat Alfamart beserta cara mengambil uangnya yang sudah dijelaskan di atas? Alfamart senantiasa memberikan pelayanan yang membantu memudahkan masyarakat, tidak hanya menyediakan barang kebutuhan sehari-hari, bahkan juga menyediakan layanan kirim uang yang tak kalah mudah dan cepat.