30 Cara Transfer BRI ke Mandiri, Biaya dan Kode Transfer 2021

Diposting pada

Banyaknya jenis bank yang ada di Indonesia memang proses transfer menjadi lebih beragam. Salah satunya adalah cara transfer BRI ke Mandiri yang bermanfaat untuk nasabah masing-masing bank, sebab proses transaksi bisa dilakukan dengan lebih mudah.

Kini kehadiran layanan di dalam bank juga sudah semakin canggih, Anda tidak hanya bisa melakukan transfer dan menabung. Kini Anda sudah bisa mendapatkan fitur tambahan seperti mobile banking dan sms banking.

Berbagai fitur tersebut tidak hanya memudahkan transaksi, namun juga memberikan cara yang lebih praktis bagi nasabah untuk melakukan aktivitas ekonomi kepada sesama. Misalnya untuk fitur transfer yang tersedia di ATM atau mobile banking, Anda tidak perlu datang mengantri ke bank.

Berikut ini adalah cara transfer BRI ke Mandiri yang perlu Anda ketahui, baik berupa proses transfer, kode transfer dan lain sebagainya. Semoga beragam fitur di layanan bank memudahkan Anda untuk melakukan transaksi antar bank dengan lebih efisien.

Kode Transfer BRI ke Mandiri

Sebelum melakukan transfer antar bank, Anda harus mengetahui dulu kode yang digunakan oleh bank tersebut secara umum. Ini akan memudahkan proses transfer, sehingga transfer yang dilakukan tidak gagal di tengah jalan.

Setiap bank memiliki kode bank yang berbeda, sehingga penting untuk mengetahui kode tersebut. Anda bisa melihat kode bank dalam cara transfer BRI ke Mandiri yang ada di internet, bisa juga dengan melihat langsung di menu ATM.

Bagi yang belum mengetahui, kode bank untuk Bank Mandiri adalah 008, jadi jika Anda hendak melakukan transfer dari bank BRI ke Mandiri, maka kode tersebut yang akan digunakan. Anda membutuhkan kode tersebut untuk melakukan transfer via ATM, jika menggunakan cara yang berbeda, Anda tidak perlu menggunakan kode tersebut.

Biaya Transfer BRI ke Mandiri

Tidak hanya kode bank yang perlu diketahui dalam transfer BRI ke Mandiri, Anda juga perlu mengetahui berapa biaya transfer BRI ke Mandiri yang diperlukan untuk melakukan transaksi antar bank. Ini juga merupakan hal yang penting, untuk menghindari ternyata saldo yang dimiliki tidak cukup untuk membayar biaya admin.

Jika biaya transfer tidak bisa terpenuhi, maka proses transfer tidak dapat dilakukan. Biaya admin transfer akan dipotong langsung dari rekening yang dimiliki oleh si pengirim, yakni pemilik rekening Bank Bri. Kemungkinan setiap bank memiliki biaya admin yang berbeda, sehingga perlu detail yang lebih rinci. Untuk lebih detail biaya transfer, silahkan lihat tabel di bawah ini.

JENIS TRANSAKSI BIAYA TRANSFER
Transfer Via ATM Link Rp 4.000
Transfer Via Mobile Banking Rp 6.500
Transfer Via SMS Banking Rp 6.500
Transfer Via Internet Banking Rp 6.500
Transfer Via Kliring Rp 5.000
Transfer Via RTGS Rp 25.000

Untuk biaya transfer BRI ke Mandiri misalnya, biaya admin yang dibebankan kepada si pengirim adalah 4 ribu rupiah. Namun biaya tersebut hanya berlaku untuk metode transfer menggunakan ATM yang memiliki logo Link.

Setelah mengetahui biaya dan kode antar bank, maka Anda siap untuk melakukan transfer BRI ke Mandiri. Proses transfer bisa dilakukan dengan berbagai cara, yakni dengan mesin ATM, mobile banking atau SMS banking yang dimiliki oleh nasabah.

Cara Transfer BRI ke Mandiri Lewat ATM

Cara Transfer BRI ke Mandiri Lewat ATM

Cara yang paling sering digunakan untuk mengirimkan dana ke bank lain adalah dengan transfer menggunakan ATM. Ini merupakan cara yang paling mudah dan memiliki banyak keunggulan, salah satunya bisa dilakukan secara mandiri.

Ia juga bisa dilakukan oleh nasabah yang belum memiliki SMS banking maupun internet banking, yang juga merupakan cara lain untuk melakukan transfer. Agar Anda tidak salah dalam melakukan proses dan cara transfer BRI ke Mandiri lewat ATM, berikut adalah panduan yang bisa Anda ikuti.

  • Datang ke gerai ATM terdekat dari rumah atau tempat kerja yang Anda miliki.
  • Masukkan kartu ATM dengan benar di tempatnya, caranya dengan mengikuti panduan stiker yang ditempelkan di mesin ATM.
  • Setelah kartu yang Anda miliki masuk, pilih bahasa yang hendak digunakan. Untuk lebih mudah dalam cara transfer BRI ke Mandiri via ATM, Anda sebaiknya menggunakan bahasa Indonesia. Namun untuk WNA, Anda bisa menggunakan bahasa Inggris.
  • Masukkan enam digit PIN yang Anda miliki, pastikan Anda tidak salah dalam melakukannya karena akan terblokir. Kartu ATM yang terblokir adalah kartu yang salah memasukkan PIN sebanyak 3 kali dalam satu waktu.
  • Setelahnya akan muncul menu berbagai transaksi, pilih “Transaksi Lainnya” untuk memulai proses transfer. Kemudian pilih menu “Transfer“.
  • Lanjutkan dengan memilih menu “Bank Lain“, kemudian masukkan kode bank pengiriman yang hendak dipakai. Untuk bank Mandiri, kodenya adalah 008, kemudian ikuti dengan nomor rekening tujuan.
  • Cara transfer BRI ke Mandiri melalui ATM selanjutnya adalah memasukkan nominal dana transfer yang hendak dikirimkan, kemudian tekan menu “Benar“.
  • Masukkan nomor referensi pada kotak yang disediakan, Anda boleh melewatinya jika tidak memiliki kode referensi.
  • ATM akan menampilkan informasi mengenai pengiriman yang hendak Anda lakukan. Baca informasi tersebut yang merupakan nama rekening dan dana yang hendak dikirimkan.
  • Selanjutnya, cara transfer BRI ke Mandiri lewat ATM adalah menekan menu “Ya” yang berfungsi untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya.
  • Tunggu sampai proses selesai dilakukan, nantinya jika berhasil maka akan keluar slip bukti transfer dari mesin ATM. Jika gagal, maka Anda akan diberi tahu kenapa transaksi tersebut gagal dan Anda harus mengulangnya.
  • Beresi barang yang Anda miliki, cabut kartu dari ATM dan tinggalkan gerai ATM tersebut.

Cara Transfer SMS Banking BRI ke Mandiri

Cara Transfer SMS Banking BRI ke Mandiri

Selain menggunakan mesin ATM, cara transfer BRI ke Mandiri adalah dengan melakukan proses transfer dengan memakai SMS Banking. Namun nasabah yang bisa menggunakannya adalah nasabah yang sudah memiliki fitur dan layanan yang tersebut.

Jika belum memilikinya, maka Anda disarankan untuk datang ke kantor BRI terdekat untuk membuat dan mengaktifkannya. Berikut ini merupakan langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk melakukan transfer BRI ke Mandiri via SMS Banking.

  • Buka ponsel yang Anda gunakan, kemudian pilih menu pesan.
  • Masukkan format transfer ke bank Mandiri, yakni dengan menuliskan: Transfer (spasi) kode bank yang digunakan dan diikuti nomor tujuan (spasi) nominal transfer dan PIN. Contoh cara transfer BRI ke Mandiri lewat SMS Banking adalah: Transfer 00898294295 200000 176876.
  • Apabila format yang Anda masukkan sudah benar, terutama nomor rekening, kode bank dan jumlahnya, kirimkan pesan ke 3300.
  • Tunggu sampai transaksi yang dilakukan berhasil, akan ada notifikasi dan balasan bahwa pengiriman dana via SMS ke Bank Mandiri telah berhasil dilakukan.

Cara Transfer Uang BRI ke Mandiri via Internet Banking

Selain menggunakan SMS banking dan ATM, untuk cara transfer BRI ke Mandiri, Anda bisa menggunakan layanan internet banking. Anda yang belum memiliki layanan ini dianjurkan untuk membuatnya terlebih dahulu di kantor cabang BRI terdekat. Jika sudah mengaktifkannya, Anda bisa menuju situs ib.bri.co.id/ib-bri yang bisa diakses tidak hanya oleh ponsel, namun juga oleh laptop.

Berikut ini merupakan cara transfer BRI ke Mandiri lewat Internet Banking.

  • Buka aplikasi BRI Mobile yang Anda miliki, kemudian pilih menu untuk melakukan “Internet Banking“.Cara Transfer BRI Ke Mandiri Via Internet Banking
  • Lakukan login dengan akun yang sudah aktif dan terverifikasi, kemudian pilih menu untuk melakukan “Transfer“.Transfer BRI Ke Mandiri Via BRI Mobile
  • Cara transfer BRI ke Mandiri melalui Internet Banking selanjutnya adalah memilih menu “Transfer ke Bank Lain“.Transfer Ke Bank Lain BRI Ke Mandiri
  • Klik menu “Rekening” yang tersedia setelahnya.Klik Ke Rekening BRI Ke Mandiri
  • Pada bank tujuan pilih “Mandiri“.Cara Mengirimkan Uang Dari BRI Ke Mandiri
  • Masukkan nomor rekening yang dimiliki, jika sudah tekan “OK“.Nomor Rekening Tujuan BRI Ke Mandiri
  • Masukkan jumlah yang hendak dikirimkan ke rekening tersebut. Klik Jumlah Transfer BRI Ke Mandiri
  • Kemudian Anda diminta mengisi referensi nomor, Anda boleh mengabaikannya.Nomor Referensi BRI Ke Mandiri
  • Klik menu “Kirim” dan proses pengiriman akan dilakukan dengan segera.Kemudian Klik Kirim BRI Ke Mandiri
  • Apabila cara yang Anda lakukan sudah benar, maka akan muncul informasi mengenai rekening tujuan tempat Anda mengirimkan dana.Nama Pemilik Rekening Tujuan BRI Ke Mandiri
  • Jika sudah benar, langkah selanjutnya cara transfer BRI ke Mandiri lewat Internet Bangking adalah dengan memasukkan kode sandi internet banking yang Anda miliki.Password BRI Mobile BRI Ke Mandiri
  • Kemudian tekan menu “Kirim“.Cara Transfer BRI Ke Mandiri Lewat BRI Mobile
  • Akan muncul pemberitahuan bahwa transfer yang dilakukan sudah berhasil, Anda bisa menyimpan bukti dari transfer tersebut otomatis di dalam memori ponsel.Transfer Berhasil BRI Ke Mandiri
  • Lakukan log out di aplikasi internet banking yang Anda miliki.

Kesimpulan

Selain menggunakan ketiga cara diatas, cara lain yang bisa digunakan sebagai media pengiriman dana antar bank adalah datang ke kantor cabang terdekat. Cara transfer BRI ke Mandiri dengan model ini akan dibantu oleh CS, sehingga Anda tidak akan mengalami kesalahan dalam proses pengiriman.

Apabila Anda masih memiiki pertanyaan terkait dengan teknis pengiriman dana ke bank Mandiri, berikut adalah kumpulan FAQ yang sering diajukan, diantaranya:

Apakah bisa melakukan transfer dana dari BRI ke Bank Mandiri?

  • Bisa dilakukan dengan memilih metode transfer yang digunakan, mulai dari via ATM, internet banking atau mobile banking. Anda juga bisa melakukan pengiriman dana lewat kantor cabang dan SMS banking.

Ketika melakukan transfer ke bank Mandiri apakah dikenai biaya?

  • Anda akan dikenai biaya administrasi jika melakukan transfer BRI ke Mandiri.

Berapa biaya admin yang dibebankan ketika proses transfer dilakukan?

  • Jika Anda menggunakan ATM Link, maka biaya yang dibebankan adalah 4 ribu rupiah, sedangkan untuk SMS banking, internet dan mobile banking, biaya yang dibebankan adalah 6.500 rupiah.

Adakah limit transfer yang harus dipatuhi nasabah?

  • Limit transfer yang dibebankan kepada nasabah tergantung dengan jenis kartu ATM dan rekening yang dimiliki. Misalnya, Anda menggunakan Btitama Gold, maka limitnya adalah 15 juta rupiah jike melalui ATM dan internet banking. Sedangkan untuk mobile banking, limit yang dibebankan adalah 10 juta rupiah.

Berapa kode Bank Mandiri jika hendak transfer ke bank Mandiri?

  • Kode yang Anda gunakan adalah 008.

Dapatkan melakukan transfer bank BRI ke Mandiri dengan ATM yang berbeda?

  • Bisa dilakukan, namun tentunya menggunakan biaya admin.

Demikianlah informasi mengenai cara transfer BRI ke Mandiri, biaya transfer, dan kode transfer secara lengkap. Semoga memudahkan Anda yang masih kesulitan utuk melakukannya, terutama nasabah BRI.