27 Cara Transfer BNI Ke BCA, Biaya dan Kode Transfer

Diposting pada

Transfer merupakan salah satu transaksi yang umum dalam perbankan seperti Bank BNI. Salah satu hal yang harus dipahami dalam hal ini adalah cara Transfer BNI ke BCA.

Bank BNI sendiri sudah memudahkan urusan transfer nasabah. Hal ini merupakan perwujudan layanan terbaik yang diberikan untuk para nasabah. Terbukti dengan adanya berbagai fitur seperti SMS Banking, ATM, dan Mobile Banking. Jadi, nasabah bisa memilih salah satu layanan sesuai kebutuhan masing-masing.

Fitur transfer seperti ini sering digunakan oleh para nasabah dalam bertransaksi. Hal ini sangat wajar dalam dunia perbankan meski ada berbagai fitur lain seperti tarik tunai, pembayaran, setor tunai, mutase rekening, dan transfer saldo. Bagi nasabah BNI, fitur transfer ke bank lain harus dipahami. Salah satunya adalah cara transfer BNI ke BCA.

Mengetahui cara transfer BNI ke BCA menjadi hal yang harus dipahami nasabah bank ini. Terutama bagi yang sering bertransaksi dengan nasabah BCA. Jadi, proses transaksi bisa dilakukan dengan lancar.

Kode Transfer BNI Ke BCA

Sebelum mengetahui cara transfer BNI ke BCA, nasabah harus mengetahui kode bank tujuan terlebih dahulu. Hal ini menjadi persyaratan utama yang harus dipenuhi. 014 adalah kode Bank BCA yang menjadi tujuan transfer nantinya.

Jumlah saldo yang ada dalam rekening juga harus dipastikan sudah cukup. Hal ini penting agar transfer nantinya bisa berjalan lancar. Pastikan saldo cukup untuk membayar biaya administrasi dan mengirim uang ke rekening tujuan.

Biaya Transfer BNI ke BCA

Selain kode bank, biaya administrasi juga harus diketahui dulu sebelum memahami cara transfer BNI ke BCA. Biasanya, setiap transfer antar bank nasabah ditarik Rp 6500 dari saldo rekening sebagai biaya administrasi. Jika sudah mengetahui jumlah biaya transer BNI ke BCA, maka nasabah bisa mengetahui untuk cara transfernya. Ada berbagai metode yang bisa digunakan. Penjelasannya bisa disimak sebagai berikut.

Cara Transfer BNI ke BCA Via ATM

Cara Transfer Uang Lewat ATM BNI Ke BCA

Cara transfer BNI ke BCA yang pertama adalah melalui ATM. Metode ini sudah umum digunakan untuk transfer antar bank. Selain itu, metode ini bisa dilakukan pada ATM BNI di seluruh Indonesia dengan cara mudah dan simpel.

Bagi nasabah BNI yang belum mendaftarkan layanan mobile banking maupun internet banking, metode transfer ATM bisa jadi solusi. Untuk penjelasan tentang cara transfer BNI ke BCA melalui ATM bisa dilihat sebagai berikut.

  • Pergilah ke ATM BNI yang paling dekat dengan tinggal. Pastikan nomor rekening tujuan dan kode bank sudah diketahui. Selain itu, pastikan juga kartu ATM sudah dibawa.
  • Masukkan kartu ATM dalam slot yang ada di mesin. Perhatikan petunjuk memasukkan kartu yang benar di bawah slot. Setelah itu, pastikan posisi kartu benar agar bisa dimasukkan ke mesin.
  • Layar ATM akan menampilkan opsi pemilihan bahasa. Ada dua opsi yaitu bahasa Inggris dan Indonesia. Nasabah bisa memilih bahasa Indonesia untuk memudahkan transaksi.
  • Setelah itu, input enam digit pin ATM bank BNI. Jangan sampai salah memasukkan PIN sampai 3 kali berturut-turut. Hal ini mengakibatkan sistem akan memblokir kartu ATM secara otomatis.
  • Akan muncul tampilan menu utama pada ATM. Silahkan pilih opsi Transaksi Lainnya untuk memasuki layanan transfer.
  • Langsung saja pilih opsi Transfer pada menu “Transaksi Lainnya“.
  • Pilihlah opsi “Dari Rekening Tabungan” pada menu “Transfer“.
  • Setelah itu, pilihlah opsi “Ke Rekening Bank Lain” pada tampilan.
  • Input kode 014 yang menjadi BCA sebelum memasukkan nomor rekening yang akan dituju. Sebagai contoh: 014987654321 dan pastikan sudah benar. Pilih opsi “Benar” jika sudah pasti.
  • Isilah nominal saldo yang akan ditransfer ke rekening BCA. Dalam pengisian ini, pastikan nominalnya sesuai keinginan dan saldo rekening cukup untuk biaya administrasi beserta transfer. Pilih opsi “Benar” jika sudah tepat.
  • Tampilan tentang informasi data transfer akan muncul di layar ATM. Perhatikan informasi tersebut dan pastikan sudah sesuai dengan keinginan. Untuk memulai transaksi, pilih opsi “Ya” dan tunggu prosesnya sampai selesai.
  • Jika cara transfer BNI ke BCA di atas sudah dilakukan dengan tepat, maka prosesnya akan berhasil. Biasanya terdapat notifikasi transaksi sukses beserta struk tanda bukti. Setelah itu, ambil kartu ATM jika tidak melakukan transaksi yang lain.

Cara Transfer SMS Banking BNI ke BCA

Cara Transfer BNI Ke BCA Lewat SMS Banking

Cara transfer BNI ke BCA yang kedua adalah menggunakan SMS Banking. Pastikan dulu fitur SMS Banking sudah aktif pada rekening nasabah. Jika belum, silahkan pergi ke kantor cabang BNI yang paling dekat dengan tempat tinggal sambil membawa persyaratan administrasi.

Petugas bank BNI akan membantu nasabah mengaktifkan SMS Banking sampai berhasil. Kalau tidak ingin pergi ke Bank, nasabah bisa mengaktifkan layanan ini menggunakan ATM agar bisa menghemat waktu.

Nasabah bisa memperhatikan cara transfer BNI ke BCA lewat SMS Banking jika sudah mengaktifkan layanannya. Penjelasannya bisa dilihat sebagai berikut.

  • Bukalah aplikasi SMS yang ada di HP. Setelah itu pilih opsi tulis pesan.
  • Input format SMS yang digunakan untuk transfer. Formatnya adalah: TRANSFER ANTARBANK KODE BANK+NOMOR REKENING TUJUAN JUMLAH NOMINAL SALDO ##. Sebagai contoh: TRANSFER ANTARBANK 014987654321 550000 ##.
  • Kirimkan SMS ini ke 3346 jika rekening tujuan beserta nominal saldo yang akan ditransfer sudah tepat.
  • BNI akan mengirimkan SMS untuk memasukkan PIN SMS Banking. Hal ini bertujuan untuk mengonfirmasi transfer.
  • Tunggu prosesnya sampai selesai. Nasabah akan menerima SMS tentang laporan transfer secara detail jika transaksi sudah berhasil.

Itulah tadi langkah-langkah dalam cara transfer BNI ke BCA melalui SMS Banking. Bagi pengguna iPhone dan Android, terdapat aplikasi BNI SMS Banking untuk memudahkan transfer lebih cepat dan aman. Sedangkan cara di atas bisa dipakai untuk HP keluaran lama. Ketika menggunakan cara di atas, selalu hapus SMS secara berkala agar pin nasabah tidak diketahui oleh orang lain.

Cara Transfer BNI ke BCA Via Mobile Banking

Cara Transfer BNI ke Rekening BCA Lewat Mobile Banking

Cara transfer BNI ke BCA yang ketiga adalah menggunakan Mobile Banking. Pastikan dulu fitur Mobile Banking sudah aktif pada rekening BNI masing-masing. Jika belum, maka transaksi tidak bisa dilakukan. Oleh karena itu, silahkan datangi kantor cabang BNI terdekat untuk mengaktifkan layanan ini.

Apabila layanan Mobile Banking di rekening sudah aktif, ikuti cara transfer BNI ke BCA melalui Mobile Banking yang langkah-langkahnya akan dijelaskan di bawah ini.

  • Pastikan koneksi internet di HP sudah stabil. Setelah itu, unduh aplikasi BNI Mobile Banking. Tunggu proses pengunduhan sampai selesai. Proses pemasangan biasanya dilakukan secara otomatis.
  • Apabila aplikasi sudah terinstall dengan lancar, bukalah aplikasi tersebut dan tunggu sampai memasuki tampilan utama. Masukkan MPIN dan User ID untuk login ke akun.
  • Pada tampilan utama, pilihlah menu “Transfer“. Setelah itu, pilihlah opsi “Antar Bank“. Pilih lagi opsi “Input Baru” dalam menu Antar Bank.
  • Pilihlah bank “BCA” sebagai tujuan untuk transfer.
  • Masukkan nomor rekening tujuan yang akan ditransfer. Pastikan nomor rekening ini sudah tepat. Jangan sampai salah.
  • Isilah jumlah nominal saldo yang akan ditransfer ke rekening tujuan. Sangat penting untuk memastikan saldo rekening nasabah cukup untuk membayar administrasi Rp 6.500 beserta transfer ke rekening tujuan.
  • Setelah itu, akan muncul tampilan keterangan transfer. Nasabah bisa mengisinya dengan tujuan transfer. Jadi, pemilik rekening BCA yang dituju bisa mengetahuinya. Pilih opsi “Lanjut” jika pengisian keterangan transfer sudah selesai.
  • Tampilan tentang informasi transfer yang lengkap akan muncul. Informasi ini meliputi rekening BCA yang dituju, jumlah nominal saldo transfer, dan nama pemilik rekening. Pastikan informasi yang ditampilkan sudah tepat sesuai dengan keinginan dan tujuan.
  • Input password untuk layanan Mobile Banking BNI masing-masing jika informasi transfer sudah sesuai, lalu pilih “Lanjut“. Setelah itu, tunggulah proses sampai selesai. Jangan menutup paksa aplikasi karena bisa menyebabkan error.
  • Jika proses transaksi berhasil, akan ada notifikasi berupa laporan mengenai keberhasilan transfer ke rekening BCA yang dituju. Laporan ini bisa disimpan menggunakan fitur screenshoot. Setelah itu, cek kembali sisa saldo rekening setelah melakukan transfer. Berikan bukti ini ke pemilik rekening BCA yang dituju sebagai bukti bahwa transfer saldo sudah berhasil dilakukan.

Kesimpulan

Informasi tentang cara transfer BNI ke BCA yang ternyata bisa dilakukan dengan mudah. Memastikan saldo tercukupi dan tahu kode bank adalah hal penting yang harus diperhatikan. Ada beberapa pertanyaan lain seputar hal ini yang bisa diperhatikan sebagai berikut.

Jika ingin transfer ke BCA dari BNI, apa bisa?

  • Tentu saja bisa. Cara transfer BNI ke BCA sendiri bisa menggunakan berbagai mode seperti Internet Banking, Mobile Banking, SMS Banking, dan ATM

Berapa biaya untuk transfer ke BCA dari BNI?

  • Biayanya untuk setiap transaksi sebesar Rp. 6.500. Biaya ini berlaku untuk Internet Banking, ATM, Mobile Banking, dan SMS Banking.

Kira-kira berapa kode untuk transfer ke BCA dari BNI?

  • Kode untuk transfer ke BCA dari BNI adalah 014. Nasabah bisa menginput kode ini di SMS Banking atau ATM saat akan transfer.

Kegagalan transfer disebabkan oleh apa?

  • Bisa saja saldo nasabah tidak cukup atau nomor rekening yang dimasukkan salah. Jadi, penting untuk memastikan nomor rekening benar dan jumlah saldo dalam rekening mencukupi.

Itu tadi berbagai penjelasan tentang cara transfer BNI ke BCA, biaya transfer, dan kode transfer secara tepat dan mudah. Mengetahui hal ini sangat penting bagi nasabah agar tidak kebingungan ketika bertransaksi. Semoga informasi yang sudah dijelaskan bisa bermanfaat bagi nasabah BNI. Terutama yang sering bertransaksi dengan nasabah dari Bank BCA.