6 Jenis Kartu ATM BRI Beserta Limit Transfer dan Tarik Tunai

Diposting pada

BRI memberikan layanan pengelolaan keuangan kepada masyarakat Indonesia dengan berbagai jenis kartu ATM BRI. ATM tersebut memiliki limit yang berbeda dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan, misalnya menarik uang secara tunai, melakukan transfer, dan masih banyak lagi.

Apabila Anda hendak menggunakan layanan BRI, Anda bisa memilih jenis rekening yang mana saja dan jenis ATM yang mereka sedakan. Akan tetapi, sebelum menggunakan kartu ATM jenis tertentu, ada baiknya Anda mengetahui mengenai fitur dan keunggulannya, agar makin menunjang aktivitas harian Anda.

Anda yang tertarik untuk menjadi nasabah Bank BRI dan ingin menggunakan fasilitas ATM yang mereka sediakan, berikut adalah beberapa jenis kartu ATM BRI yang bisa Anda pilih dan gunakan. Dengan begitu, Anda bisa memilih jenis yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan aktivitas keuangan.

Syarat Daftar Kartu ATM BRI

Jenis Kartu Debit BRI

Untuk memiliki kartu ATM di BRI, caranya sama dengan membuka rekening, sebab Anda tidak bisa memiliki ATM tanpa membuat rekening. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar Anda diterima sebagai nasabah BRI, diantaranya adalah:

  1. Menyiapkan kartu identitas diri, bisa menggunakan KTP, SIM, ataupun menggunakan paspor yang masih berlaku.
  2. Siapkan dana untuk setoran awal, besaran dana disesuaikan dengan jenis rekening.
  3. Nasabah yang hendak membuat kartu ATM BRI berusia minimal 17 tahun. Jika dibawah 17 tahun, tersedia rekening BRI Junior.

Postingan Terkait

Jenis-Jenis Kartu ATM BRI

Jenis Kartu ATM BRI

Setelah Anda mengetahui syarat untuk membuat ATM, berikut ini adalah beberapa jenis kartu ATM yang akan ditawarkan kepada Anda. Jenis kartu ATM harus sesuai dengan jenis rekening yang Anda buka, sehingga bisa digunakan sesuai kepemilikan rekening, diantara jenisnya:

1. Kartu ATM BRI Britama

Britama merupakan jenis rekening yang cukup populer, sebab banyak diminati nasabah karena keunggulan yang dimiliki cukup beragam. Jenis kartu ATM BRI ini tersedia dalam dua pilihan rekening, yakni classic dan gold yang memiliki layanannya sendiri.

Perbedaan dari dua jenis rekening tersebut adalah setoran awal yang hendak diberikan kepada bank, untuk jenis BRI Britama classic, Anda harus menyetorkan dana sebesar 250 ribu rupiah, sedangkan untuk BRI Britama Gold, setoran yang Anda harus bayarkan adalah 500 ribu rupiah.

Berikut ini merupakan informasi rinci mengenai biaya yang dibebankan pada nasabah yang memiliki ATM BRI classic maupun gold dari jenis Britama, diantaranya adalah:

  • Untuk biaya administrasi bulanan, BRI classic akan melakukan mutasi otomatis sebanyak 2 ribu rupiah. Sedangkan untuk BRI gold, mutasi admin bulanan yang diberikan sebesar 6.500 rupiah.
  • Jenis kartu ATM BRI ini memiliki biaya penggantian ATM sekitar 25 ribu rupiah, apabila ATM yang Anda miliki rusak atau hilang.
  • jika Anda hendak menarik uang secara tunai di mesin ATM, terdapat limit yang dibatasi. Untuk BRI classic, Anda hanya boleh mengambil 5 juta per harinya, sedangkan untuk BRI Gold, limi penarikan harian yang bisa diambil adalah 20 juta rupiah.
  • Transfer juga memiliki limit yang berbeda, untuk classic limit yang diberikan kepada nasabah adalah 50 juta perharinya. Sedangkan untuk ATM gold, penarikan minimal harian adalah 100 juta rupiah.
  • Untuk transfer antar bank, limit yang diberikan adalah 10 juta rupiah untuk ATM classic, dan 15 juta rupiah untuk ATM gold. Limit ini berlaku untuk transfer uang antar bank yang berbeda jenis.
  • Apabila Anda hendak berbelanja merchant menggunakan jenis kartu ATM BRI ini, sekitar 10 juta rupiah untuk jenis classic dan 15 juta rupiah untuk gold. Limit tersebut untuk pembelian di merchant dengan menggunakan PIN.
  • Untuk limit berbelanja menggunakan signature di merchant, batasan limit yang diberikan untuk BRI classic adalah 2 juta rupiah, sedangkan gold 5 juta rupiah.

2. ATM BRI Simpedes

Jenis Simpedes merupakan rekening yang memiliki label private, meski demikian cara bergabung menjadi nasabahnya cukup mudah, hanya dengan setoran sebesar 100 ribu rupiah saja.

Walaupun setorannya cukup rendah, namun pemilik ATM ini tidak memiliki batasan setor yang ditetapkan, sehingga bersifat lebih fleksibel. Berikut ini adalah rincian biaya yang dibebankan pada ATM BRI simpedes, diantaranya adalah:

  • Biaya admin bulanan yang dibebankan kepada kartu ATM BRI adalah 5.500 rupiah untuk satu akun.
  • Limit penarikan yang bisa diambil oleh ATM ini adalah 5 juta perharinya.
  • Untuk transfer ke ATM atau rekening ke sesama BRI, limit yang diberikan adalah 2 juta per hari.
  • Untuk transfer beda bank, limit yang diberikan kepada Anda adalah 10 juta rupiah untuk satu harinya.
  • Jika hendak berbelanja di merchant menggunakan PIN, limit yang diperbolehkan tidak melebihi 10 juta rupiah.
  • Apabila hendak menggunakan signature untuk berbelanja merchant, limit yang diberikan adalah 2 juta rupiah.

Kartu ATM ini cocok untuk Anda yang tidak melakukan transaksi dengan jumlah yang besar, sebab limit yang diberikan juga tidak begitu besar dan terbatas.

3. Kartu ATM Britama Bisnis

Untuk nasabah yang memiliki bisnis dan usaha, jenis kartu ATM BRI Britama Bisnis bisa menjadi pilihan yang tepat. Sebab ia memang dibuat khusus untuk melakukan bisnis, dengan berbagai kemudahan yang tidak bisa Anda temukan di jenis rekening yang lain.

Salah satu keunggulan dari jenis ATM ini adalah pencatatan yang lebih rinci dan detail, sehingga memudahkan Anda untuk mengecek laporan bulanan pengeluaran di rekening BRI. Transaksi di luar BRI juga bisa dilakukan, dengan memakai berbagai jenis ATM yang tersedia.

Sampai saat ini, beberapa jenis gerai anjungan mandiri yang support dengan jenis ATM ini adalah ATM Link, Prima, Cirrus, Mastercard, hingga Maestro. Jika Anda tertarik menggunakan jenis ATM dan rekening ini, setoran awal yang harus Anda bayarkan adalah 10 juta rupiah. Berikut ini adalah beberapa biaya yang dibebankan jenis kartu ATM BRI ini, diantaranya:

  • Apabila saldo yang Anda miliki diatas 5 juta, maka Anda tidak dikenakan biaya administrasi bulanan.
  • Anda bisa melakukan tarik tunai setiap harinya, maksimal 10 juta rupiah.
  • Untuk transfer ke sesama rekening BRI, maksimal limit yang diperbolehkan adalah 100 juta rupiah.
  • Sedangkan untuk transfer rekening beda bank, limit yang diberikan kepada Anda sebesar 25 juta rupiah.
  • Untuk berbelanja di merchant menggunakan PIN, limit maksimal yang diperbolehkan adalah 50 juta rupiah. Sedangkan untuk belanja merchant dengan signature, limit yang Anda miliki tidak lebih dari 50 juta rupiah juga.

4. Kartu ATM Britama TKI

Pekerja luar negeri atau lebih sering disebut sebagai TKI, dapat memilih jenis kartu ATM BRI TKI yang memang dibuat khusus untuk mereka. Untuk Anda yang tertarik menggunakan jenis rekening ini, Anda bisa melakukan setoran minimal sebesar 20 ribu rupiah.

Kartu ATM yang akan didapatkan nantinya bukan jenis ATM TKI, melainkan ATM classic, namun dengan administrasi bulanan yang cukup terjangkau, yakni seribu rupiah saja. Berikut ini merupakan rincian biaya yang dibebankan kepada pemilik rekening dan ATM Britama TKI, diantaranya adalah:

  • Jika kartu ATM yang dimiliki rusak, maka Anda tidak akan dikenai biaya administrasi untuk pembuatan ulangnya.
  • Untuk transfer harian sesama pengguna BRI, Anda bisa melakukan transfer dengan limit 20 juta rupiah per harinya.
  • Jika ingin melakukan transfer ke bank yang berbeda, jenis kartu ATM BRI ini memiliki limit harian sebesar 10 juta per harinya.
  • Anda yang ingin melakukan tarik tunai, dapat menarik maksimal 5 juta untuk satu hari.
  • Jika Anda berbelanja di merchant yang menggunakan PIN, batas maksimal limit yang dibebankan adalah 10 juta rupiah.
  • Sedangkan jika berbelanja di merchant yang menggunakan signature, maka batas maksimal pembelanjaan adalah 5 juta rupiah.

5. Kartu ATM Britama X

Kartu Britama X memiliki warna hitam elegan, ia juga tetap dilengkapi dengan chip sebagai pendukung keamanan kartu ATM. Keunggulan yang dimiliki oleh ATM dan rekening ini adalah gratis cover asuransi, mencapai 150 juta rupiah.

Anda juga bisa menggunakan fasilitas e-banking secara real time dengan sistem daring yang ditawarkan BRI untuk jenis kartu ATM BRI ini. Sama seperti model Britama, ia memiliki dua jenis rekening yang bisa dipilih oleh nasabah, yakni jenis gold dan classic. Berikut adalah biaya yang diberikan kepada pemilik rekening Britama X, baik classic atau gold, diantaranya adalah:

  • Untuk limit harian penarikan, Anda bisa menarik sekitar 5 juta rupiah untuk jenis classic, sedangkan untuk jenis gold 10 juta rupiah.
  • Jika Anda hendak berbelanja di merchant yang menggunakan PIN, limit yang dibebankan kepada Anda di jenis kartu ATM BRI ini adalah 10 juta rupiah untuk rekening classic dan 20 juta rupiah untuk rekening gold.
  • Berbeda jika Anda berbelanja menggunakan signature, Anda bisa melakukan belanja dengan maksimal pembelian 2 juta rupiah untuk akun classic dan 5 juta rupiah untuk akun gold.
  • Apabila Anda hendak transfer ke sesama rekening BRI, maka limit transfer yang diperbolehkan adalah 50 juta rupiah untuk classic dan 100 juta rupiah untuk gold.
  • Jenis kartu ATM BRI ini juga memiliki limit transfer antar bank yang berbeda, yakni 10 juta rupiah untuk jenis classic dan 15 juta rupiah untuk jenis gold.
  • Apabila Anda ingin menutup rekening ini, biaya yang dibebankan adalah 50 ribu rupiah.
  • Sedangkan biaya administrasi bulanan yang dibebankan pada rekening Britama X adalah 11-12 ribu rupiah, baik jenis gold atau classic.
  • Apabila buku rekening yang Anda miliki rusak, Anda bisa mengganti buku tabungan dengan biaya 25 ribu rupiah.

6. Kartu ATM BRI Junior

Anda yang berusia dibawah 17 tahun, rekening BRI junior bisa menjadi pilihan. Ada banyak keunggulan yang dapat dimanfaatkan dari jenis rekening dan ATM ini, misalnya desain yang menarik dan bisa dipakai untuk anak-anak.

Meskipun digunakan khusus untuk anak-anak, jenis kartu ATM BRI ini tetap bisa digunakan untuk berbagai transaksi, misalnya tarik tunai di ATM, transfer, dan masih banyak lagi yang lainnya. Berikut ini merupakan biaya yang dibebankan kepada ATM junior, diantaranya adalah:

  • Limit penarikan yang diberikan adalah 5 juta untuk satu harinya.
  • Sedangkan untuk limit transfer antara sesama BRI adalah 20 juta rupiah.
  • Anda yang berniat melakukan transfer antar bank, limit yang diberikan adalah 10 juta rupiah.
  • Apabila melakukan tarik tunai di teller untuk jenis kartu ATM BRI ini, akan dikenai admin 10 ribu rupiah.
  • Jika saldo yang dimiliki dibawah 10 ribu, maka terdapat tambahan biaya admin.
  • Jika usia yang dimiliki nasabah dibawah 12 tahun, biaya pembuatan kartu adalah 500 rupiah, hal yang sama untuk usia 12-17 tahun.
  • Biaya administrasi bulanannya adalah 5 ribu rupiah.

Kesimpulan

Jenis kartu ATM BRI cukup beragam, pemakaian kartu ATM dinilai lebih mudah karena nasabah tidak harus datang ke bank. Akan tetapi, setiap kartu ATM memiliki limit yang berbeda, hal tersebut perlu diperhatikan kembali dengan seksama.

Ini dimaksudkan agar aktivitas Anda tidak terganggu dengan adanya limit yang dibebankan kepada nasabah. Anda bisa bertanya kepada CS mengenai limit dan biaya rekening sebelum membuatnya lewat Call Center BRI 14017 atau 1500017 dan juga via website bri.co.id.

FAQ (Frequently Asked Questions)

Anda bisa mendapatkan informasi yang lebih lengkap mengenai jenis dan rekening BRI dengan menghubungi call center BRI di 1500017 atau 14017. Tersedia pula website yang bisa diakses oleh nasabah, yakni di bri.co.id. Berikut ini adalah tambahan FAQ yang sering ditanyakan nasabah, diantaranya:

Teknis mendapatkan kartu ATM BRI?

  • Sederhana, Anda bisa membuat rekening dan memilih opsi membuat kartu ATM yang ditawarkan oleh CS BRI.

Berapa jenis kartu ATM yang disediakan BRI?

  • Enam, yakni Britama Bisnis, Britama, Britama TKI, BRI Junior, dan terakhir Britama X.

Berapa limit tarik tunai ATM BRI?

  • Untuk jenis classic sebesar 5 juta rupiah, sedangkan untuk jenis kartu ATM BRI gold 10 juta rupiah.

Apa tersedia minimal penarikan tunai di ATM BRI?

  • Ada, minimal tarik tunai adalah 50 ribu dan 100 ribu tergantung jenis ATM yang digunakan.

Berapa limit transfer untuk ATM BRI?

  • Tergantung jenis kartu ATM yang digunakan, terbesar dipegang oleh Britama bisnis dengan limit 100 juta rupiah via ATM.

Postingan Terkait

Semoga informasi terkait jenis kartu ATM BRI tersebut dapat membantu Anda. Terutama yang hendak menggunakan layanan mereka dalam waktu dekat.